Analisis Makna Denotasi dan Konotasi pada Lirik Lagu "Kupu-Kupu" Karya Laleilmanino

Sevi Ninda Johanes, Siti Munawaroh, Abdul Ghoni Asror

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan makna konotatif dan denotatif dalam lirik lagu "Kupu-Kupu" karya Laleilmanino. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana makna konotatif dan denotatif dalam lirik lagu tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengungkapkan makna konotatif dan denotatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis ungkapan makna kalimat, sedangkan analisis data menggunakan teori dari Roland Barthes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa makna konotatif dalam lirik lagu "Kupu-Kupu" karya Laleilmanino menggambarkan dinamika dan keindahan perasaan cinta yang tidak selalu diungkapkan dengan kata-kata, tetapi terasa melalui tindakan, perasaan, dan simbol-simbol emosional seperti kupu-kupu dan bunga. Lagu ini juga menceritakan kekuatan cinta yang mampu bertahan tanpa banyak kata, serta keinginan untuk terus mencintai dengan setia. Selain itu, makna denotasi dalam lirik lagu "Kupu-Kupu" karya Laleilmanino menggambarkan perasaan cinta dan pertemuan antara dua orang, di mana seseorang merasa terpesona dan terpengaruh oleh kehadiran orang yang dicintainya.
Kata kunci— Semantik, Konotasi, Denotasi

abstract— This research aims to describe the connotative and denotative meanings in the lyrics of the song "Kupu-Kupu" by Laleilmanino. The formulation of the research problem is what the connotative and denotative meanings are in the song lyrics. The method used is a qualitative descriptive approach to reveal connotative and denotative meaning. The data collection technique was carried out by analyzing the meaning of sentences, while data analysis used the theory of Roland Barthes. This research concludes that the connotative meaning in the lyrics of the song "Kupu-Kupu" by Laleilmanino describes the dynamics and beauty of feelings of love which are not always expressed in words, but are felt through actions, feelings and emotional symbols such as butterflies and flowers. This song also tells the story of the power of love that can survive without many words, as well as the desire to continue to love faithfully. In addition, the denotative meaning in the lyrics of the song "Butterfly" by Laleilmanino describes feelings of love and a meeting between two people, where a person feels enchanted and affected by the presence of the person they love.
Keywords— Semantics, Connotation, Denotation

Keywords


Semantics, Connotation, Denotation

Full Text:

PDF

References


Amilia, F., & Anggraeni, A. W. (2019). Semantik: konsep dan contoh analisis. Pustaka Abadi.

Bachrudin, H., & SH, M. K. (2023). Relasi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Hukum Indonesia Dalam Penyusunan Perjanjian Dan Pembuatan Akta Notaris. Prenada Media.

Chaer, A. (1990). Pengantar semantik bahasa Indonesia. Indonesia: Rineka Cipta.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-

nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noer sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Juhara, E., Budiman, E., & Rohayati, R. (2005). Cendekia Berbahasa: Bahasa dan Sastra Indonesia. PT Grafindo Media Pratama.

Khofifah, S. (2019). Analisis Diksi pada Teks Lagu Album Aku Ingin Pulang Karya Ebiet G. Ade. Bahasa Dan Sastra, 4(4). Retrieved From https://core.ac.uk/download/pdf/289713913.pdf.

Nafinuddin, S. (2020). Pengantar Semantik (Pengertian, Hakikat, dan Jenis). https://doi.org/10.31219/osf.io/b8ws3.

Nasution, A. H., Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., & Hasan, N. (2024). Analisis Makna Denotatif dan Konotatif pada Lirik Lagu “Dialog Hati” Karya Nadzira Shafa. Jurnal Metamorfosa, 12(1), 1-15. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i1.2375.

Setiowati, I., Rijal, S., & Purwanti, P. (2022). Penamaan Pada Nama Unik Makanan Di Kota Samarinda: Kajian Semantik. Ilmu Budaya, 6(2), 705-718. https://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5788.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. DOI: https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.