Analisis Unsur Intrinsik Puisi Ku Telah Lalai Karya Cholinda Rahma Septi Lina

Bintang Puspita Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Unsur intrinsik puisi merupakan komponen penting pada puisi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis unsur intrinsik pada puisi Ku Telah Lalai karya Cholinda Rahma Septi Lina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta data berbentuk kata, frasa, dan klausa. Pengumpulan data menggunakan metode simak, catat dan libat. Teknik analisis data menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman yang menerapkan tiga alur (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik puisi yaitu 1) tema penyesalan, 2) gaya bahasa repetisi, majas metafora, majas personifikasi, dan majas hiperbola, 3) diksi konotatif yang menggambarkan kondisi atau suasana, 4) rima bebas, 5) amanat tentang penyesalan dan kesadaran, dan 6) sudut pandang orang pertama. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat enam unsur intrinsik pada puisi Ku Telah Lalai karya Cholinda Rahma Septi Lina.
Kata kunci—Puisi, Unsur Intrinsik, Ku Telah Lalai

abstract— The intrinsic elements of poetry are important components of poetry. The purpose of this research is to analyze the intrinsic elements in the poem Ku Telah Lalai by Cholinda Rahma Septi Lina. This research uses qualitative methods and data in the form of words, phrases, and clauses. The data collection used the method of listening, noting and engaging. The data analysis technique uses content analysis content from Milles and Huberman which applies three flows (data reduction, data presentation, and conclusion drawing). Data validation technique using triangulation technique. The results of this study show that there are intrinsic elements of poetry, namely 1) the theme of regret, 2) repetition language style, metaphor, personification, and hyperbole, 3) connotative diction that describes the condition or atmosphere, 4) free rhyme, 5) mandate about material is not the most important thing 6) first person point of view. The conclusion of this research is that there are six intrinsic elements in the poem Ku Telah Lalai by Cholinda Rahma Septi Lina.
Keywords— Poetry, intrinsic elements, Ku Telah Lalai

Keywords


Poetry, intrinsic elements, Ku Telah Lalai

Full Text:

PDF

References


Afrileni, F. (2017). Karakteristik puisi penyair Aceh dalam antologi puisi lagu Kelu. Master Bahasa, 5(2), 118-127. https://doi.org/10.24173/mb.v5i2.11089.

Ajmiy, F. N., & Umam, N. K. (2023). Keterampilan menulis puisi bebas pada matapelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1654-1667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6984.

Aksana, K. A. (2019). Romantisme dalam kumpulan puisi senyawa karya Andrei Aksana. Idealektik, 1(1), 34-38. https://www.journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/217.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Ardika, I. W. (2018). Asiknya Menulis Puisi. Jembrana-Bali: CV. Grapena Karya.

Ariyani, W. (2019). Analisis kesalahan matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita luas permukaan dan volume bangun ruang (kubus dan balok) berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Pediamatika, 1(1), 55-64. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat/article/view/5067

Atmaja, L. K. (2021). Pengimajian dalam puisi Kerikil Tajam yang Terempas karya Chairil Anwar. Lateralisasi, 9(1), 65-71. https://jurnal.umb.ac.id/index.php/lateralisasi/article/view/1753.

Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.

Baedowi, S., Reffiane, F., & Astuti, N. H. (2019). Pengembangan media big book pada tema kewajiban dan hakku. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, 3(2). 105-111. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw pada mahasiswa PBSI tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2018/2019. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 256-267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343.

Dhapa, D., & Novita, F. (2022). Majas metafora dalam puisi-puisi karya Bara Pattyradja. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2), 137-144. https://doi.org/10.57251/sin.v2i2.485.

Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76. https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213.

Fadhil, F. A. F. (2023). Analisis deskriptif puisi Pertemuan karya Sapardi Djoko Damono: Eksplorasi sentuhan emosional dalam keindahan kata-kata. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 62-70. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/aksentuasi/article/view/869.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya Chairil Anwar. Deliksis, 9(1). 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.

Hakim, A. (2017). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: Jejak Publisher.

