Analisis Unsur Intrinsik Puisi Realitas Kehidupan Karya Dimas Rizqia Hendinata
Abstract
Kata kunci— Puisi, Unsur Intrinsik, Realitas Kehidupan
abstract—Poetry is an expression using beautiful language, which reflects the poet's thoughts or feelings creatively and artistically. The aim of this research is to examine the approach to intrinsic elements in the poem Reality of Life, creator Dimas Rizqia Hendinat. This research utilizes qualitative research methods with data in the form of words, phrases and clauses. Data collection utilizes the method of listening, noting and engaging. The data evaluation method utilizes content evaluation by applying three flows (reducing information, presenting information, and taking a summary). Information validation technique using the triangulation method. The achievements of this research show that there are intrinsic elements of poetry in the form of 1) the theme of the transience of the world, 2) containing metaphorical language styles, simile figures of speech, personification figures of speech and hyperbole figures of speech, 3) containing connotative diction which depicts wealth and the worldly as an illusion, 4) containing free rhyme, 5) contains a message, 6) contains a third person point of view. The conclusion related to this research is that there are six intrinsic elements in the poem Reality of Life by Dimas Rizqia Hendinata.
Keywords— Poetry, Intrinsic Elements, Reality of Life
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Amalia, S. R. (2017). Analisis kesalahan berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif mahasiswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 17-30. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505.
Andhini, A. D., & Arifin, Z. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel catatan juang karya fiersa besari: kajian stilistika dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di sma. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 23-35. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2850.
Antara, F., Heristian, M., & Efi, A. (2023). Pertunjukan Partisipasi Pantun Palang Pintu di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1323-1328. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.20990.
Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan media video animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar materi puisi mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 242-252. https://doi.org/10.5281/zenodo.6379004.
Barbati, B., Lorini, L., Amanat, N., Bellagamba, M., Galantini, L., & Papini, M. P. (2023). Enhanced solubilization of strongly adsorbed organic pollutants using synthetic and natural surfactants in soil flushing: column experiment simulation. Journal of Environmental Chemical Engineering, 11(5), 93-106. https://doi.org/10.58218/alinea.v3i1.447.
Bayu, B. T., Ulfani, S. M., Sari, R. K., Majah, I., & Wismanto, W. (2024). Pengembangan Kemampuan Manusia Dalam Sudut Pandang Pendidikan Islam. Journal of Creative Student Research, 2(2), 56-68. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i2.3666.
Chairiah, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Unsur Intrinsik Dan Unsur Ekstrinsik Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 216-226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501.
Ekoyanantiasih, R. E. (2015). Majas metafora dalam pemberitaan olahraga di media massa cetak. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), 15-23. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i1.146.
Fadilah, M. R., Husna, G. N., Hidayah, A. H., Khaerunisa, A., Aidhina, Z. N., Fatimah, R., ... & Rahayu, A. D. (2024). Penggunaan Majas pada Cerita Pendek Modern'Cuma Teman'Karya Raditya Dika. Jurnal Kultur, 3(1), 56-67. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.623.
Fajriyani, N., Ridho, M. R., & Laili, Q. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Di Bidang Diksi Dalam Buku Panduan Upt Perpustakaan Iain Surakarta Edisi 2018. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 55-68. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3744.
Firmansyah, R. F., & Manesah, D. (2024). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Film Nussa: The Movie Sutradara Boni Wirasmono Dalam Merepresentasikan Nilai Moral Pada Anak-Anak. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(2), 33-42. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i2.37.
Hidayat, C. A., Rustono, W. S., & Bakhraeni, R. (2016). Analisis unsur intrinsik puisi tema guru karya siswa kelas V SDN 1 Nagarasari. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 24-32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i1.4766.
Jannah, I. Q. (2023). Analisis Makna Konotatif pada Leksem †œKampret†dalam Grup Telegram Diskusi Skincare. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 115-130. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.420.
Januarianti, C., & Yuningsih, N. S. Q. (2023). Analisis Puisi “Tanah Air” Karya Muhammad Yamin Dengan Pendekatan Struktural. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(3), 42-49. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i3.245.
Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(June 2017), 136–149. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.761.
Julianto, I. R. (2023). Diksi, Gaya Bahasa, Dan Citraan Lirik Lagu Para Pencari-Mu Karya Ungu (Kajian Stilistika). ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(1), 56-63. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14472.
Kaharuddin, N., & Arianti, I. (2020). Penerapan Media Video Bencana Alam Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Lama (Syair). Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(1), 53-60. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i1.38.
