Analisis Unsur Cerita Pendek Cinta SMA Karya Amelia N. S. dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan

Jhica Raratia Handini, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Unsur intrinsik adalah elemen yang membentuk dasar struktur karya sastra, sehingga mempengaruhi makna dan keseluruhan cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Cinta SMA karya Amelia dalam antologi Butir-butir Kenangan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik simak, catat, dan libat. Teknik ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta teknik validasi menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian analisis unsur intrinsik cerita pendek Cinta SMA karya Amelia yaitu sebagai berikut 1) Tema tentang percintaan, 2) Tokoh/penokohan terdiri dari tokoh protagonis, tritagonis, dan figuran, 3) Alur yang digunakan yaitu alur maju, 4) Latar tempat yang digunakan adalah lapangan futsal, ruang uks, kantin sekolahan, rumah Milea, latar waktu pagi, dan sore hari, latar suasana senang, 5) Gaya bahasa yang digunakan yaitu gaya bahasa perbandingan, pertentannngan, pertautan, dan sindiran, 6) Sudut pandang yang digunakan adalah sudut padang orang pertama, 7) Amanat yang bisa diambil dari cerpen Cinta SMA karya Amelia adalah kejujuran dan keterbukaan. Simpulan dari prnrlitian ini yaitu terdapat 7 unsur intrinsik cerita pendek Cinta SMA karya Amelia.
Kata kunci— Antologi, Cerpen, Unsur Intrinsik

abstract— Intrinsic elements are elements that form the basis of the structure of literary works, thus affecting the meaning and the whole story. The purpose of this study is to determine and analyze the intrinsic elements of Amelia's Cinta SMA short stories in the anthology of Grains of Memories. The method used is a qualitative method, this data collection technique uses listening, note taking, and involvement techniques. This technique uses the Miles and Huberman analysis technique, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and validation techniques using triangulation techniques. The results of the research analyzing the intrinsic elements of the short story Cinta SMA by Amelia are as follows 1) Theme about romance, 2) Characters/characters consist of protagonists, tritagonists, and extras, 3) The plot used is forward flow, 4) The settings used are the futsal field, uks room, school canteen, Milea's house, morning and afternoon time settings, happy atmosphere settings, 5) The language styles used are comparison, contradiction, linking, and innuendo language styles, 6) The point of view used is the first person point of view, 7) The mandate that can be taken from the short story Cinta SMA by Amelia is honesty and openness. The conclusion of this research is that there are 7 intrinsic elements of the short story Cinta SMA by Amelia.
Keywords— Anthology, Short Story, Intrinsic Elenents

Keywords


Anthology, Short Story, Intrinsic Elenents

Full Text:

PDF

References


Andini, N. P. M., Riana, I. K., & Dhanawaty, N. M. (2019). Analisis penggunaan diksi pada cerpen berbahasa Bali siswa kelas VII SMP Negeri 5 Denpasar. LITERA: Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 5(2).https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+figuran+pada+cerpen+&btnG=#d=gs_qabs&t=1718127562678&u=%23p%3DSgJIBkIUX5wJ

Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metode penelitian kualitatif. Sukubumi: CV Jejak.

Anisa, N. (2024). Penggunaan Reduplikasi dalam Cerpen "Pelajaran Mengarang Karya Seno Gumira Ajidarma Analisis Morfologi. Idealektik, 6(1), 1-8. https://www.journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/1082.

Aprilia, N. K., (2022). Tips Menulis bagi Pemula. Sukabumi: CV Jejak.

Arfianti, A., (2020). Pragmatik Teori dan Analisis (Buku Ajar). Semarang: CV Pilar Nusantara.

Bitti, D. (2018). Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Mappakasunggu Kabupaten Takalar (Doctoraldisertasi, FBS). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7432.

Cancerine, K. G.(2021). Produktif dimasa Pandemi dengan Menulis Antologi Yogyakarta: Jejak pustaka.

Christin. M. Obadyah. A. B dan Ali. D. S. F. (2021). Transmedia Storytelling. Indonesia: Syiah Kuala University Press.

