Cara Meningkatkan Minat Belajar Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar

Nikmatus Sholihah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak- Meningkatkan minat belajar matematika pada siswa sekolah dasar sangatlah penting, karena kebanyakan dari mereka merasa takut dengan mata pelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika kepada anak sejak dini. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR (system literature review) karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, Gambaran menyeluruh tentang cara-cara yang efektif dalam mengajar, sehingga memungkinkan identifikasi praktik pembelajaran dengan memberikan terbaik dan temuan terbaru dalam bidang Pendidikan. Data berupa data sekunder yang diambil dari beberapa jurnal yang terbit secara nasional dan internasional.
Kata Kunci— Minat Belajar, Matematika, Sekolah Dasar



abstract— Increasing interest in learning math in elementary school students is very important, because most of them are afraid of the subject. The purpose of this study is to increase interest in learning math to children from an early age. The method in this study uses the SLR (system literature review) method because it can increase students' interest in learning, a comprehensive overview of effective ways of teaching, thus enabling the identification of learning practices by providing the best and latest findings in the field of education. Data in the form of secondary data taken from several journals published nationally and internationally.
Keywords— Interest In Learning, Math, Primary School

Keywords


Interest In Learning, Math, Primary School

Full Text:

PDF

References


Al Fuad dan zaki, (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di SDN 7 Kute Panang. Jurnal tunas bangsa. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/62. 3.2, 42-54.·

Amam, A., & Rusdiana, S. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan Dengan Metode Systematic Literature Review (SLR). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan/article/view/14244. Jurnal Peternakan, 19(1), 9-21.·

Aritonang dan Keke T (2008) Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan penabur https://www.academia.edu/download/61271866/Minat_dan_Motivasi_dalam_Meningkatkan_Ha20191119-75561-193r0kv.pdf. 7.10 ,11-21.·

Astriyani, G. A., Dhiya‘Ulhaq, J., Ramandhani, R., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic Literature Review (Slr): Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Menggunakan Media Lagu. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/jispendiora/article/download/670/726. 2(1), 198-208.

Astuti, Anggraini, dan Leonard L (2015) Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: jurnal ilmiah Pendidikan MIPA https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/91. (2.2)·

Mahmudi dan ali (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jurnal jurusan matematika FMIPA UNY https://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/pengabdian/Pengembangan+Pemb+Matematika_1.pdf.·

Barimbing, Alda, Abi. A. A, dan Silaban.P.J,(2022) Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan pengajaran) https://www.academia.edu/download/103286744/pdf.pdf. 6.4: 1065.·

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/727. (SPEJ, 2(2), 52-60.·

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. MODELING: jurnal Program Studi PGMI, https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/38. 1(2), 94-109

Fadhillah dan Ahmad (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. FIBONACCI: jurnal Pendidikan matematika dan matematika. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1633. (1.2).61-69·

Ilham I (2021). Kebijakan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara journal (jurnal penelitian dan PKM bidang ilmu Pendidikan) https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/8526.(2.3) 154-16·

Kurniawan dan indra m (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: jurnal Pendidikan. https://www.neliti.com/publications/278060/lingkungan-belajar-efektif-bagi-siswa-sekolah-dasar. (4.1). 41-49·

Mariatun, Lis I, dan Indriani D.E(2018). Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila Melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar. CIVIC-CULTURE: jurnal ilmu Pendidikan PKN dan sosial budaya.

https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1342. (2.2)·

Nabila, Tasya dan Abadi P.A, (2020), Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosidingsesiomadika2.1c.https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.·

Nazri, Elfin, Azmar A, dan Nelawati N (2022). Komponen-Komponen Kurikulum Sekolah Dasar. Edukatif: jurnal ilmu Pendidikan.

https://core.ac.uk/download/pdf/297668757.pdf (4.1).1289-1298· Calam, ahmad, Marhamah A, dan Nazaruddin I(2020). Reformasi visi, misi dan tujuan sekolah. Al-irsyad: jurnal Pendidikan dan konseling https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2160. (10.2)·

Nisa & Afiatin (2017), Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.Faktor jurnal ilmiah kependidikan. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/370.2.1,1-9.·

Nurfadhilah, septy,al at(2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta. Edisi.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1353/94. (3.2). 289-298.·

Pangestu, prayoga dan santi.A.U.P(2016). Pengaruh Pendidikan matematika realistik terhadap suasana pembelajaran yang menyenangkan. FIBONACCI: jurnal Pendidikan matematika dan matematika. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1654. (2.2). 58-71.·

Putri, Amalia.B.B, Muslim A, Bintaro.y.t, (2019), Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD negeri 4 Gumiwang. Jurnal education FKIP UNMA https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14. 5i2. 14. 68-74·

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal.ust.jogja https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2408.·

Ramdani dan yani (2016), kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. MIMBAR: jurnal sosial dan Pembangunan https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/198.22(1).1-14.·

Sari, IK (2021). Blended learning sebagai alternatif model pembelajaran inovatif di masa pasca pandemi di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1137. 5(4), 2156-2163·

Siagin dan daud m (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: journal of mathematics education and science. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117. 2.1·

Siswondo, rinto dan Agustina L (2020). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Himpunan: jurnal ilmiah mahasiswa Pendidikan matematika https://www.academia.edu/download/112761166/3155-8002-2-PB.pdf.(1.1). 33-40.·

Supriyono, supriyono (2018) Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: jurnal Pendidikan dasar https://www.academia.edu/download/103286744/pdf.pdf. 2.1, 43-48.·

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3485. 6(4), 7317-7326.·

Sutawijaya, akbar dan afghani j (2015) konsep dasar pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MPMT5301-M1.pdf. 4(9). 33-40·

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems https://ojs.uajy.ac.id/index.php/IJIS/article/view/1916. 1(2), 63-77.·

Yuwono, A. (2019). Problem solving dalam pembelajaran matematika. Union, https://core.ac.uk/download/pdf/230370665.pdf. 4(1), 356718.·


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.