Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Rahasia Rasa Karya Risma Lu’lu’ Az-Zahra dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Rindu Ajeng Pramesti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Unsur intrinsik yaitu unsur yang dibangun dari dalam cerita itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Rahasia Rasa karya Risma Lu’lu’ Az-Zahra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta teknik analisis data pada penelitan ini menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman, serta teknik validasi data menggnakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu analisis unsur intrinsik cerita pendek Rahasia Rasa karya Risma Lu’lu’ Az-zahra terdiri dari 1) Tema pada cerpen ini yaitu perjalanan mencari cinta sejati 2) Tokoh yang terdapat pada cerpen ini yaitu Meyra, Tiara, Raka, Pak Roy dan Pak Rendy 3) Alur pada cerpen ini yaitu alur maju 4) Latar yang digunakan pada cerpen ini yaitu lingkungan perkuliahan dan rumah sakit 5) Gaya Bahasa pada cerpen ini menggunakan gaya bahasa perbandingan 6) Sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang pertama 7) Amanat pada cerpen ini yaitu tentang pentingnya suatu kesetiaan, kejujuran dan ketulusan dalam sebuah hubungan. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 analisis unsur intrinsik cerita pendek Rahasia Rasa karya Risma Lu’lu’ Az-Zahra.
Kata kunci—antologi, cerpen, unsur intrinsik

abstract— Intrinsic elements are elements that are built from within the story itself. This study aims to determine and analyze the intrinsic elements of the short story Rahasia Rasa by Risma Lu'lu' Az-Zahra. This research uses qualitative methods, data collection techniques used in this study using listening, recording, and involvement techniques, and data analysis techniques in this research using content analysis content from Milles and Huberman, and data validation techniques using triangulation techniques. The results of this study are the analysis of the intrinsic elements of the short story Rahasia Rasa by Risma Lu'lu' Az-zahra consisting of 1) The theme used in this short story is a journey in search of true love 2) The characters in this short story are Meyra, Tiara, Raka, Mr. Roy and Mr. Rendy 3) The plot in this short story is a forward plot 4) The setting used in this short story is the lecture environment and the hospital 5) The language style in this short story uses a comparative language style 6) The point of view used is the first person point of view 7) The mandate in this short story is about the importance of loyalty, honesty and sincerity in a relationship. The conclusion in this study is that there are 7 analyzes of the intrinsic elements of the short story Rahasia Rasa by Risma Lu'lu' Az-Zahra.
Keywords-anthology, short story, intrinsic elements

Keywords


anthology, short story, intrinsic elements

Full Text:

PDF

References


Anantama, M. D., & Yanti, Y. (2023). Unsur pembangun prosa. Yogyakarta: Selat Media.

Amral, S., & Azlin, N. (2021). Amanat pada kumpulan cerita rakyat Kerinci sakunung-sakunung ninau di desa Pulau Tengah kabupaten Kerinci. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.2022.

Ariyani, W. (2019). Analisis kesalahan matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita luas permukaan dan volume bangun ruang (kubus dan balok) berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Pediamatika, 1(1), 55-64. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat.

Aswadi, D & Lismayanti, H. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan karakter anak di era milenial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.

Aunillah, E., I. (2022). Guru mahir menulis kreatif. Yogyakarta: Araska Publisher.

Ayu, N. S., Susanto, A. E. R., & Muhaqiqin, M. (2022). Rancang bangun website sistem informasi manajemen sewa lapangan futsal studi kasus damai futsal Lampung. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 1-6. https://doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.1548.

Darmayanti, N., Hidayati, N., Hartati, D. (2008). Persiapan un bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Darmayanti, N., Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Grafindo Media Pratama.

Dewi, A., C. (2023). Menulis kreatif. Bandung: Indonesia Emas Group.

Fatin, I., & Camelia, M. (2017). New edition big book bahasa Indonesia SMP kelas VII, VIII & IX. Jakarta: Cmedia.

Gowasa, H. S. Y. (2024). Amanat yang terkandung dalam novel “catatan hati seorang ayah“karya Rembulan Ratri. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1), 236-247. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i1.1241.

Hamzah, R. (2019). Nilai-nilai kehidupan dalam resepsi Masyarakat. Cianjur: Pusat Studi Pemberdaya Informasi Daerah.

Harahap, R., Satrio, Y., Abdillah, M. (2022). Analisis novel: marmot merah jambu. Bogor: Guepedia.

Herawati, H. (2019). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Hilmi, H. S., & Sultoni, A. (2019). Potret kemiskinan dalam kumpulan cerita pendek tawa gadis padang sampah karya Ahmad Tohari. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 17(1), 15-26. https://doi.org/10.26499/mm.v17i1.2292.

