Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester Dua

Laura Kusuma Wardani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Membaca adalah proses kompleks yang melibatkan pemahaman, imajinasi, observasi, dan kemampuan mengingat informasi. Penelitian ini mengevaluasi keterampilan membaca mahasiswa semester dua dalam menginterpretasikan puisi "Kusangka" karya Amir Hamzah. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan fokus pada intonasi, dinamika dan jeda. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara tidak terstruktur terhadap sepuluh partisipan, menggunakan rubrik skor untuk evaluasi. Hasil pembahasan puisi terdiri dari beberapa aspek-aspek, antara lain: 1) Intonasi, 2) dinamika, dan 3) jeda. Simpulan pada penelitian ini membaca puisi itu bisa dinilai dengan tiga aspek.
Kata kunci— Keterampilan membaca, puisi, mahasiswa


abstract— Reading is a complex process that involves comprehension, imagination, observation, and the ability to recall information. This study evaluates the reading skills of second semester students in interpreting the poem “Kusangka” by Amir Hamzah. The study used a qualitative method with a focus on intonation, dynamics and pausing. Data were collected through tests and unstructured interviews with ten participants, using a score rubric for evaluation. The results of the discussion of the poem consist of several aspects, including: 1) intonation, 2) dynamics, and 3) pauses. The conclusion of this study is that poetry reading can be assessed with three aspects.
Keywords— Reading skills, poetry, students

Keywords


Reading skills, poetry, students

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. N. dan Nadya N. L. (2020). Hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659.

Amirullah. (2015). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative.

Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Cv Jejak.

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-34. Https://Doi.Org/10.37755/Sjip.V6i1.286

Damayanti, E. M., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminasi, 1(1), 113-120. Https://Prosiding.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Index.Php/Snhpp/Article/View/1500/Pdf.

Dewirsyah, A. R. (2022). Pengaruh Metode Copy The Master terhadap Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VII MTs PAB 2 Sampali. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 152-155. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.553.

Fransori, A. (2017). Analisis Stilistika Pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Deiksis.V9i01.884.

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change. 175-184. Https://Doi.Org/10.24235/Dimasejati.V4i2.12036

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. Https://Doi.Org/10.58230/27454312.2.

Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Quantumlearning. Journal Of Literature And Education, 1(1), 9—18. Https://Jurnal.Hiskikaltim.Org/Index.Php/Jle/Article/View/7.

Indriawati, S. (2023). Pengaruh Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Dongeng. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(3), 214-220. Https://Doi.Org/10.23887/Jpbj.V9i3.62556.

Ismawati, A., Enawar, E., & Azhar, A. P. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3143-3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087Ismawati.

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi Manfaat Literasi Membaca Dan Menulis Di Smk Pgri 3 Bogor. Sinkron: Jurnal Pengabdian Masyarakat Uika Jaya, 1(2), 82-92. Https://Doi.Org/10.32832/Jpmuj.V1i2.1909.

Lestari, S., Munaris, M., & Prasetyo, H. (2023). Analisis Makna Puisi “Jangan Takut Ibu” Karya Ws Rendra: Sebuah Kajian Mimetik. Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 161-173.Https://Doi.Org/10.32682/Sastranesia.V11i2.3038.

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Geram, 7(2), 71-77. Https://Doi.Org/10.25299/Geram.2019.Vol7(2).4026

Marni, M. P. (2016). Analisis Makna Intensi Pada Puisi-Puisi Penyair Pemula: Analisis Puisi Karya Siswa Sman Agam Cendekia. Jurnal Gramatika, 2(1), 79828. Http://Dx.Doi.Org/10.22202/Jg.2016.V2i1.1397

Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2),

Muawiyah, D., & Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi Yang Dibaca Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/2019. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. Http://Eskrispi.Stkippgribl.Ac.Id/.

Muna, C. (2022). Eksistensi Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat. Eastasouth Journal Of Impactive Community Services, 1(01), 32-50.Https://Doi.Org/10.58812/Ejimcs.V1i01.24

Parapat, L. H. dan Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v1i1.5440

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.Https://Doi.Org/10.24252/Ad.V5i2.4854.

Piliang, W. S. H., Fatmawati, F., Ningsih, R., dan Febria, R. (2023). Pelatihan Teknik Membaca Puisi Mahasiswa Universitas Islam Riau. Sejak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 275-282. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.13440.

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1-8. Http://Ejurnal.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Index.Php/Jpe.

Prawiyogi, A. G., & Cahyani, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Musikalisasi Puisi terhadap Kemampuan Membacakan Puisi di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1),7-7. https://doi.org/10.17509/md.v11i1.3781.

Prilla, C. C. P., Firdaus, A., & Humaira, H. W. (2019). Analisis Unsur Pembangun Dalam Kumpulan Puisi Segenggam Cinta Untuk Sang Maha Cinta Karya M. Saidati Sebagai Bahan Ajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 9-22. Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V4i1.1696.

Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62. Https://Doi.Org/10.55606/Jupensi.V3i2.1984.

Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan Membaca Dan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Tpa Al-Husna. Jamu: Jurnal Abdi Masyarakat Umus, 2(01), 89-96. Https://Doi.Org/10.46772/Jamu.V1i02.552

Sayuti, Suminto A. (1996). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Situmorang, M. A. S. B., Purba, E. W. B., Sitanggang, M., & Purba, C. A. (2022). Hubungan Penguasaan Unsur-Unsur Intrinsik Puisi Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Ibu Karya Chairil Anwar Siswa Kelas Xi Sma Nila Harapan. Jurnal Basataka (Jbt), 5(1), 34-41. Https://Doi.Org/10.36277/Basataka.V5i1.145.

Sulistiyo, U. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Jambi: Salim Media Indonesia.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/Mi. Fondatia, 5(1), 1-12. Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V5i1.1088.

Suryani, E. (2017). Penerapan Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 65-74. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i3.13268.

Susanti, S. (2020). Pengaruh Kemampuan Mengapresiasi Puisi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Religius Siswa Kelas Xi Sma Swasta Uisu Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(3), 181-191. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php.

Susilowati, D., & Qur’ani, H. B. (2021). Analisis Puisi” Tanah Air” Karya Muhammad Yamin dengan Pendekatan Struktural. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(1), 38-48. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4894.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113.

Tarigan, F. N., Nasution, A. F., & Hasibuan, S. A. (2023). Literasi data: kemampuan dan kesulitan mahasiswa dalam penulisan dan publikasi artikel jurnal ilmiah. Jurnal Ilmiah Korpus, 7(2), 212-218. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.29231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.