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Harun, M. (2018). Pembelajaran Puisi untuk Mahasiswa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hasbullah, H., & Sumadewa, I. N. Y. (2021). Transformasi pada corak kain songket sasak Lombok Sebagai tipografi identitas. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(2), 394-406. http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i2.1751.

Herawati, H. (2019). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Hidayat, G. T., & Indihadi, D. (2018). Teknik akrostik dalam penulisan puisi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103-109. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i2.7233.

Humaira, M. A., & Astuti, L. F. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan pendekatan struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541.

Irmawati, A. (2019). Model keefektifan experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi naratif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap (efektivitas model experiential learning dalam pembelajaran menulis inti narasi siswa kelas VIII 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap). TOTOBUANG, 7(1), 139-155. https://doi.org/10.26499/ttbng.v7i1.113,

Jovanka, L. R. R., & Hasanudin, C. (2023). Menerapkan pendidikan karakter melalui pembelajaran keterampilan menulis puisi. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1841-1853. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/articleview/1917.

Karolina, V. (2023). Pengaruh gambar dan video terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada materi unsur intrinsik puisi SMA di Pontianak. Journal on Education, 6(1), 9672-9679. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4577.

Kasmi, H. (2020). Kajian majas pada artikel jurnalisme warga serambi Indonesia. Jurnal Metamorfosa 8(2), 219-230. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1121.

Lestari, P. A., Firlisa, U. D., Fidiyanti, Y., Rahmawati, Z. A., Fikri, S., Nuswantari, E., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2023). Analisis strata norma pada puisi Kota Tayub karya Krisma Dumita Sari. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1(1), 478-494. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1552.

Lubis F., Lubis S. H., Nasution, K. Z., & Putri F. A. (2023). Analisis penggunaan majas yang terrkandung dalam cerpen berjudul “Patah dan rasa yang berdarah” karya Niam Khurotul Asma. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 300-306. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9143.

Maharani, A. (2020). Pemakaian diksi dalam penulisan caption media sosial Instagram. Diksi, 28(2), 179-189. https://doi.org/10.21831/diksi.v28i2.32832.

Manurung, K. (2020). Memaknai kemarahan Allah dari sudut pandang teologi pentakosta di era post moderen. VISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen 2(2), 307-328. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.162.

Maria, P., Jelahu, T. T., Dhana, M. A. (2021). Tanggung jawab sosial gereja dalam mengentaskan kemiskinan. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 7(1), 83-97. https://doi.org/10.58374/sepakat.v7i1.47.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Meliyawati, M., & Sahrudin, A. (2020). Pengaruh model talking stick terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik puisi Ode pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cigeulis. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 157-162. https://doi.org/10.30653/003.201842.58.

Mentari, L., Idham, M., & Herman, R. (2021). Analisis rima dan ritma dalam syair lagu Apache 13. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 59-64. https://doi.org/10.24815/jbs.v15i2.22903.

Mu'izzudin, M. (2022). Analisis makna denotatif dan konotasi linguistik Arab dalam istilah syari’at Islam. (2022). JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(10), 1445-1452. https://doi.org/10.53625/joel.v1i10.2286.

Mukhlis, M. (2020). Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta Pusat: PT. Metaforma Internusa.

Munanar, Q. (2022). Analisis unsur intrinsic novel Hijrah itu Cinta karya Abay Adhitya. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 30-38. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/82.

Musaddat, S., Karma, I. Y., & Dewi, B. J. P. R. (2021). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776-784. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.340.

Mustikasari, R. P. (2021). Kajian stilistika terhadap nilai estetika majas yang berindikasi pendidikan karakter. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 258-268. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.4873.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Nupus, H., Nurhasanah, N., & Astini, B. N. (2019). Alat Permainan edukasi berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru PAUD korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6. https://dx.doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760.

Oktaviana, I. B., Azizah, D. N., Mutammimah, N. I., Prayogi, R. (2022). Analisis gaya bahasa pada puisi Ziarah dan Selamat Tidur karya Joko Pinurbo. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 14(1), 68-78. https://doi.org/10.26594/diglossia.v14i1.3683.

