Perjalanan Manusia Menuju Pertautan dengan Tuhan Studi tentang Hubungan Manusia dengan Tuhan dalam Konteks Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi

Lisamatul Khoiriyah Gendok, Laura Kusuma Wardani, Annur Budiawan, Marlia Pujiati, Joko Setiyono

Abstract


abstrak Konsep ketuhanan didefinisikan sebagai gagasan atau pemahaman tentang sifat, peran, dan esensi Tuhan atau entitas ilahi dalam berbagai tradisi keagamaan dan filsafat. penelitian ini perlu dilakukan untuk mendalami lebih lanjut hubungan antara manusia dan Tuhan dalam konteks pendidikan agama di perguruan tinggi. Pada penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, data yang diperoleh adalah data sekunder, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dan libat, dan jenis teknik validasi dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil dari data yang ditemukan ada beberapa pembahasan antara lain: 1) hubungan manusia dengan tuhan, 2) memperkuat keimanan dan ketakwaan, dan 3) pengaruh pendekatan agama terhadap mahasiswa. Simpulan pada penelitian ini terdapat tiga pembahasan penting untuk mendekatkan atau menumbuhkan pemahaman agama.
Kata Kunci— Konsep Ketuhanan, Pendidikan Agama, Perguruan Tinggi




abstract— The concept of divinity is defined as an idea or understanding of the nature, role, and essence of God or divine entities in various religious and philosophical traditions. this research needs to be done to further explore the relationship between humans and God in the context of religious education in higher education. In this study using the literature study method, the data obtained is secondary data, the data collection technique in this study uses listening, note taking, and involvement techniques, and the type of validation technique in this study is a triangulation technique. The results of the data found there are several discussions, among others: 1) human relationships with God, 2) strengthening faith and piety, and 3) the influence of religious approaches on students. The conclusion in this study is that there are three important discussions to bring closer or foster religious understanding.
Keywords— The concept of divinity, religious education, higher education

Keywords


The concept of divinity, religious education, higher education

Full Text:

PDF

References


Abrori, H. (2018). Humas sebagai method of communication dalam Membentuk image Madrasah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 161-166. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.397.

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.

Ali, Y. E., Kom, M., Munir., Permana, j., & Kurniady, A. D. (2024). Model Enterprise Architecture (EA) Untuk Perguruan Tinggi Bermutu. Bandung: Indonesia Emas Group.

Awalin, F. R. N. (2017). Dunia Batin Jawa: Aksara Jawa Sebagai Filosofi dalam Memahami Konsep Ketuhanan. Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 5 (2), 289-309. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/kon/article/view/865.

Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.

Benuf, K., & Azhar, M. (2020). Metodologi penelitian hukum sebagai instrumen mengurai permasalahan hukum kontemporer. Gema Keadilan, 7(1), 20-33. https://doi.org/10.14710/gk.2020.7504.

Burhan, A. (2015). Konsep Tuhan di Dalam AL-Quran. jurnal Kajian Ilmu dan pengembangan Budaya Al-Quran, 15 (1). https://doi.org/10.53828/alburhan.v15i1.60.

Darmawan, I. P. A., & Krishna, I. B.W. (2020). Konsep Ketuhanan Dalam Suara Gamelan Menurut Lontar Aji Ghurnnita. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 3 (1). https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/genta/article/view/449.

Desinta, M., Asrori, M., & Hartoyo, A. (2022). Analisis Penguatan Karakter Keimanan, Ketakwaan dan Akhlak Mulia di Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 128-138. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1726.

Dewi, N. R. S., & Ratna, N. (2021). Konsep Ketuhanan Dalam Kajian Filsafat. Agama Ibrahim. Jurnal Studi Agama-Agama, 1 (2), 146-158. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/genta/article/view/858.

Gufron, U. (2022). Ilmu Tauhid Konsep Ketuhanan dalam Teologi Islam. Jurnal Aqidah dan Filsafah Islam, 7 (1),86-103. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v7i1.16275.

Irianto, S. (2012). Otonomi Perguruan Tinggi: Suatu Keniscayaan. Sleman: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kemal, I., Suryadi., & Rosyidi, U. (2021). Manajemen Sumber Daya Dosen Perguruan Tinggi. Sumatera Utara: Umsu Press.

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka: Implementation of problem based learning to improve students' concept understanding: Literature review. Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27-36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28.

Masnuah, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan pendidikan islam dalam undang-undang no. 20 tahun 2003 (sisdiknas). Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 115-130. https://doi.org/10.36835/modeling.v9i1.1131.

Muizzuddin, M. (2017). Pendidikan Humanis dalam Prespektif Islam (Implementasi Nilai-Nilai Ketauhidan dalam Pembeljaran. Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 1 (1), 115-132. https://doi.org/10.33754/jalie.v1i1.92.

Munqidz, A. (2023). Konsep Tuhan menurut Fazlur Rahman. Jurnal kajian Keislaman, 11(2),96-104. https://www.jurnal.unugha.ac.id/index.php/amk/article/view/615.

Mustakim, Z. (2022). Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Urgensi Kepemimpinan Interharmoni di Era Disrupsi. Pekalongan: NEM.

Nasution, H., Faza, A. M. D., & Siregar, A. A. (2021). Pengaruh Medsos Terhadap Religiusitas Mahasiswa. Studia Sosia Religia, 4(1). http://dx.doi.org/10.51900/ssr.v4i1.9552

Nifasri, (2023). Manfaat Akreditasi: Bagi Peningkatan Mutu Program Studi dan Lulusan Perguruan Tinggi. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Nurjanah, A. S. (2018). Kecemasan Mahasiswa Fresh Graduate dalam Melamar Pekerjaan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 35-38. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alittizaan.

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Jurnal Pendidikan, 5(2), 221-226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978.

Rijal, S., & Umiarso, U. (2018). Rekontekstualisasi Konsep Ketuhanan Abd Samad al-Palimbani. Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 8(1), 83-112. https://jurnalfuf.uinsa.ac.id/index.php/teosofi/article/view/203.

Rodli, F. A., & Yucha, N. (2022). Manajemen Kinerja Institusi Perguruan Tinggi. Batam: CV Rey Media Grafika.

Rosyid, M. (2012). Studi komparatif konsep ketuhanan Islam dan agama Adam pada komunitas Samin. Ulumuna, 16 (2), 403-442. https://ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/210.

Saputra, M. R., Buana, L. M., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Kreatif Guru PAUD pada Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2260.

Saputra, M. Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Perguruan Tinggi. Bandung: Indonesia Emas Group.

Setiawati, L., & Bus, M. (2024). Strategi Membangun Kinerja Unggul Universitas Swasta: Peran Tata Kelola, Orientasi Layanan dan Kepemimpinan Stratejik. Sumedang: Mega Press Nusantara.

Sinaga, S. (2017). Problematika pendidikan agama islam di sekolah dan solusinya. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 14-14. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i1.51.

Suryaningsum, S., Sigit, H., Purwanto., Tanjung, W. R., Kusumstutik, B., Bour, A. B., Limbong, J. A., dkk. (2020). Strategi Pendanaan Penelitian pada Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Kinerja Penelitian. Klaten: Nugra Media.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.

Wiyani, N. A. (2013). Pendidikan agama Islam berbasis anti terorisme di SMA. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 65-83. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.65-83.

Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Analisis karakteristik materi pelajaran pendidikan agama islam di jenjang SD, SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.47732/adb.v2i1.95.

Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Islamic Education, 1(1), 54-71. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.