Pemanfaatan Academi.edu dalam Pendidikan Literasi Siswa

Destri Sinaga, Tesalonika Tesalonika, Eva Hutahean

Abstract


Literasi akademik merupakan keterampilan penting bagi siswa untuk sukses di lingkungan pendidikan tinggi. Salah satu platform yang semakin populer dalam membangun literasi siswa adalah Academia.edu. Platform ini menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan akademik mereka, seperti membuat profil akademik, mengunggah dan berbagi makalah penelitian, membangun jaringan dengan sesama peneliti, mengejar minat penelitian, dan menganalisis statistik dampak pekerjaan mereka. Dengan menggunakan Academia.edu, mahasiswa dapat meningkatkan akses terhadap sumber daya akademik, berpartisipasi dalam diskusi ilmiah, memperluas jaringan profesional mereka, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampak karya ilmiah mereka. Oleh karena itu, penggunaan Academia.edu dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan literasi siswa dan mempersiapkan mereka untuk sukses di dunia akademik.
Kata kunci— academi.edu, literasi, pelajar


abstract— Academic literacy is an important skill for students to succeed in higher education environments. One platform that is increasingly popular in building student literacy is Academia.edu. The platform provides a variety of features that enable students to develop their academic skills, such as creating an academic profile, uploading and sharing research papers, networking with fellow researchers, pursuing research interests, and statistically analyzing the impact of their work. By using Academia.edu, students can increase access to academic resources, participate in scholarly discussions, expand their professional networks, and gain a better understanding of the impact of their scholarly work. Therefore, using Academia.edu can be a valuable tool for improving students' literacy and preparing them for success in the academic world.
Keywords—academi.edu, literacy, students

Keywords


academi.edu, literacy, students

Full Text:

PDF

References


Dario. (2017). Literasi informasi digital menjadi tantangan bagi pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 1 (2): 86. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322204781_Literasi_Digital_Information_Anak_Tantangan_bagi_Pustakawan.

Muhammad, S. (2019). “Model Literasi Media Sosial Bagi Pelajar”. Jurnal ASPICOM, 3 (6), 1076-1092. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+literasi+mahasiswa+&oq=#d=gs_qabs&t=1713753089240&u=%23p%3DIS4EUfoHx8EJ.

Putri, L. (2019). Literasi media dan digital di Indonesia, tinjauan sistematis. Majalah komunikasi, 8(2), 205-222. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/338081711_Literasi_Media_dan_Digital_di_Indonesia_A_Tinjauan_sistematis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.