Pawito, P. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.

Prasetyo, R., & Suryani, I. (2018). Kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 296-312. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6763.

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung dalam Menulis Puisi. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMK Setia Darma Palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 381-394. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5120.

Putri, P. N. A., Puspitasari T., & Permana, I. (2019). Analisis puisi heri isnaini †œprangko†dengan pendekatan semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 365-370. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2788.

Putri, S. A. (2023). Tilikan unsur citraan dan majas repetisi pada puisi "Lagu Gadis Italy" karya Sitor Situmorang. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 13-18. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.277.

Rahimah, A. (2017). Citraan dalam puisi Surat Cinta karya WS. Rendra. Jurnal Education and Development, 4(3), 93-103. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/659.

Rahman, N. F., & Fitriyani, A. (2022). Nilai kehidupan pada puisi Derai–Derai Cemara karya Chairil Anwar. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 1(1), 92-97. https://doi.org/10.55606/protasis.v1i1.29.

Romadhon, I. F., & Khoiri, A., A. (2020). Analisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen "عمارة" karya Kamil Kaelani. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 795-806. https://prosiding.arabum.com/index.php/konasbara/article/view/707.

Sabban, M. M. (2019). Unsur intrinsik tema dan amanat dalam novel Mirah dari Banda karya Hanna Rambe. Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 31-40. https://doi.org/10.62176/paradigma.v5i1.118.

Saputro, M. R. A., & Utami, S. (2022). Analisis semantik pada puisi Tak Sepadan karya Chairil Anwar. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 12-21. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i1.13670.

Senja, A., & Nurulanningsih, N. (2024). Sudut pandang dalam kumpulan cerpen kabut di teras senja karya Sutini dan implikasi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pena literasi, 7(1), 51-60. https://doi.org/10.24853/pl.7.1.51-60.

Septi, E., Laila, A., Tatalia, R. G. (2022). Pembinaan menulis karya sastra (puisi) sebagai kegiatan ekstrakurikuler secara daring di SMK Kartini Batam. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.246.

Setiawan, K. E. P., & Andayani, A. (2019). Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi Teori Semiotika Michael Riffaterre dan Penerapannya. Jawa Barat: Eduvision.

Sidiqin, M. A., & Ginting, S. U. B. (2021). Kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 60-65. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458.

Suminar, D. (2019). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774-783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5886.

Tsabit, D., Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Analisis pemahaman konsep IPS materi kegiatan ekonomi menggunakan video pembelajaran IPS sistem daring di kelas IV 3 SDN Pakujajar CBM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 76-89. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2917.

Tyasrinestu, F. (2019). Bernyanyilah anak Indonesia: Lagu sebagai sarana untuk membantu perkembangan anak. Sleman: PT. Kanisius.

Ula, W. R. R. (2021). Dampak kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Tunas Nusantara, 3(1), 290-298. https://doi.org/10.34001/jtn.v3i1.2140.

Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran digital dalam pembelajaran menulis puisi di era merdeka belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5(1), 42-57. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v5i1.7914.

Utama, S. S., Kurniawan, M. S., Destyawan, R. A., & Suryanto, E. (2023). "Analisis struktural dalam puisi Gugur Bunga karya Pratiwi Yulia Saputri". Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 283-298. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1629.

Utami, S., & Aloysia, D. A. M. L. (2022). Majas dalam Puisi dan lagu karya Fiersa Besari. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 86-107. http://doi.org/10.25273/linguista.v6i2.12580.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.

Wati, N. M. A. S. (2020). Analisis struktur karya sastra cerpen Punyah karya I Gede Bayu Kusuma. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28073.

Wijayanti, A. Y. (2019). Terampil Membaca dan Menulis Puisi. Jawa Barat: Guepedia.

Yusniar, Y., & Wiranda, M. W. (2021). Struktur puisi dalam kumpulan puisi sesudah zaman Tuhan dan pembelajarannya di SMP. Dialektologi, 6(02), 69-85. https://doi.org/10.52237/dialektologi.v6i02.315.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.