Analisis Unsur Intrinsik Puisi Fatamorgana Karya Siti Laiya

Tri Inayah Maula, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak- Unsur intrinsik puisi merupakan salah satu bentuk kesusastraan paling kuno dengan susunan kata yang indah yang menggambarkan ekspresi dan perasaan seseorang penyair dan menggunakan unsur pembangunnya seperti tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, pewajahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis puisi Fatamorgana. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kata, frasa, dan klausa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta menggunakan konten analisis isi dari Milles Huberman. Hasil dalam penelitian yaitu analisis unsur intrinsik puisi Fatamorgana karya Siti Laiya terdiri dari 1) Tema pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya 2) Gaya Bahasa pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya 3) Diksi pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya 4) Rima pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya 5) Amanat pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya 6) Sudut Pandang pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya 7) Tipografi pada puisi Fatamorgana karya Siti Laiya.
Kata Kunci— Puisi, Unsur Intrinsik puisi, Puisi Fatamorgana karya Siti Laiya


abstract— The intrinsic elements of poetry are one of the most ancient forms of literature with beautiful words that describe the expression and feelings of a poet and use elements such as theme, diction, language style, imagery, structure, coloring. The purpose of this study is to determine the results of the analysis of Fatamorgana poetry. The method used in this research is qualitative research. The data source used in this research consists of words, phrases, and clauses. The data collection technique in the research uses the techniques of listening, noting, and engaging, and uses the content analysis content of Milles Huberman. The results in the study are the analysis of the intrinsic elements of Fatamorgana poem by Siti Laiya consisting of 1) Theme in Fatamorgana poem by Siti Laiya 2) Language Style in Fatamorgana poem by Siti Laiya 3) Diction in Fatamorgana poem by Siti Laiya 4) Rhyme in Fatamorgana poem by Siti Laiya 5) Mandate in Fatamorgana poem by Siti Laiya 6) Point of View in Fatamorgana poem by Siti Laiya 7) Typography in Fatamorgana poem by Siti Laiya.
Keywords— Poetry, Intrinsic Elements of poetry, Fatamorgana Poem by Siti Laiya

Keywords


Poetry, Intrinsic Elements of poetry, Fatamorgana Poem by Siti Laiya

Full Text:

PDF

References


Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode penelitian kualitatif: panduan praktis untuk analisis data kualitatif dan studi kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan program pembelajaran tematik terpadu bagi guru-guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 22-32. https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.458.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Amral, S., & Azlin, N. (2021). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.202.

Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan kolaborasi metode SSCS dan media audio visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 201-212. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.201-212.2020.

Anwar, M. S., Sasongko, S. D., & Kasanah, U. (2023). Ekspresi sufistik dalam pemanfaatan bentuk puisi-puisi Abdul Hadi WM. Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 17-38. https://doi.org/10.25139/fn.v6i1.5968.

Aprilianingrum, L. F., Asri, S. A., & Dwiprabowo, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keterampilan menulis puisi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III 1(1), 376-384. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1321.

Aprilyana, N., & Sulistyono, Y. (2022). Analisis unsur intrinsik dan kohesi leksikal repetisi pada cerpen “Tato, Ciuman, & Sebuah Nama” Karya Yetti A. Ka. Jurnal Konsepsi, 11(2), 223-232. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i03.8230.

Awalludin, A., Sanjaya, M. D., & Sevriyani, N. (2020). Kemampuan dan kesulitan siswa kelas VIII mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 38-47. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2284.

Cholifah Tur Rosidah, S. P., Azmy, B., & Hanindita, A. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dewi, N. (2016). Analisis terhadap sastra yang bersikap mempertahankan alam. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra 15 (1), 19-37. https://doi.org/10.14421/ajbs.2016.15102.

Efsa, N. W. (2015). Manifestasi ideologi romantik dalam puisi-puisi Acep Zamzam Noor. LITERA, 14(1), 1-7. https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4417.

Fadil, M. D. D. (2013). Motivasi Pengarang Terhadap Novel Orang Miskin Dilarang Sekolah Karya Wiwid Prasetyo (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra). Suluk Indo, 2(3), 14-25. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/sulukindo/article/view/2659.

Faizi, N., Hadi, S., & Thoyyib, T. (2014). Bentuk repetisi linguistik dalam Al-Quran. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 9(1), 31-40. https://doi.org/10.18860/ling.v9i1.2555.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 141-161. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1386.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Gloriani, Y., & Novia, T. (2012). Analisis diksi, rima, dan gaya bahasa pada puisi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 18-22. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v1i1.143.

