Keajaiban Rumus Matematika: Mengungkap Rahasia di Balik Angka dan Simbol

Khusnatun Nikmah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Matematika merupakan dasar suatu ilmu yang bersifat tak terbatas pada satu bidang studi. Tujuan penelitian ini adalah mengupas rahasia rumus matematika dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang agama. Penelitian ini menggunakan metode SLR. Metode SLR ialah metode penelitian yang berfungsi untuk mengkaji, mengumpulkan dan mensitetis data dari jurnal maupun artikel yang telah diterbitkan. Data berupa data sekunder dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional dan internasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Simak, catat, dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan keajaiban rumus matematika yang mencakup 1) Rumus geometri tentang tiga sisi segitiga 2) Rumus fungsi yang berkaitan dengan sholat 3) Rumus keliling lingkaran yang berkaitan dengan ibadah haji dan thawaf. Simpulan penelitian ini adalah terdapat 3 keajaiban dibalik rumus matematika.
Kata kunci—matematika, angka, simbol

abstract— Mathematics is the basis of a science that is not limited to one field of study. The purpose of this research is to explore the secrets of mathematical formulas in everyday life and in the field of religion. This research uses the SLR method. The SLR method is a research method used to review, collect and synthesize data from journals and articles that have been published. The data is secondary data from books and journals published nationally and internationally. The data collection technique uses listening, noting, and engaging techniques. Data validation techniques use data triangulation techniques. The results show the magic of mathematical formulas which include 1) Geometry formula about three sides of a triangle 2) Function formula related to prayer 3) Circumference formula related to Hajj and tawaf. The conclusion of this research is that there are 3 miracles behind mathematical formulas.
Keywords— math, numbers, symbols

Keywords


math, numbers, symbols

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2014). Khazanah sains dan matematika dalam Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 1(1). http://dx.doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1534.

Anggraini, Y., Indra, M., Khoirusofi, M., Azis, I. N., & Rosyani, P. (2023). Systematic literature review: sistem pakar diagnosa penyakit gigi menggunakan metode forward chaining. BINER: Jurnal Ilmu Komputer, Teknik Dan Multimedia, 1(1), 1-7. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/Biner/article/view/2520.

Antonius, S., Setiawan, A., & Kusnadi, K. (2023). Perancangan buku pop up sebagai sarana pengajar pengenal huruf dan angka di tkbudi agung. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (10), 660-667. https://doi.org/10.5281/zenodo.7990979.

Apriyani, D. D. (2017). Pengaruh penggunaan media proyeksi terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 115-123. https://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1828.

Bakri, S., & Muhadiyatiningsih, S. N. (2019). Tradisi malam selikuran kraton kasunanan surakarta. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 17(1),21-32. https://doi.org/10.24090/ibda.v17i1.1753.

Damayanti, S., & Sjamsir, H. (2023). Meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka bergambar di tk cahaya mulya palaran tahun pembelajaran 2020/2021. BeduManagers: Borneo Educational Management and Research Journal, 4(1), 106-116. https://doi.org/10.30872/bedu.v4i1.3290.

Desiani, I. F. (2022). Simbol dalam kain ulos pada suku batak toba. Jurnal Ilmu Budaya, 18(2), 127-137. https://doi.org/10.31849/jib.v18i2.9466.

Hendro, EP (2020). Simbol: arti, fungsi, dan implikasi metodologisnya. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 3(2),158-165. https://doi.org/10.14710/endogami.3.2.158-165.

Husna, E. N., Rezani, R. M., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 704-707. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4465.

Jaya, M., & Rusli, R. (2023). Ketuhanan yang maha esa menurut buya hamka studi tafsir al-azhar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 228-238. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.430.

Jumini, S. (2015). Relativitas einstein terhadap waktu ditinjau dari al-quran surat al-ma’ârij ayat 4. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 1(02), 213-232. https://doi.org/10.32699/syariati.v1i02.1110.

Junaidy, F., Komansilan, A., & Lolowang, J. (2021). Efektivitas penggunaan model inkuiri terbimbing dengan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 59-64. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i1.81.

Kadja, H., Sanga, F., & Robot, M. (2014). Makna angka 6 dalam perspektif orang Sabu “Suatu studi semiotika bilangan”. Jurnal Linguistik Terapan, 4(1), 1-16. https://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jlt/article/view/278.

Kiring, M. (2023). Simbol dalam suku dayak kayan kalimantan utara. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 5(2), 70-80. https://doi.org/10.23887/jabi.v5i2.60025.

Kurniati, A., Yuniati, S., & Rahmi, D. (2022). Media puzzle angka: pengenalan angka pada anak tahap praoperasional (toeri piaget). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2846-2856. Retrieved from https://t.co/N11XC3xZaR.

Lakonawa, P. (2014). Memaknai simbol-simbol religius injil yohanes. Humaniora, 5(1), 324-340. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3031.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran tematik terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,6(1), 298-306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249.

Mubarok, A. (2021). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 1-9. Retrieved from https://t.co/hjezEmREhx.

Mubarok, M. S. (2022). Aksiologi matematika dan implikasinya dalam pembelajaran matematika: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 500-515. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1353/941.

Muliati, M. (2016). Al-ghazali dan kritiknya terhadap filosof. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 2(2), 77-86. Retrieved from https://t.co/jqciBPAFOR.

Nurfadhillah dkk (2021). Penggunaan media pembelajaran matematika dan manfaatnya di sekolah dasar swasta plus ar-rahmaniyah. EDISI, 3(2),289-298. Retieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1051.

Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154.

Pramudya, R. N., & Idris, M. (2022, December). Pengontruksian golden ratio dari barisan fibonacci. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 7, pp. 47-52). Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3323.

Ramadania, F., Wulandari, N. I., & Nahlini, N. (2017). Peranan komunikasi bahasa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Keraton 3 Martapura. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23-32. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/52/45.

Rijal, F. (2018). Penggunaan media audio visual dalam peningkatan hasil belajar materi rukun iman pada siswa kelas i sd negeri 49 kota banda aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321.

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1906-1912). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1929.

Susilo, B. E. (2011). Kajian materi vektor aljabar linear: sebuah alternatif dalam memahami alam semesta dengan matematika. Journal of Mathematics and Mathematics Education.1(1), 29-36. https://doi.org/10.20961/jmme.v1i1.9922.

Susnariah, U. (2020). Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Educatio FKIP Unma, 6(1), 162-170. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.291.

Tarigan, R. (2021). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Sepren, 2(2), 17-22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.

Utami, P. I., Sari, A. P., Indrawati, S. W., & Fitriani, Y. (2022). Hegemoni dan resistensi dalam kasus pelecehan seksual: analisis simbol dalam film penyalin cahaya. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(2), 409-422. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.1998.

Wijayanti, H. S., Hajerah, H., & Hafsah, S. (2022). Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain kartu angka pada kelompok a tk dharma wanita dawuhan lor lumajang jawa timur. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN,4(2), 61-69. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/157.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.