Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Janji untuk Ibu Karya Dewi Mahardhika Sari dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan

Anggraeni Meilani Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Unsur intrinsik adalah elemen-elemen yang disusun untuk menjadi struktur dan menghasilkan karya sastra. Cerpen adalah jenis karya sastra yang sikat dan berdiri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Janji untuk Ibu Karya Dewi Mahardhika Sari dalam antologi Butir-butir Kenangan. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, libat, dan catat, menggunakan teknik analisis Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian analisis unsur intrinsik cerita pendek Janji untuk Ibu Karya Dewi Mahardhika Sari dalam antologi Butir-butir Kenangan yaitu sebagai berikut 1) tema kesadaran dan penyesalan, 2) tokoh atau penokohan terdiri dari 1 tokoh protagonis yaitu aku, 3 tokoh tritagonis yaitu hasan, ibu, dan riski, serta 1 tokoh antagonis yaitu selvi, 3) alur cerita yang digunakan merupakan alur maju, 4) latar tempat yang digunakan adalah kamar, dan ruang BP, latar waktu malam haridan pagi hari, dan latar suasana sedih, 5) gaya bahasa yang digunakan yaitu gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan sindiran, 6) sudut pandang yang dipilih penulis adalah sudut pandang orang pertama, 7) amanat yang dapat diambil dalam cerpen Janji Untuk Ibu karya Dewi Mahardhika Sari dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan menyangkut tentang arti penghargaan dan rasa syukur terhadap perjuangan dan pengertian orangtua. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 unsur intrinsik pada cerita pendek Janji untuk Ibu Karya Dewi Mahardhika Sari dalam antologi Butir-butir Kenangan.
Kata kunci—antologi, cerpen, unsur intrinsik.

abstract— Intrinsic elements are elements that are arranged to structure and produce a literary work. Short stories are a type of literary work that is brush and stand alone. This research aims to analyze the intrinsic elements of the short story Janji untuk Ibu by Dewi Mahardhika Sari in the anthology Butir-butir Kenangan. The method used is a qualitative method, data collection techniques using listening, engaging, and recording techniques, using Milles and Huberman analysis techniques, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing, and data validation techniques using triangulation techniques. The results of the research on the analysis of the intrinsic elements of the short story Janji untuk Ibu by Dewi Mahardhika Sari in the anthology of Butir-butir Kenangan are as follows 1) the theme of awareness and regret, 2) the character or characterization consists of 1 protagonist namely me, 3 tritagonist characters namely hasan, mother, and riski, and 1 antagonist character namely selvi, 3) the storyline used is a forward plot, 4) the setting used is the room, and the BP room, 5) the language style used is the language style of comparison, opposition, linkage, and innuendo, 6) the point of view chosen by the author is the first person point of view, 7) the mandate that can be taken in the short story Janji Untuk Ibu by Dewi Mahardhika Sari in the Anthology of Short Stories of Grain of Memories concerns the meaning of appreciation and gratitude for the struggle and the struggle of the mother. The conclusion in this study is that there are 7 intrinsic elements in the short story Janji untuk Ibu Karya Dewi Mahardhika Sari in the anthology Butir-butir Kenangan.
Keywords- anthology, short story, intrinsic elements.

Keywords


anthology, short story, intrinsic elements

Full Text:

PDF

References


Arfianti, I. (2020). Pragmatik teori dan analisis. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Aryani, R. (2019). Kajian Neurosis Tokoh dalam Novel Koma (Cinta Tanpa Titik) Karya Mercy Sitanggang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 148-158. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4296.

Ate, C. P., & Lawa, S. T. N. (2022). Analisis unsur intrinsik novel Ayah karya Andrea Hirata. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.37792/hinef.v1i1.390.

Azwardi. (2018). Metode penelitian pendidikan bahasa & sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Bitti, D. (2018). Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Mappakasunggu Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, FBS). http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7432.

Budiarto, E. (2002). Biostatistika. Jakarta: EGD.

Chackrawati, F. (2020). Asyiknya menulis. inpublisher Bhuana Ilmu Populer.

Christin. M., Obadyah. A. B., & Ali. D. S. F. (2021). Transmedia storytelling. Indonesia: Syiah Kuala University Press.

Damayanti, D., Juangsih, M., Sukandar, A., & Kartini, L. (2009). Ringkasan materi & latihan soal-soal UN ujian nasional SMP 2010. Jakarta Selatan: Cmedia.

Dewita, S. (2024). Ayo menulis cerpen panduan praktis menulis cerita pendek bagi pelajar. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka.

Fitria, A. D., & Rahmawati, E. (2006). Be smart bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Gasong, D., (2019). Apresiasi sastra Indonesia.Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Genesis, T. S. (2017). Top modul: Lulus UN SMP MTs 2018. Yogyakarta: Genesis lerning.

Hariyanto, F. D. (2014). Pengembangasn bahan ajar menulis cerita pendek dengan teknik peta pikiran bagi siswa SMA kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P., (2022). Think pair share solusi memahami unsur pemmbangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Husaini, F. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Jauhari, H. (2013). Terampil mengarang dari persiapan hingga presentasi dari opini hingga sastra. Bandung: nuansa Cendekia.

Jauhari, H. (2023). Terampil mengarang dari persiapan hingga presentasi, dari opını hingga sastra. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Kafrawi, M., & Evizariza, E. (2021). Pelatihan menulis cerita pendek untuk komunitas gemar menulis Desa Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti. BIDIK: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 48-52. https://doi.org/10.31849/bidik.v2i1.8190.

