Analisis Unsur Intrinsik Puisi Tamak Karya M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah

M. Nailus Sawab, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Puisi merupakan karya sastra imajinatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis unsur intrinsik pada uisi Tamak Karya M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan data berbentuk kata, frasa, dan klausa. Pengumpulan data menggunakan metode simak, catat, dan libat. Teknik analisis data menggunakan analisis isi dengan menerapkan tiga alur (Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik puisi yaitu 1) tema keangkuhan dan kelemahan manusia, 2) mengandung gaya bahasa personifikasi, metafora, hiperbola, ironi, dan repetisi 3) mengandung diksi konotatif yang menggambarkan sifat manusia, 4) mengandung rima bebas, 5) mengandung amanat, 6) mengandung sudut pandang orang ketiga. Kesimpulan terkait puisi ini adalah terdapat lima unsur intrinsik pada puisi Tamak Karya M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah.

abstract— Poetry is an imaginative literary work. The purpose of this study is to analyze the intrinsic elements in the poem Tamak by M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah. This research uses qualitative research with data in the form of words, phrases, and clauses. Data collection uses the methods of listening, noting, and engaging. The data analysis technique uses content analysis by applying three flows (data reduction, data presentation, and conclusion drawing). Data validation technique using triangulation technique. The results of this study show that there are intrinsic elements of poetry, namely 1) the theme of human arrogance and weakness, 2) contains personification, metaphor, hyperbole, irony, and repetition 3) contains connotative diction that describes human nature, 4) contains free rhyme, 5) contains a mandate, 6) contains a third person point of view. The conclusion related to this poem is that there are five intrinsic elements in the poem Tamak by M. Haqqi Annazili Azka Fatahillah.

 


Keywords


Poetry, Intrinsic Elements, Tamak.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.

Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis kesalahan siswa kelas VII SMPN 7 Mataram dalam menyelesaikan soal garis dan sudut tahun pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79-87. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838.

Antara, F., Heristian, M., & Efi, A. (2023). Pertunjukan partisipasi pantun palang pintu di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1323-1328. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3541.

Astrea, A., Sulissusiawan, A., & Ramdani, D. (2018). Analisis majas dalam lirik lagu daerah sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6), 1-12 http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33627.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai sosial dalam novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan sosiologi sastra dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848.

Azhara, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 15-21. https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6254.

Azizah, E. M., Sorraya, A., & Sriwulandari, Y. A. (2019). Gaya bahasa perbandingan dalam buku cinta hitam cinta putih Karya Nabil Hamid Al-Ma’az. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v2i2.587.

Baharuddin, M. (2012). Analisis kedudukan hukum islam dalam sistem hukum di Indonesia. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 10(2), 166-172. https://doi.org/10.35905/diktum.v10i2.268.

Chairiah, C. (2022). Meningkatkan keterampilan menulis unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Education : Jurnal Inovasi Pendidikan dan pengajaran, 2(3), 216-226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501.

Harahap, M. N. S., Khairani, S. F., & Anshari, K. (2019). Pengembangan bahan ajar menulis puisi ‘ bertema lingkungan’ pada siswa X SMKN 1 LABUHANBATU. Jurnal Skripta, 5(2) https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.616

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411.

Hasbillaah, L. N., & Rachmaningtyas, A. A. (2022). Surat tersirat dari Dewa 19: analisis gaya bahasa pada lagu “Roman Picisan “. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(4), 22-27. Retrieved from https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/download/686/519.

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan kualitas pelayanan front office department melalui tugas dan tanggung jawab Ccncierge Pada hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1), 14-28. https://doi.org/10.51977/jiip.v2i1.297.

Jayakandi, J. (2023). Rima pada Lirik Lagu Album Benyamin Sueb. Deiksis, 15(3), 268-277. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.20990.

Juwati. (2018). Sastra lisan bumi silmpari. Yogyakarta : Deepublish.

