Eksplorasi Kearifan Lokal melalui Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Dina Mariana

Abstract


abstrak—kearifan lokal melalui etnomatematika berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Konsep etnomatematika yang digunakan dapat disesuaikan dengan budaya lokal yang ada di daerah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bentuk eksplorasi dan efektivitas kearifan lokal dalam pembelajaran dan korelasinya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan sumber data sekunder. Adapun acuan dalam penelitian ini adalah enam artikel hasil penelitian yang terkait dalam rentang waktu 2 tahun terakhir. Hasil yang didapatkan adalah terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada semua penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah eksplorasi kearifan lokal melalui etnomatematika pada pembelajaran matematika terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci—kearifan lokal, etnomatematika, matematika, hasil belajar

abstract—Local wisdom through ethnomathematics plays an important role in improving student learning outcomes in mathematics learning. The ethnomathematics concept used can be adapted to the local culture in the area. The purpose of this research is to examine the form of exploration and effectiveness of local wisdom in learning and its correlation with student learning outcomes. This research uses a literature study method with secondary data sources. The references in this study are six articles of related research results within the last 2 years. The results obtained were a significant increase in learning outcomes in all studies. The conclusion of this study is that the exploration of local wisdom through ethnomathematics in mathematics learning has proven effective in improving student learning outcomes.
Keywords—local wisdom, ethnomathematics, math, learning outcomes

Keywords


local wisdom, ethnomathematics, math, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2846813&val=13953&title=Metode%20Penelitian%20Kualitatif%20Studi%20Pustaka.

Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45-54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3910.

Arif, S., & Mahmudah, U. (2022). Etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran dalam mengintegrasikan nilai kearifan lokal dan konsep matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 6(2), 167-177. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i2.1041.

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-lkpd interaktif berbasis etnomatematika jejahitan Bali pada materi bangun datar kelas iv sd. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 94-104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.

Fitri, R. S. (2024). Penerapan relistic matematics education untuk meningkatkan belief matematika di sekolah dasar. Scientificum Journal, 1(1), 9-15. https://doi.org/10.37985/sj.v1i1.2.

Harahap, R. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika smp berbasis kearifan lokal di sekolah menengah pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259-1270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884.

Hardiyansyah, W., Turmuzi, M., & Nurmawanti, I. (2024). Efektifitas pembelajaran etnomatematika “permainan sampat” terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ii SDN 2 Kekeri. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 412-418. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2076.

Hidayah, A., & Fiangga, S. (2024, January). Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri melalui pendekatan sejarah matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa. In prosiding seminar nasional penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SNPP), 3(1), 173-184. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/6985.

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi pendahuluan hubungan korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7-11. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/1826.

Lyany, E. G., Dominikus, W. S., & Udil, P. A. (2023). Pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii SMPK Sta. Theresia Lamahora. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(2), 67-76. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss2year2023page67-76.

Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. D. M., & Turmudi, T. (2023). Analisis bibliometrik: tren penelitian etnomatematika dalam pembelajaran matematika di indonesia (2017–2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267-279. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (the impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26-32. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514.

Nuraini, L., & Setyowati, F. (2023). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2), 133-144. https://doi.org/10.35878/guru.v3i2.886.

Nurani, U. (2020). Pengelolaan Kelas Guru Dalam Pembelajaran Matematika. Repositori Universitas Islam Malang. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/912.

Rosaria, F. I., & Dewi, F. P. U. (2022). Matematika dan tata bahasa: analisis filsafat matematika dan penerapannya dalam pembelajaran matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5(1), 36-43. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54337.

Saputri, L., Destiniar, D., & Murjainah, M. (2022). Pengembangan lkpd berbasis kearifan lokal dengan pendekatan pmri untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2949-2961. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1664.

Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya meningkatkan belajar matematika melalui e-lkpd interaktif muatan matematika materi simetri lipat dan simetri putar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 164-173. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561.

Saubaki, E. A., Leton, S. I., & Aleksius, M. (2024). Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 475-486. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3633.

Simbolon, A. K. (2024). Analisis kebutuhan bahan ajar matematika siswa smp kelas viii. Nusantara Hasana Journal, 3(12), 21-29. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/1126.

Surya, S., & Napfiah, S. (2023). Studi etnomatematika: bangun datar pada motif seni rumah budaya sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 102-111. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/2766.

Widiyasari, R., Astriyani, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal dengan pendekatan pmri. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/19415.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.