Gunawan, D. E. K., & Prijadi, R. (2011). Reaktualisasi ragam art deco dalam arsitektur kontemporer. Media matrasain, 8(1), 34-42. https://doi.org/10.35792/matrasain.v8i1.315.

Gorys Keraf, D. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.

Handono, Y. P. (2019). Gaya bahasa komentator dalam akun instragram “Mimi Peri Rapunchelle”. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya 2(2), 97-105. http://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3697.

Hawari, A., & Adek, M. (2022). Struktur dan funsi sosial pantun pernikahan di Pasaman Barat. Lingua Susastra, 3(1), 11-23. https://doi.org/10.24036/ls.v3i1.88.

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning. Analisis pendidikan dan sastra, 1 (1), 9-18. https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/7.

Hidayati, L. F., Ningrum, A. A., Utami, G. R., Haibah, Z., Fatmasari, D., Ningrum, W., & Utomo, A. P. Y. (2024). Analisis tindak Tutur direktif dan ekspresif dalam teks ceramah pada Buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 45-67. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.718.

Hilmi, M. (2022). Buku ajar pengantar desain komunikasi visual. Penerbit NEM.

Isnaini, H. (2014). Menelusuri "Cinta" melalui penggunaan mantra: tinjauan terhadap puisi "mantra orang Jawa" yang ditulis oleh Sapardi Djoko Damono dan "Mantra Lisan". Semantik 3 (2), 158-177. https://doi.org/10.22460/semantik.v3i2.p158%20-%20177.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.

Kharisma, G. I., & Meiarni, I. (2020). Analisis kesalahan berbahasa mahasiswa dalam penyajian makalah diskusi kelompok. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(3), 181-198. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i3.2880.

Lauma, A. (2017). Kajian unsur intrinsik dalam cerita pendek "Protes" oleh Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 1 (5). 147-166. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.

Launjaea, L. (2024). Pengaruh deklamasi puisi dalam pemahaman makna puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) 14 (1), 16-20. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017.

Nisa, K. (2018). Analisis kekurangan bahasa dalam laporan berita di koran Sinar Indonesia Terkini. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Nouvaliano, F. F. (2021). Persepsi siswa terhadap media televisi sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI)(Studi Kasus di SMAN 8 Bogor). Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 5(2), 28-34. https://doi.org/10.32832/komunika.v5i2.5608.

Nurhasanah, E. (2018). Pemanfaatan karya Endah sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia. Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 11 (1), 23-26. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.26.

Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795.

Prastya, A., Kurnita, T., & Fitri, A. (2017). Analisis Koreografi Tari Kreasi Jameun di Sanggar Rampoe Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik, 2(1). https://jim.usk.ac.id/sendratasik/article/view/5594.

Prayogi, I., & Oktavianti, I. N. (2020). Mengenal metafora dan metafora konseptual. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 64-69. https://doi.org/10.26877/sasindo.v8i1.6807.

Purwati, P., Rosdiani, R., Lestari, R. D., & Firmansyah, D. (2018). Menganalisis gaya bahasa metafora dalam novel “laskar pelangi” karya andrea hirata. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 291-302. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/598.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rustan, S. (2013). Font and tipografi. Gramedia Pustaka Utama.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Salam, O. D. (2020). Personal branding digital natives di era komunikasi media baru (analisis personal branding di media sosial instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 2(1), 19-30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070.

Saputra, N., Misnawati, M., Muslimah, S., Anwarsani, A., Rahmawati, S., & Salwa, N. (2023). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerita Rakyat Oleh Siswa Kelas X SMAN I Damang Batu Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 33-51. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.72.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra 7 (1), 96-114. https://journal.unas.ac.id/index.php/pujangga/article/download/1170/970.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Matematika Suska, 4(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057.

Supriatin, E. S. (2020). Kajian makna puisi keagamaan (Metode Hermeneutika). SPASI MEDIA.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Tumewan, P. C., Sojow, L., & Kaparang, D. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran tutorial desain komunikasi visual di SMK Negeri 3 Tondano. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 25-38. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.996.

Wilianti, R., Mursalim, M., & Arifin, S. (2018). Analisis diksi puisi "Wajah negeri kita" M. Anwar MH. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(3), 286-292. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v2i3.1034.

Wulansari, D. (2017). Pemanfaatan gambar dalam pengajaran membuat puisi bagi siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (2), 230-232. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.