Analisis Unsur Intrinsik Puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia

Linda Rahma Dhani Saputri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Puisi adalah karya seni yang mempunyai sifat imajinatif yang bisa dikaji dari berbagai macam aspek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis unsur intrinsik puisi Sang Pemilik Fajar. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kata, frasa, dan klausa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah analisis unsur intrinsik Sang Pemilik Fajar karya Laila Dwi Kurnia terdiri dari 1) Tema puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 2) Majas puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 3) Diksi puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 4) Rima puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 5) Amanat puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 6) Sudut pandang puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, dan 7) Tipografi puisi Sang Pemilik Fajar karya Laila Dwi Kurnia. Simpulan penelitian ini terdapat 7 analisis unsur intrinsik puisi Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia.

abstract— Poetry is a work of art that has an imaginative nature that can be studied from various aspects. The purpose of this study is to determine the results of the analysis of the intrinsic elements of the poem The Owner of the Dawn. The method in this research is qualitative research. The data sources in this research include words, phrases, and clauses. The data collection technique in this research uses the techniques of listening, noting, and engaging, as well as using content analysis content from Milles and Huberman. The result of this research is the analysis of the intrinsic elements of Sang Pemilik Fajar by Laila Dwi Kurnia consisting of 1) The theme of the poem The Owner of the Dawn by Laila Dwi Kurnia, 2) Majas poem Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 3) Diction poem Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 4) Rhyme poem Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 5) Mandate poem Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, 6) Point of view poem Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia, and 7) Typography of the poem The Owner of Dawn by Laila Dwi Kurnia. This research concludes that there are 7 intrinsic elements analysis of the poem Sang Pemilik Fajar Karya Laila Dwi Kurnia.

Keywords


Poetry, Intrinsic Elements, and The Owner of the Dawn Poem

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Ali, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1–5. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/86.

Amral, S., & Azlin, N. (2021). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.202.

Andhini, A. D., & Arifin, Z. (2021). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Catatan Juang Karya Fiersa Besari: Kajian Stilistika dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra di Sma. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 23-35. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2850.

Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan dengan Metode Image Streaming dalam Proses Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(1), 88-115. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v7i1.1287.

Baharuddin, B. (2017). Penerapan Teknik Brainstorming terhadap Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Kelas VI SD Inpres Lappara Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Jurnal Konfiks, 4(1), 7-19. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/1214.

Dambudjai, R. J. (2018). Analisis Tema dan Amanat dalam Novel “Jangan Pergi, Lara” oleh Mira Widjaja. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas SAM Ratulangi, 1(1), 1-5. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/18785.

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121-132. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1136.

Ekoyanantiasih, R. E. (2015). Majas Metafora dalam Pemberitaan Olahraga di Media Massa Cetak. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), 15-23. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i1.146.

Fathoni, M. A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi pada Anak SMP. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri), 1(1), 10-15. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1267.

Firdaus, N. M., Utami, S., & Huda, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 03-05 Tahun di RT 02 Desa Tambak Oso Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 110-119. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i2.8113.

Fitrah, Y. (2018). Memahami Kembali Puisi Lama “Gurindam 12” Karya Raja Ali Haji; Suatu Nilai Kemanusiaan dalam Menjaga Karakter Bangsa Era Milenial. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 126-133. https://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/1298.

Gloriani, Y., & Novia, T. (2012). Analisis Diksi, Rima, dan Gaya Bahasa pada Puisi karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-3. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v1i1.143.

Hananto, B. A. (2020). Tinjauan Tipografi dalam Konteks Industri 4.0. Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3(1), 132–139. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/278.

Hartati, M. (2017). Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2), 1-10. https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik Observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13–26. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187.

Humaira, H. W., Firdaus, A., & Suparman, F. (2022). Konstruksi Nilai-Nilai Syukur dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure pada Lirik Lagu “Cukup Lebih Baik”). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 378-389. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7346.

Jayakandi, J. (2023). Rima pada Lirik Lagu Album Benyamin Sueb. Deiksis, 15(3), 268-277. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.20990.

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489.

Kamiluddin, U. (2023). Register Jual Beli Online dalam Aplikasi Live Tiktok (Tinjauan Sosiolinguistik). Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 164-174. https://doi.org/10.33603/5y5nvy79.