Kerti, W., I. (2020). Mengenali dan menuliskan ide menjadi cerpen. Bali: Surya Dewata.

Krishna, I. B., W., Yogiswari, K.S. (2021). Bhuwana Sanksepa. Bali: Nilacakra.

Kusmiyadi, I., Fitria,D.,A., Rahmawati, E. (2008). Be smart bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kusrini, I.A. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Kusrini, I.A. (2008). Bahasa Indonesia 3. Banyumas: Quadra.

Kusumawardhani, N. (2021). Aku (tidak) menyerah. Jakarta: Gramedia.

Nasution, F., Nuramanah., Muna, R., Uslifatunisa., Rahayu, L.S., Widiey, A., Nurfadhilah, A., Rachel, L., Azkiyah, A., Triayuni, N. G. A. K., Dewi, Y., Riztianjani, P. M., Resmiati, J., Salsabila, D. R., Romadoni, N., Musthofa, H. (2021). Semua bisa jadi penulis. Bogor: Guepedia.

Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: Thalibul ilmi Publishing & Education.

Nora, Y. E. (2018). Warna Lokal dalam Cerpen Sebambangan Karya Budi P. Hatees dan Rancangan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32596.

Nurhasanah, E. (2018). Analisis Unsur Ekstrinsik Novel “Merry Riana-Mimpi Sejuta Dolar’’. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 23-26. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.26.

Nurhayati, S. (2021). Cerita pendek dan cerita fantasi. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Nurmalia, L. (2023). Bahasa dan sastra di sekolah dasar. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Maryani, I. (2023). Peningkatan kemampuan menyampaikan pesan dalam cerita rakyat melalui teknik tugas menyalin berbasis LKPD berpendekatan individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 181-190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249.

Muliana, I. K. E. (2020). Unsur Intrinsik Cerpen “Dedosan”. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 71-80. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28071.

Munaris, Yanti, Y., Anantama, M. D. (2023). Unsur pembangun prosa. Yogyakarta:Selat Media Patners.

Musdalifah, A. (2017). Menekan Angka Kematian Ibu. Yogyakarta: Samudra Biru.

Pitaloka,A., Sundari,A. (2020). Seni mengenal puisi. Bogor: Guepedia.

Prastowo, A. 2017. Menyusun rencana pembelajaran (rpp) tematik terpadu implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.

Purwanto, R., Retnowati, E., Sofyan, F., Dewi, N. K., Yestina, R., Daniati, I. (2018). Top one bedah kisi-kisi terlengkap UN-USBN SMP/MTS 2019. Jakarta: Bintang Wahyu.

Rachmat, E. (2019). Explore bahasa Indonesia jilid 3. Bandung: Penerbit Duta.

Rafiqa, S. (2021). Penokohan dalam cerita rakyat (perspektif linguistik sistemik fungsional). Tarakan: Syiah Kuala University Press.

Regandhi, A. (2024). Cerita pendek. Bandung: Indonesia Emas Group.

Rimawan, I., Purba, A., W., Oktaviana, K. (2022). Bahan ajar untuk tingkat SMA pelajaran bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.

Rohman, S. (2019). Pembelajaran cerpen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rosidah, C., T., Azmy, B., Hanindita, A., W. (2022). Pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Rukin. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Setiawan, A. (2019). Ayo menulis cerpen pelajar penggungah jiwa. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setyaningrum, R. A., Dewi, R. P. (2022). Menulis kreatif konteks Bahasa Indonesia. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Sujarwanto. (2021). Solusi memahami unsur pembangun cerpen. Lombok: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Sulistyanto, A., Istami, D., Yuniati, S. (2021). Tiga jurus mudah menulis. Bogor: Guepedia.

Sumiyadi. (2023). Pembelajaran cerpen dengan strategi dimensi literasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Digital.

Supeni, M. (2021). Menuju cerpenis andal. Lombok tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sutarni, S., Sukardi. (2008). Bahasa Indonesia 1 SMA kelas X. Jakarta Timur:Quadra.

Tsabit, D., Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Analisis pemahaman konsep IPS materi kegiatan ekonomi menggunakan video pembelajaran IPS sistem daring di kelas IV 3 SDN Pakujajar CBM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 76-89. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2917.

Tukan, P. (2006). Mahir berbahasa Indonesia 2. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia.

Yustinah, Iskak., A. (2006). Bahasa Indonesia. Jakara: Penerbit Erlangga.

Zulkifli, Utari, N. (2022). Semua bisa pintar. Jakarta: Wahyu Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.