Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangaka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2

Lisa Nur Asmi, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Membaca adalah tindakan yang dilakukan untuk memperoleh informasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan membaca mahasiswa semester dua. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode tes dan wawancara tidak terstuktur, serta jenis validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca puisi. Hasil dan pembahasan membaca puisi terdiri dari beberapa aspek antara lain: 1) Kejelasan pelafalan, 2) Kelancaran pelafalan, 3) Ketepatan pelafalan, dan 4) Kewajaran pelafalan. Simpulan pada penelitian ini membaca puisi bisa dinilai dengan empat aspek.
Kata kunci—Keterampilan membaca, puisi, mahasiswa

abstract— Reading is an action taken to obtain information. The purpose of this study was to determine the reading ability of second semester students. This research method is qualitative research, the data in this study were collected through test methods and unstructured interviews, and the type of data validation in this study used source triangulation, namely interviews with the best students in reading poetry. The results and discussion of reading poetry consist of several aspects, among others: 1) Clarity of pronunciation, 2) Fluency of pronunciation, 3) Accuracy of pronunciation, and 4) Reasonableness of pronunciation. The conclusion of this research is that reading poetry can be assessed with four aspects.
Keywords— Reading skills, poetry, college students

Keywords


Reading skills, poetry, college students

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. N. dan Nadya N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659

Anissa, I. S. dan Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metide Miles dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130

Asmi, L. N., Budiawan, A., Wardani, L. K., dan Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Konsentratif untuk Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 102-108. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2260

Atamaja, L. K., Manjato, A., Zakaria, J., Mahdijaya, dan Suyuthie, H. (2023). Pelatihan Membaca Puisi pada Siswa SD Negeri 00 Bengkulu Selatan Desa Padang Lebar Kecamatan Pino. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33-40. https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5010

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-34. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.286

Daulay, M. I. dan Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keteranpilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34. https://doi.org/10.300605/onoma.v7i1.452

Erlinawati dan Sukenti, D. (2021). Kontruksi Penilaian Membaca Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya. J-LELC: Journal of Languange Education Linguistics, and Culture, 1(2). https://doi.org/10,25299/j-lelc.2021.7220

Faldliansyah, M. R. dan Zakiyah, S. (2024). Penerapan Metode Skimming dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dalam Hati pada Remaja. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 61-72. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.930

Fransori, A. (2017). Analisis Stiliska pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairi Anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175-184. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Empowerment: Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 19-24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.370

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., dan Rohman, N. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Quantum Learning. Journalof Literature and Education, 1(1), 9-18. https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/7

Hinduan, N. A. (2020). Karakteristik dan Fungsi Puisi pada Masa Transisi dari Dinasti Ummayah ke Dinasti Abbasiyah. Tarling: Journal of Language Education, 3(2), 153-169. https://doi.org/10.24090/tarling.v3i2.3555

Indriamukti, E. F. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan membaca opuisi anak melalui pembelajaran konstlektual. Basic Education, 7(29), 2-896. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viev/13510

Irwanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bebas Kelas VII SMP XAVERIUS Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 32-49. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.105

Isnaini, H. (2023). Representasi Tradisi dan Modernitas pada Antologi Puisi Mantra Orang Jawa Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis, 15(2), 145-158. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.16939

Komalasari, A. S. dan Riani, D. (2023). Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis di SMK PGRI 3 Bogor. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82-92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909

Launjaea, L. (2024). Pengaruh Deklamasi Puisi dalam Pemahaman Makna Puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1), 55-62. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017

Lubis, S. S. W. (2020) Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127-135. http://dx.doi.org/1022373/pjp.v9i1.7187

Maharani, A., Yusuf, N. N., Mulyati, Y., dan Abidin, Y. (2023). Kajian Literatur Penilaian Guru terhadap Keterampilan Siswa dalam Membaca Puisi Tahun 2015-2021. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 309-330. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6685

Mardinah, M., Lisa, H., Napratilora, M., Devianti, R., dan Liana, D. (2021). Pelatihan Membaca Puisi dengan Kaidah Bahasa Indonesia bagi Siswa Madrasah. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.321

Marlina, N. A. Dan Ardiyaningrum, M. (2021). Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas SD Karanggayam. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).1-11

Mawarni, H. (2022). Analisis dan Fungsi Makna Lawas (Puisi Tradisional) Masyarakat Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 133-142. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1153

Meirisa, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2807-2812. https://doi.org?10.47492/jip.v2i8.1175

Meliyawati, M. dan Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode The Silent Way Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pulosari Kabupaten Padeglang Tahun Pelajaran 2019/2020. Literasi: Jurnal Penelitian, Pendidikan Bahasa, dan Sastra, 2(01), 14-23. https://doi.org/10.1234/literasi.v2i01.152

Muawiyah, d., Surastina, S., dan Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi y ang Dibaca pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/1029. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/155

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati. E., dan Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869. https://sdoi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605

Mulyaningsih, I. (2017). Sikap Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79-87. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1525

Munthe, A. P. Dan Sitikjak J. V. (2018). Manfaat serta kendala flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210-228. https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892

Nurani, T., Sudrajat, R. T., dan Suhara, A. M. (2021). Menganalisis Struktur Fisik Puisi “Dalam Doaku” Karya dari Sapardi Djoko Damono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-14. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5978

Nuryadin, N. (2018). Citraan Lima Puisi Ritus Konawe Karya Iwan Konawe. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(3), 126-135, http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/252

Pahrun, R. (2022). Pembelajaran Puisi yang Apresiatif di Kelas Tinggi SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(3) 785-794. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.785-794.2022

Parapat, L. H. dan Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v1i1.5440

Patiung, D., (2016) Membaca Sebagai Sumber Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-375. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Piliang, W. S. H., Fatmawati, F., Ningsih, R., dan Febria, R. (2023). Pelatihan Teknik Membaca Puisi Mahasiswa Universitas Islam Riau. Sejak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 275-282. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.13440

Riyanto, T. G., William, N., dan Wardhani, I. S. K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Menuingkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 92-101. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.370

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L.D., Meliasari, W.O., dan Sari, I. V. (2021). Peran Mahasiswa Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592

Siwi, D. P. M., Fauziah, R., Rosyida, A. S., dan Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Estetik di Kalangan Mahasiswa pada Era Digital. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 872-881. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2349

Sukenti, D., Tinambunan, J., Muklis, M., dan Erlina. (2021). Studi Fenomenologi: Penilaian Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Geram, 9(2). https://doi.org/10.255200/geram.2021.vol09(2).7754

Suparman, S. dan Nurfisani, N. (2021). Kemampuam Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51. https://doi.org/10.53696/27219283.63

Syaiful, A. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan di Masyarakat. Jounal of Instruction and Devolopment Reseaeches, 3(1), 29-34. https://doi.org/100.53621/jider.v3i1.102

Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Concept Attainment Model. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 281-293. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2395.

Waningyun, P. P., Riandini, D., dan Wahyuni, S. (2023). Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa Kelas 5 MI Islamiyah Prembun. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 12-17. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.18969

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Mrthod). Jurnal Pendidkan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Yuliantini, T. (2021). Kajian Stilistika Terdahap Diksi dalam Kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMK. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 36-45. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2292


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.