Memahami Konsep Dasar Trigonometri dengan Menjelajahi Sudut, Sinus, Cosinus, dan Tangen untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Ahmad Dimas Saputra, Cahyo Hasanudin

Abstract


Trigonometri adalah cabang matematika yang berkaitan pada sudut segitiga. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam dan praktis tentang trigonometri untuk siswa sekolah menengah atas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data yang digunakan berupa kata, frasa, dan kalimat dari jurnal yang terbit secara nasional dan internasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak, dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan cara memahami trigonometri yang mencakup 1) mengenal trigonometri, 2) memahami rumus trigonometri, 3) menerapkan trigonometri di kehidupan, 4) mencoba menyelesaikan soal trigonometri. Simpulan penelitian ini adalah terdapat empat cara memahami trigonometri untuk siswa sekolah menengah atas
Kata kunci— Trigonometri, sudut, (sinus, cosinus, dan tangen), Sekolah menengah atas

abstract— Trigonometry is a branch of mathematics that deals with the angles of triangles. The purpose of this research is to provide a deep and practical understanding of trigonometry for high school students. The method in this research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The data used are words, phrases, and sentences from journals and books published nationally and internationally. The data collection technique uses listening and involvement techniques. The data validation technique used source triangulation technique. The results of this study show how to understand trigonometry which includes 1) recognizing trigonometry, 2) understanding trigonometric formulas, 3) applying trigonometry in life, 4) trying to solve trigonometric problems. The conclusion of this study is that there are four ways to understand trigonometry for high school students.
Keywords— Trigonometry, angles, (sine, cosine, and tangent), high school

Keywords


Trigonometry, angles, (sine, cosine, and tangent), high school

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, F. (2021). Variasi metode mengajar guru dalam mengatasi kejenuhan siswa di sekolah menengah pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68-82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316.

Akmal, F., Prayogidianto, A. L., Wastatama, S. A., & Wulansari, A. (2024). Kajian literatur (systematic literature review): it risk management pada perusahaan. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 2(1), 233-247. https://doi.org/10.572349/scientica.v2i1.767.

Al Fath, A. M., & Aristya, F. (2020). Meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas IV melalui media jam sudut. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 67-73. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.2.

Andara, G., Arseno, D., & Armi, N. (2020). Analisis kinerja light detecting and ranging (lidar) untuk deteksi objek menggunakan metode jarak eculidean. eProceedings of Engineering, 7(3), 8864-8871. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/viewFile/13972/13712.

Andriyanto, A. (2021). Peran ilmu matematika dalam sejarah peradaban islam. Jurnal Dunia Ilmu, 1(3), 1-11. Retrieved from http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/53.

Basyar, S. (2020). Pemikiran tokoh pendidikan Islam. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 5(01), 96-102. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/2306.

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan kriteria Watson. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 365-372. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem based learning (PBL): suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69. Retrieved from https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jagomipa.

Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 21-25. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.3081.

Falah, B. N., Wijayanti, P., & Masriyah, M. (2022). Student’s intrinsic cognitive load of guardian personality in solving mathematical problems in terms of learning style. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 123-137. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.12856.

Febrianti, T., Ali, E. P., Nurvia, M., & Harahap, E. (2020). Penyelesaian aturan cosinus menggunakan aplikasi berbasis microsoft excel. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 19(2), 13-18. Retrieved from https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1521.

Galili, R., Hartono, Y., & Hiltiramartin, C. (2023). Desain pembelajaran identitas trigonometri dengan proof based learning di SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2287-2298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2677.

Habibah, H., Zulkarnain, I., & Budiarti, I. (2022). Eksplorasi etnomatematika konsep geometri pada pola gerak tari tradisional banjar baksa kembang. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 266-279. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14090.

Hamidsyukrie, Z. M., Ilyas, M., & Handayani, N. (2024). Penanaman nilai-nilai multikultural dalam mencegah perilaku bullying pada siswa SMA di kota Mataram. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1081-1090. https://doi.org/10.58230/27454312.382.

Indrawati, D. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada tari topeng malangan sebagai sumber belajar matematika sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 3114-3123. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42329.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX A SMP negeri 1 sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140. Retrieved from http://jurnal.bimaberilmu.com/Index.Php/Jppi/Article/View/48.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan siswa dalam memahami konsep trigonometri di lihat dari learning obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm.

Kuntadi, C., Retnoningsih, A. I., & Finlandia, D. A. (2022). Literature review: pengaruh inventarisasi aset, legal audit aset dan penilaian aset terhadap optimalisasi aset. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 414-425. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.965.

Kurniawati, N., & Pratama, F. W. (2023). Pengembangan e-modul grafik fungsi trigonometri (emogutri) menggunakan adobe flash untuk siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2977-2989. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1520.

Kusuma, R. V., Hidayanto, E., & Chandra, T. D. (2022). Proses pemecahan masalah trigonometri berdasarkan teori John Dewey ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1830-1845. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1403.