Damariswara, R., (2018). Konsep dasar kesusastraan. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Damayanti, D., Juangsih, M., Sukandar, A., Kartini, L., (2009). Ringkasan Materi & Latihan Soal-Soal UN Ujian Nasional SMP 2010. Jakarta: Cmedia.

Darmayanti, N., Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia untuk sekolah menengah kejuruan tingkat unggul (kelas XII). Bandung: Grafindo media pratama.

Fatin, I., & Camelia, M. (2017). New edition big book bahasa Indonesia SMP kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.

Firman, A. D., Hastuti, H. B. P., & Sukmawati, N. F. N. (2019). Analisis hubungan penguasaan kosakata dan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa SMP di Kota Kendan Ranah. Jurnal Kajian Bahasa, 8(1) 123-142. https://doi.org/10.26499/rnh.v 8i1.636.

Fitrah, M. (2018) Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi CV Jejak (Jejak Publisher).

Gasong, D., (2019). Apresiasi sastra Indonesia.Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Handayani, R., Atmazaki, A., & Noveria, E. (2016). Pengaruh teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 306-312. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9995.

Herawati, H. (2019), Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Think pair share solusi memahami unsur pemmbangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Horas, Y. E. S. (2021). Praktik mudah menulis cerpen. Bogor: Guepedia.

Isnamurti, A., (1983). Hikayat Maharaja Munding Giri dan Panggung Karaton. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

Jauhari, H., (2018). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa cendekia.

Juhara, E., Budiman, E., Rohayati, R., (2005). Cendekia Berbahasa Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Setia Purna Inves.

Kasmi,H.(2015). Latar Sosiokultural Keacehan dalam Novel Teuntra Atom Karya Tayeb Loh Angen. Jurnal Metamorfosa,3(2), 75-84.https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/135.

Khaerunnisa. (2023). Menyelami dunia sastra anak. yogyakarta: K- Media.

Khairani, R. P. Y., Putri, T., & Syahputra, E. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerpen Yang Berjudul “Banun” Karya Damhuri Muhammad. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 223-226. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2522.

Kusmayadi, I., Fitria, D. A., Rahmawati, E. (2008). Be Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Lauma, A. (2017). Unsur-unsur Intrinsik cerita pendek Protes Karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5), 1-25. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.

Lutters, E., (2004). Kunci sukses menulis skenario. Jakarta: PT Grasindo.

Markhamah., Imron, A., Sabardila, A., Rustini., (2020). Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Surakarta: Muhammadiyah University press.

Mulyati, A., & Hanifah, M. P. N. (2022). Intisari materi bahasa indonesia SMA: Plus Soal AKM. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).

Munaris, Yanti, Y., Anantama, M. D. (2023). Unsur pembangun prosa. Yogyakarta:Selat Media Patners.

Murniyati, S., (2012). Jurnal Pendidikan Empirisme. Jawa tengah: CV Akademika.

Nasution, F., Nuramanah., Muna, R., Uslifatunisa., Rahayu, L.S., Widiey, A., Nurfadhilah, A., Rachel, L., Azkiyah, A., Triayuni, N. G. A. K., Dewi, Y., Riztianjani, P. M., Resmiati, J., Salsabila, D. R., Romadoni,

N., Musthofa, H. (2021). Semua bisa jadi penulis. Bogor: Guepedia.

Noprina, W (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: thalibul IMI publishing& education.

nurmala l. 2023 bahasa dan sastra di sekolah dasar. Ponorogo: Uwais inspirasi Indonesia.

Pasaribu, O.L. (2019). Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia,2(1), 39-46. https://doi.org/10.24853/pl.2.1.39-46.

Permana, A., Juwita, L., & Zenab, A. S. (2019). Analisis unsur intrinsik novel menggapai matahari karya Dermawan Wibisono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 21-26. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1885.

Permatasari, A.A. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia powerpoint terhadap peningkatan kemampuan menulis cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu pendidikan, 12(1), 19-23. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297.