Karmila, K., & Abdurahman, A. (2023). Analisis Majas dan Diksi pada Lagu Amin Paling Serius yang Dipopulerkan Sal Priadi dan Nadin Amizah. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 56-64. https://doi.org/10.31764/jail.v5i1.5186.
Khoirunissa, R. R. R. P., & Sabardila, A. (2024). Variasi Majas dan Citraan dalam Lirik Lagu Payung Teduh Album Ruang Tunggu dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Menulis Puisi di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1694-1711. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/3596.
Kholijah, N. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Menurut Sudut Pandang Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 3(4), 350-364. https://doi.org/10.59729/alfatih.v5i1.58.
Liang, M., & Irawan, M. D. (2023). Analisis Aplikasi Sikar dengan Metode Triangulasi Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(4), 267-276. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i4.226.
Lisdayanti, S., Gunawan, H., & Rustinar, E. (2023). Pelatihan Cipta Puisi dalam Rangka Memperingati Hari Ibu Oleh Pimpinan Wilayah Aisyiyah Bengkulu. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 53-60. https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5283.
Lubis, H. P. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 185-189. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i3.145.
Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.
Marliani, L. (2019). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 17-21. https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.
Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113-122. https://doi.org/10.37567/cbjis.v5i1.2019.
Natasha, M., Rahima, A., & Sujoko, S. (2022). Jenis–jenis Tema dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi (Kajian Analisis Isi). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 89-100. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v6i1.315.
Nazriani, N. (2019). Pelatihan menulis puisi siswa kelas Vi SDN 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 3(1), 64-71. https://doi.org/10.35326/pkm.v2i1.206.
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.
Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.
Prasetya, K. H., Kusuma, D. A., Syahamah, A., Marsela, D., & Sinambela, S. M. (2024). Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1494-1501. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963.
Pratiwi, S. S., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash Cs3 professional pada materi penyajian data. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 70-76. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.43.
Putri, R. E. (2023). Membandingkan Amanat Puisi “My Mistress’ Eyes Are Nothing Like the Sun” Berbentuk Terjemahan dan Aslinya: Menggunakan Metode Penerjemahan Setia-Idiomatis. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, dan Budaya, 3(2), 189-200. https://doi.org/10.17509/jlb.v5i1.3131.
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1), 89-96. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010201.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639.
Rima, R., Hildayanti, S. K., & Wulandari, T. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Perawat Pada RSIA Tiara Fatrin Palembang. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 4(3). https://doi.org/10.47747/jbme.v4i3.1182.
Rofiq, A. (2023). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan Kumpulan Puisi Perjamuan Rindu Karya Diana Puteri Zahro. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 279-293. https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i2.2501.
Safitri, L., Dalilah, N., & Murtiwiyati, M. (2024). Perancangan User Interface Dan User Experience Website Reservasi Rima Villa Ciwidey Dengan Metode Metode Design Thinkings. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Sains, 2(2), 40-53. https://doi.org/10.54066/jptis.v2i2.1845.
Saputra, N., Misnawati, M., Muslimah, S., Anwarsani, A., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 33-51. https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i2.2501.
Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1644.
Shofiani, A. K. A., Nugraha, A. S., & Hardinanto, E. (2024). Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Semester I PBSI UNHASY pada Kuliah Apresiasi Sastra Menggunakan Model Pedagogi Genre. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 1188-1200. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3161.
Sidiqin, M. A., & Ginting, S. U. B. (2021). Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 60-65. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458.
Subaweh, A. M., & Naufal, M. Z. (2023). Analisis Majas Dalam 5 Puisi Pada Antologi Kiat-Kiat Menyembuhkan Lara Karya Niskala Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra Di SMA. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 981-990. https://doi.org/10.62504/kegs7s04.
Suhita, S. (2017). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Puisi Lama Gurindam. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 152-169. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458.
Suryaningsih, L. (2021). Analisis penggunaan gaya bahasa sarkasme pada lirik lagu Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 274-280.https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.92.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49.
Utami, F. D. W., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Pembentukan Budaya Disiplin Peserta Didik Melalui Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka di Sekolah Dasar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 123-133. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.28495.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.
Winarko, A. F., & Febrianty, F. (2024). Hatsukoi Dalam Puisi Hatsukoi Karya Toson Shimazaki. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 4(1), 19-32. https://doi.org/10.17509/jlb.v5i1.3131.
Wulansari, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 230-232. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.620.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.