Maharani, I., Lubis, A., Syahrani, A., Rafidah, R., & Mulianingtias, R. (2024). Penggunaan aplikasi symbolab dalam menyelesaikan masalah trigonometri (jumlah dan selisih sudut). OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.526.

Marfiatin, H., Ruby, T., & Sutrisno, A. (2012). Kajian analitik geometri pada gerak mekanik polisi tidur (poldur) untuk penggerak dinamo. KAJIAN ANALITIK GEOMETRI PADA GERAK MEKANIK POLISI TIDUR (POLDUR) UNTUK PENGGERAK DINAMO, 54-56. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/6698.

Maula, I., Pambudi, A. S., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan matematika dalam sejarah peradaban islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(1), 115-119. Retrieved from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/19.

Mauluddin, A., & Supriadi, I. (2020). Pembangunan aplikasi pengukur ketinggian benda berbasis android dengan menggunakan metode trigonometri. INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi), 12(1), 11-24. https://doi.org/10.37424/informasi.v12i1.44.

Meiriawati, M. (2013). Pengaruh pelatihan sit-up besar sudut 450, 900, dan 1200 terhadap kekuatan otot perut. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jiku.v1i1.1590.

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode pembelajaran al-ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/almahara/article/view/2139.

Mulyawati, C., Salmawati, S., Subianto, M., & Wafdan, R. (2017). Teaching media development of mathematic in the materials trigonometry sum and two angles difference by using GUI matlab. Jurnal Natural, 17(2), 69-76. https://doi.org/10.24815/jn.v17i2.7032.

Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2021). Strategi berinovasi guru di sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(3), 364-376. http://dx.doi.org/10.29210/020211127.

Nining, S., Srigati, S., Mushofiah, S., & Maliki, I. (2016). Membangkitkan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar melalui media sudut siku-siku. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 30-38. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.4.

Nuraeni, D., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2020). Analisis pemahaman kognitif matematika materi sudut menggunakan video pembelajaran matematika sistem daring di kelas IV B SDN pintukisi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61-75. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2915.

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan modul trigonometri untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Aksioma: Jurnal program studi pendidikan Matematika, 10(1), 15-27. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3375.

Pailokol, N. S., Nabila, N., & Tambunan, N. (2024). Rancangan bangun media pembelajaran bintaro (bianglala pintar trigonometri) pada materi trigonometri kelas X SMK negeri 37 Jakarta Selatan. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 3(1), 177-185. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2379.

Partasiwi, N., Lestari, Y. D., Elvadola, C., & Pangestu, D. (2023). Pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut pada siswa kelas IVB SDN 1 penengahan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 595-606. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.720.

Putra, A. R. (2024). Keefektifitasan penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran mekanika teknik. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 4(2), 217-221. https://doi.org/10.28926/briliant.

Rahayu, W., & Irawan, A. (2020). Rancangan aplikasi pembelajaran rumus trigonometri berbasis android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 49-56. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7525.

Saputra, R., Rosita, C. D., & Maharani, A. (2020). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 857-869. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.312.

Sari, P., Putri, R. I. I., & Kesumawati, N. (2015). Desain pembelajaran materi pengukuran sudut dengan pendekatan PMRI untuk kelas VI. Numeracy, 2(1), 33-42. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.151.

Sesanti, N. R. (2015). Penerapan teorema bruner pada pembelajaran trigonometri. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 677-684. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/download/803/491.

Sukmadewi, T. S. (2020). Persamaan Trigonometri Matematika Peminatan Kelas XI. Retrieved from https://www.kursiguru.com/wp-content/uploads/2022/03/Buku-Materi-Matematika-Kelas-11-SMT-1-Peminatan-K13.pdf.

Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis pendekatan authentic inquiry learning pada mata pelajaran sosiologi di sekolah menengah atas. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103-120. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162.

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56. https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721.

Utami, A. N., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan media smart trigo untuk pembelajaran trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 939-949. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.227.

Utomo, U., & Ardiyarta, T. (2013). Pengembangan instrumen penilaian unjuk kerja (performance assessment) kompetensi ekspresi dan kreasi musik di sekolah menengah pertama (SMP). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1), 1-9. https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2527.

Wahyudin, D., Rusman, R., & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan life skills dalam implementasi kurikulum 2013 pada SMA (sekolah menengah atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan, 2(1), 65-80. https://doi.org/10.2121/mp.v2i1.794.g757.

Widiantari, N. P. E., Kartono, K., & Ariyani, A. (2019). Meningkatkan pemahaman konsep trigonometri siswa kelas XI mipa 4 SMAN 11 Semarang melalui strategi pq4r berbantu kartu soal. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 72-78. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28873.

Widyawati, W., & Putri, R. I. I. (2016). Desain pembelajaran sudut menggunakan konteks rumah limas di kelas VII. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 437-448. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3489.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.