Launjara, L. (2024). Pengaruh Deklamasi Puisi dalam Pemahaman Makna Puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1), 56-57. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017.

Lestari, Q. Y., Jannah, K. R., Rahayu, S. Y., & Damariswara, R. (2023). Analisis Unsur Intrinsik pada Puisi “Kepada Orang yang Baru Patah Hati” Karya Raditya Dika. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 154-161. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.244.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.

Maryatun, I. B. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran untuk Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 41-47. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679.

Masfingatin, T. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori Van Hiele. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1), 1-8. http://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.496.

Meldiana, M., Sugiarti, D. H., & Maspuroh, U. (2021). Analisis Penggunaan Diksi pada Artikel Berita Online Radar Karawang Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9918–9927. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2556.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Pasaribu, R., Manangkot, V. E., & Sumampouw, M. M. (2024). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Déjeuner Du Matin Karya Jacques Prévert (Suatu Kajian Struktural). Kompetensi, 4(1), 15-21. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/7734.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795.

Prayogi, I., & Oktavianti, I. N. (2020). Mengenal Metafora dan Metafora Konseptual. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-5. https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i1.6807.

Rahimah, A. (2017). Citraan dalam puisi “Surat Cinta” Karya WS. Rendra. Jurnal Education and Development, 4(3), 93-93. https://doi.org/10.37081/ed.v4i3.659.

Rahman, N. N., Utami, R. S., & Raden, A. Z. M. (2018). Analisis Tipografi pada Spanduk Pemasaran Perumahan. Jurnal desain, 5(03), 250-257. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2572.

Rahmawati, D. (2022). Penerapan Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Menganalisis Unsur Pembangun Puisi Melalui Microsoft Teams pada Peserta Didik Kelas X Sma N 2 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 93-94. https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11264.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475-2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581.

Renovriska, M. D., & Fitriana, F. T. (2022). Penggunaan Diksi pada Judul Berita dalam Portal detik. com dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Bahasa Indonesia. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-8. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/13719.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Salwia, F., Syahbuddin, S., & Efendi, M. (2022). Analisis Majas Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2228-2231. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/937.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. https://journal.unas.ac.id/index.php/pujangga/article/download/1170/970.

Sidiqin, M. A., & Ginting, S. U. B. (2021). Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 60-65. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65. https://doi.org/10.7454/mssh.v912.122.

Suhita, S. (2017). Persepsi Guru Bahasa Indonesia terhadap Puisi Lama Gurindam. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 152-169. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010201.

Suryadi, R., & Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(3), 314-322. https://journal.unnes.ac.id/sju/seloka/article/view/20261.

Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.

Tresnawati, H., & Indihadi, D. (2018). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Karya Siswa Kelas VA SDN 1 Nagarasari. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 32-40. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i2.7184.

Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2021). Peranan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223–1230. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1092.

Umar, U., Putri, N. Q. H., & Agustian, J. F. (2021). Analisis Strata Norma pada Puisi Elegi Sampah Karya Sri Setianingsih. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 4(1), 31-39. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v4i1.1448.

Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Fitur Reels Instagram pada Pembelajaran Membaca Puisi Guna Mendukung Gerakan Merdeka Belajar di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 10-19. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/spbsi/article/view/1237.

Wasidatun, R., Azizah, R. N., & Wafa, I. (2023). Pendekatan Mimetik dalam Antologi Puisi Surat dari Ibu Karya Asrul Sani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3917–3925. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5870.

Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran Word Square pada Mata Kuliah Mengidentifikasi Jenis-Jenis Puisi dari Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fkip Umsu. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.30596/bahterasia.v1i1.3739.

Wirawan, G. (2017). Analisis Struktural Antologi Puisi Hujan Lolos di Sela Jari Karya Yudhiswara. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 39-44. http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.89.

Wulansari, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 230-232. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.620.

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 67-76. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i2.74.

Yunata, E. (2013). Telaah Stilistika dalam Syair Burung Pungguk. Jurnal Bahas, 8(1), 75-82. https://bahas.ejournal.unri.ac.id/index.php/JB/article/view/1321.

Zainudin, A. (2021). Tipografi. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 7(1), 1-131. https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/312.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.