Kerti, I. W. (2020). Mengenali dan menuliskan ide menjadi cerpen. Bali: Surya Dewata.

Khaerunnisa, (2023).Menyelami Dunia Sastra Anak. Indonesia : Penerbit K-Media.

Khairani, R. P. Y., Putri, T., & Syahputra, E. (2022). Analisis gaya bahasa dalam cerpen yang berjudul “Banun” karya Damhuri Muhammad. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 223-226. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2522.

Khairozi, R. (2015). Sikat habis semua soal. Jakarta: Bmedia Imprint Kawan Pustaka.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Kusmayadi, I, dkk. (2008). Be smart bahasa Indonesia. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Kusmayadi, I. (2007). Think smart bahasa Indonesia untuk kelas XII SMA/MA program bahasa. Bandung: Grafindo media pratama.

Lauma, A. (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek †œprotes†karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.

Lestari, M. L., Arianingsih, A., & Febrianty, F. (2017). Hubungan aspek sosiologi pengarang dengan unsur intrinsik dalam novel Nijuushi no hitomi. Janaru Saja: Jurnal Program Studi Sastra Jepang (Edisi Elektronik), 6(2), 66-76. http://ojs.unikom.ac.id/index.php/janarusaja/article/view/579.

Linawati, A., Fitonis, T. V., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis kalimat berdasarkan tata bahasa struktural dalam cerita pendek berjudul robohnya surau kami karya AA Navis: Sentence analysis based on structural grammar in a short story entitled the collapse of our surau by AA Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138-152. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119.

Mardawani. (2020). Praktis penelitian kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: Thalibul Ilmi.

Nurhayati, E., & Soleh, D. R. (2022). Pembelajaran menulis cerpen dengan metode discovery learning dan media lagu pada siswa SMPN 3 Madiun. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 3(2), 74-80. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/.

Pahlieviannur, R. dkk. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: CV Pradian Putra Grup.

Permana, A., Juwita, L., & Zenab, A. S. (2019). Analisis unsur intrinsik novel menggapai matahari karya Dermawan Wibisono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 21-26. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2336.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222. https://karya.brin.go.id/16080/1/Jurnal_Ai%20Purnamasari_Institut%20Pendidikan%20Indonesia%20Garut_2021.pdf.

Rachmat, E. (2019). Explore Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Duta.

Rahmawati, L.E., Huda, M. (2022). Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rianto, T. (2019). Cepat Menguasai Soal. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rosid, A. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai Didaktis Cerita Pendek Dalam Antologi “Kupu-Kupu Bersayap Gelap” Karya Puthut Ea Dengan Menggunakan Pendekatan Struktural Sebagai Alternatif Bahan Ajar Cerita Pendek Di Sma Kelas Xi (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi). https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7412.

Rossalia, D., Fatin, I., Yunianti, S., Danti, A. E., Furqaani, A. R., Khairunnisa, A., Razi, M. A., Asegaf, R., Hasanah, R. U., Nurasiawati, S. N. S. S., Muharam, T. M., & Saadah, Z. (2018). Master kisi-kisi UN SMA/MA IPA 2019 sistem UNBK + UNKP. Jakarta: Cmedia.

Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif edis revisi. Takalar: Jakad Media Publishing.

Sabban, M. M. (2019). Unsur intrinsik tema dan amanat dalam novel Mirah dari banda karya Hanna Rambe. Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 31-40. https://doi.org/10.62176/paradigma.v5i1.118.

Saleh, C. (2013). Pengembangan kompetensi sumber daya aparatur. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Samsuddin, S. (2019). Buku ajar pembelajaran kritik sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Supriatin, E. S. (2020). Kajian makna puisi keagamaan. Bogor: Guepedia.

Khairani, R. P. Y., Putri, T., & Syahputra, E. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerpen Yang Berjudul “Banun” Karya Damhuri Muhammad. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 223-226. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2522.

Sutarni, S. & Sukardi. (2008). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia.

Syahidan, E. (2019). Keterampilan menulis dalam cerita pendek. https://osf.io/preprints/inarxiv/z8e9h/.

Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca teks cerita pendek dengan menggunakan metode talking stick pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.

Tari, N., & Safitri, N. P. D. (2019). Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek bagi mahasiswa kursus jurusan Akomodasi di akademi komunitas MAPINDO tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(2), 113-121. http://dx.doi.org/10.37484/jmph.030205.

Triyono, A., Prabowo, P., & Utomo, I. B. (1997). Sastra Jawa modern periode 1945-1965. Jakarta Timur: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Untoro, J., Fahamsyah, S., & Endro, W. (2010). Sukses UASBN SD/MI 2011. Jakarta Selatan: Wahyu media.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan dialek Semarang di perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4253.

Wahyu, N. T. (2023). Menulis cerpen itu asyik. Ponorogo: Uwais inspirasi indonesia.

Wahyuni, U., & Manullang, R. (2021). Latar cerita dalam novel senja yang tak tergantikan karya Rahma Yuniarsih. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 289-293. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v5i2.276.

Waridah, E., Rukmona, T., & Permana, R. N. (2012). Buku pintar UNSD ujian nasional 2012. Jakarta Selatan: Penerbit Cmedia.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wijaya, U. H. (2020). Analisis data kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.