Memahami Materi Faktor dan Kelipatan di Sekolah Dasar

Marsellida Nely Noviati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Faktor dan kelipatan sangat penting dikenal oleh siswa di sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam matematika tingkat dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) yaitu dengan 1) merumuskan masalah, 2) pengumpulan data, 3) mengevaluasi data, 4) menganalisis data, 5) menyajikan hasil. Teknik dalam mengumpulkan data menerapkan teknik simak, catat, libat. Teknik dalam validasi data menerpakan teknik tringulasi data sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa menentukan faktor dan kelipatan dapat menggunakan cara 1) metode faktorisasi prima (pohon faktor), 2) metode tabel, 3) contoh soal mengenai faktor dan kelipatan. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat dua cara dalam menentukan faktor dan kelipatan di sekolah dasar agar meningkatkan kemampuan siswa dalam matematika dasar.

Kata kunci—faktor, kelipatan, sekolah dasar

 

 

abstract— Factors and multiples are very important to be known by students in elementary school. The purpose of this research is to improve students' ability in basic level math. The method in this study uses SLR (Systematic Literature Review) method, namely by 1) formulating problems, 2) collecting data, 3) evaluating data, 4) analyzing data, 5) presenting results. The technique in collecting data applies the technique of listening, noting, engaging. Techniques in data validation apply source data tringulation techniques. The results of the study show that determining factors and multiples can use 1) the prime factorization method (factor tree), 2) the table method, 3) examples of problems regarding factors and multiples. The conclusion of this research is that there are two ways to determine factors and multiples in elementary schools in order to improve students' abilities in basic mathematics.

Keywords— factors, multiples, elementary school

 


Keywords


actors, multiples, elementary school

Full Text:

PDF

References


Adrelia, D. I., Kurniawati, V., & Prahmana, R. C. I. (2015). Permainan bom angka dalam konsep kelipatan persekutuan terkecil untuk anak sekolah dasar. Jurnal Elemen, 1(1), 25-35. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.77.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis metode pembelajaran di sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 67-85. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/442.

Desriyati, W., Gemawati, S., & Kunci, K. (2015). Cara lain menentukan FPB dan KPK. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, I, 1, 52-55. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:ia0HpyAiYfUJ:scholar.google.com/+cara+menentukan+fpb&hl=id&as_sdt=0,5.

Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas IV SD Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16-24.https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72-75. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/589.

Hanum, U. L., Masturi, M., & Khamdun, K. (2022). Pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak sekolah dasar di Desa Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2443-2450. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1123.

Hayumuti, H. (2013). Hubungan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan operasi penjumlahan pecahan semester II kelas IV SD Negeri Klandran Plosoklaten Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/7099/.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125. Retrieved from https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/1112.

Madhopi, M. Menentukan KPK dan FPB secara bersamaan dengan kos-kosan. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 1528-1532). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/56967.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran pendidikan anak usia dini terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang tahun ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155. Retrieved from https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad/article/view/1087.

Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah SD pada materi KPK dan FPB. Journal On Education, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264

Mistrianingsih, S., Imron, A., & Nurabadi, A. (2015). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 11-21. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/9858/.

Nurhaidah, M. (2017). Melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi matematika materi kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di Kelas IV SD Unggul Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/8854.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Suhayati, S. (2022). Efektivitas penggunaan media papan musi (multi fungsi) pada materi KPK dan FPB kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 61-65. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/6619/pdf.

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika mengenai pengenalan konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan menggunakan media dakon bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180-189. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.304.

Nurlaila, N., & Mahmudah, I. (2023). Efektivitas penggunaan media papan musik (multi fungsi) materi KPK dan FPB pada pembelajaran matematika. SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 69-78. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:ioelOtmIzF0J:scholar.google.com/+fungsi+fpb+untuk+penyederhanaan+pecahan&hl=id&as_sdt=0,5.

Nurlaila, N., & Mahmudah, I. (2023). Efektivitas penggunaan media papan musi (multi fungsi) materi KPK dan FPB pada pembelajaran matematika. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 48-55. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/13209.

Palupi, M. T., & Endahati, N. (2019). Kesantunan berbahasa di media sosial online: Tinjauan deskriptif pada komentar berita politik di Facebook. Jurnal Skripta, 5(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.125.

Putra, F. P. (2023). Pengembangan tujuan kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia. AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 17-30. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1731.

Sabri, S. (2020). Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan pendekatan konstruktivisme. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 79. https://doi.org/10.29210/02628jpgi0005.

Sanjaya, E. M. P. (2018). Pengembangan media kantongmatika materi Faktor Persekutuan Terbesar (fpb) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (kpk) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Al-Ma'árif 09 Singosari Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/13017/.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239-256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870.

Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas komik sebagai media pembelajaran matematika. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 2(2), 1-5. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2952.

Suhartono, E. (2017). Systematic Literatur Review (SLR): Metode, manfaat, dan tantangan learning analytics dengan metode data mining di dunia pendidikan tinggi. Jurnal Ilmiah INFOKAM, 13(1). Retrieved from https://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/123.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:RleKxhVTNDQJ:scholar.google.com/+metode+pembelajaran+di+sd&hl=id&as_sdt=0,5.

Unaenah, E., Anggita, A. D., Nusaibah, F., & Gunawan, F. A. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 1-10. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/764.

Unaenah, E., Putri, K. J., & Nurafifah, V. D. (2023). Miskonsepsi siswa kelas 4 SD dalam memahami materi FPB dan KPK. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 355-365. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/780.

Upayanto, I. D. (2017). Pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 SD Negeri 4 Krandegan. Basic Education, 6(1), 40-52. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2102

Usiono, U., & Wibowo, S. P. (2023). Sistematik Literatur Review (SLR): Pola perilaku sehat pada pelayanan kesehatan remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30969-30974. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12041.

Yensy, N. A. (2020). Metode alternatif menentukan KPK dan FPB suatu bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 107-114. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.107-114.

Yudhi, P. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja siswa berbasis Realistics Mathematics Education (RME) pada materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 11(74). Retrieved from https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.