Pradita, I. (2020). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IX SMP swasta budi utomo binjai. Jurnal penelitian, pendidikan dan pengajaran, 1(3), 245-256. https://doi.org/10.30596/ijems.v1i.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen "Buut" Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana.

Pratama, R., Bukhari, B., & Mahmud, M. (2017). Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1), 103-112. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/4399.

Putri, T. H. (2017). Penulisan Skenario Program Cerita “Senja Felicia” dengan Penggunaan Sudut Pandang Orang Pertama sebagai Pembangun Surprise (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2025.

Qausar, H., Absa, M., Hidayat, A. T., & Mujtahid, Z. (2023). Penerapan Pecahan Bersambung dalam Melakukan Aproksimasi Bilangan Irasional menuju Bilangan Rasional. Jumal Ilmiah Matematika. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v411.2528.

Rahmawati, L.E., Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rianto, T., (2019). CMS cara menguasai soal Bahasa Indonesia SMA dan MA latihan soal dan pembahasan HOTS. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rimawan, I., Purba, A. W., & Oktaviana, K., (2022). Cara Mudah Menulis Cerpen. Bogor: Guepedia.

Rimawan,I. Purba, A.W. dan Oktaviana,K. (2022). Cara mudah menulis cerpen bahan ajaran untuk tingkat SMA pelajaran bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.

Rini, A., (2021). Menyingkap Konflik Batin Tokoh dan Deiksis Dalam Novel Saman. Karanganyar: Yayasan lembaga gumun Indonesia (YLGI).

Rosidah, C.T., Azmy, B., dan Hanindita, A.W. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Sukabumi: CV jejak.

Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif edis revisi. Takalar. Jakad Media Publishing.

Rukmana, A. D. (2022). Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Tingkat Dasar. Magelang: Pustaka Rumah C1nta.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add v1i2,1113.

Salwa, N. (2023). Mengembangkan bakat menulis siswa SMK: strategi inovatif untuk menjadi penulis cerpen yang handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.

Samhudi. Q.. Effendy, C., & Syam, C. (2017). Jenis dan fungsi gaya bahasa dalam pemakoaan kumpulan cerpen Kembalinya Tarian Sang Waktu: Stilistika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12), http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23107.

Sudaryana B., & Agusiady, H. R. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Supadi., Sujito., Yulianto, H., Shobirin, M., (2010). Menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional SMP 2010. Jagakarsa: PT Kawan Pustaka.

Suprianti, E. S., (2020). Kajian makna puisi keagamaan (Metode Hermeneutika). Bogor: Guepedia.

Sutarni, S., & Sukardi., (2008). Bahasa Indonesia 2 SMA Kelas XI. Jakarta: yudhistira ghalia indonesia.

Taufik, I., Rusmiyanto, Utomo, S.P., dan Andrian, N.S. (2018). Buku siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Duta.

Untoro, J., Fahamsyah, S., Endro. (2009). Sukses UASBN SD 2009. Jakarta: PT. Wahyumedia.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.

Wahyu, N. T., (2023). Menulis cerpen itu asyik. Yogyakarta: Uwais inspirasi Indonesia.

Wahyuni, U., & Manullang, R. (2021). Latar Cerita Dalam Novel Senja Yang Tak Tergantikan Karya Rahma Yuniarsih. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 289-293.http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v5i2.276

Wandi, S. (2013). Pembinaan prestasi ekstrakurikuler olahraga di SMA Karangturi kota Semarang. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(8), 1-12. http://journal unnes ac id/sju/index.php/peshr.

Wicaksono, A., (2014). Catatan ringkas stilistika. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wulansari, R dan Hudan, M. (2021). Variasi urutan peristiwa dalam pembelajaran cerita pendek di SMP. Jurnal penelitian bahasa dan sastra indonesia serta pembelajarannya, 5(2), 252-267. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5654.

Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. (2018). Filsafat logika dan ontologi ilmu komputer. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(2), 68-75. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.