Analisis Kritik Sosial pada Buku Kumpulan Puisi “INDOSATIRE” Karya Sofi Nurhidayat

Annisatun Azizah Maahayyu Dianti, Auliya Zahidah, Fina Fina, Arman Zufar, Rosyid Nazaruddin, Nurul Setyorini

Abstract


abstrak—Salah satu keunikan dari buku antologoi puisi ini adalah isinya yang kaya akan persoalan sosial yang seringkali diabaikan atau tidak diberi perhatian yang cukup dalam kehidupan sehari-hari. Dalam antologi puisi ini terdapat wawasan tentang dinamika sosial yang terjadi di sekitar kita dan merangsang pemikiran kritis terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengulik lebih jauh mengenai refleksi atau cerminan dalam antologi puisi “INDOSATIRE DOR...DOR...DOR PARA KORUPTOR TOR...TOR...TOR DIA DIBORGOL” dengan ditinjau menggunakan teori sosiologi sastra dari Wallek and Warren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan bentuk kritik sosial dalam puisi. Hasil dan pembahasan dari anlisis yang telah dilakukan pada buku antologi puisi berjudul “Indosatire” karya Sofi Nurhidayat yaitu membahas dinamika sosial dalam puisi yang berjudul Kemiskinan, Cinta Tak Buta, Kita yang di Sini, Semeruku, dan Aku seperti Koruptor Indonesia. Pada puisi Sofi Nurhidayat menggambarkan penderitaan, ketidakadilan, dan kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang miskin, sehingga memberikan sudut pandang yang berbeda dan empati terhadap kondisi tersebut.

Kata kunci—puisi, kritik, sossial

 

Abstract—One of the unique things about this poetry anthology book is that its content is rich in social issues that are often ignored or not given enough attention in everyday life. In this poetry anthology there is insight into the social dynamics that occur around us and stimulate critical thinking about various problems faced by society. The purpose of this research is to explore further the reflections in the poetry anthology "INDOSATIRE DOR...DOR...DOR PARA KORUPTOR TOR...TOR...TOR DIA DIBORGOL" by reviewing it using the sociological theory of literature from Wallek and Warren. This research uses a qualitative descriptive method by describing forms of social criticism in poetry. The results and discussion of the analysis carried out in the poetry anthology book entitled "Indosatire" by Sofi Nurhidayat discuss social dynamics in the poems entitled Poverty, Love is Not Blind, We are Here, Semeruku, and I am like an Indonesian Corruptor. Sofi Nurhidayat's poetry describes the suffering, injustice and difficulties faced by poor people, thereby providing a different perspective and empathy for these conditions.

Keywords poetry, critism, social


Keywords


poetry, critism, social

Full Text:

PDF

References


Fatmah, A., & Devi, W. S. (2022). Kritik sosial dalam antologi puisi Ws Rendra: Kemiskinan dan Kepemerintahan. In prosiding SAMASTA: Seminar Bahasa dan Ssatra Indonesia, 86-93. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/86-93.

Nurhidayat, Sofi. (2022). INDOSATIRE DOR...DOR...DOR PARA KORUPTOR TOR...TOR...TOR DIA DIBORGOL. Deepublish (CV Budi Utama)

Pramestie, H. R., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Analisis buku puisi “Perjamuan Khong Guan” karya Joko Pinurbo: Kajian sosiologi sastra. Diklastri: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 2(1), 23-36. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/290.

Rohma, W. S. T., & Qur'ani, H. B. (2022). Kritik sosial dalam puisi “Berikan Aku Keadilan” karya Fitri Nganthi Wani dan relevansinya dalam pembelajaran sastra. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(2), 244-257. https://doi.org/10.26499/jentera.v11i2.3361.

Utamie, Z. R., & Singgih, M. (2021). Analisis kritik sosial dalam antologi puisi Potret Pembangunan karya Ws Rendra. KSATRA: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 3(1), 1-10. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2990515.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.