Kurniawan, A., Rahima, A., & Amral, S. (2018). Analisis makna simbolik dalam kumpulan Puisi Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia Karya Taufiq Ismail. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2 (1), 92-101. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i1.38.

Latuconsina, A. (2019). Pola komunikasi guru di ruang publik sekolah. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 67-86. https://doi.org/10.33477/alt.v4i2.1008.

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel izana karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.

Masni, H., Yuliana, E., Cahyani, FE, Romadhoni, MB, & Hasanudin, C. (2023). Urgensi mendengarkan secara ekstensif di kalangan mahasiswa pecinta podcast. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran , 2 (2), 41-51. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3812.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian penelitian pendekatan kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33, 1-181. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Ismail-Wekke/publication/344211045_Metode_Penelitian_Sosial/links/5f5c132ea6fdcc11640bd740/Metode-Penelitian-Sosial.pdf#page=42.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61. https://doi.org/10.36412/ce.v2i2.772.

Mirza, M., & Dita, R. (2022). Analisis gaya bahasa pada lirik lagu “Rumpang” Karya Nadin Amizah. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 40-45. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.447.

Mustika, D., Fajarini, H., & Muldiyana, T. (2020). Evaluasi pelayanan obat non resep di apotek manjur Desa Petunjungan. Jurnal Ilmiah JOPHUS: Journal Of Pharmacy UMUS, 1(02), 5-12. https://doi.org/10.46772/jophus.v1i02.131.

Ngatiyem, N. (2017). Kemampuan menentukan bentuk dan makna majas pada Siswa Kelas IX MTSN 3 Banjarmasin: Ability to Determine the Form and Meaning of Majas in Class IX Students of MTSN 3 Banjarmasin. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(2), 33-39. https://doi.org/10.33084/jhm.v4i2.485.

Nurhadi, D. (2010). Kontribusi pemahaman budaya dalam penafsiran majas metafora bahasa Jepang. Jurnal Inovasi, 16(22), 43-48. Retrieved from https://www.academia.edu/download/46922219/Pengawasan_Terhadap_Aparatur_Negara_-_majalah_inovasi_2010.pdf#page=44.

Nuraeni, I. (2017). Analisis amanat dan penokohan cerita pendek pada buku 'Anak Berhati Surga' Karya MH Putra sebagai upaya pemilihan bahan ajar Sastra di SMA. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah, STKIP Garut, 6(2), 41-45. Retrieved from https://www.academia.edu/download/102896676/480661068.pdf.

Nuratika, N., Novita, M., Arianti, R., Ningsih, A. R., Hermawan, H., & Muslim, M. (2023). Rima dalam nyanyian onduo anak Rokan di Kabupaten Rokan Hulu Riau. Lingua Susastra, 4(1), 63-72. https://doi.org/10.24036/ls.v4i1.141.

Nurulanningsih, N., & Senja, A. (2024). Sudut pandang dalam kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja Karya Sutini dan implikasi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pena Literasi, 7(1), 51-60. https://doi.org/10.24853/pl.7.1.51-60.

Nurcahyati, D., Yulianti, A., & Abdurrokhman, D. (2019). Analisis unsur-unsur intrinsik cerpen †œsenyum karyamin†Karya Ahmad Tohari. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 979-986. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3772.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Qausar, H., Absa, M., Hidayat, A. T., & Mujtahid, Z. (2023). Penerapan pecahan bersambung dalam melakukan aproksimasi bilangan irasional menuju bilangan rasional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 48-57. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2528.

Ramaniyar, E. (2017). Analisis kesalahan berbahasa indonesia pada penelitian mini mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 70-80. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.407.

Rahmad, C., & Puspitasari, D. (2015). Web pembuat puisi otomatis menggunakan metode monte carlo. Jurnal Informatika Polinema, 1(2), 19-19. https://doi.org/10.33795/jip.v1i2.97.

Sauri, S. S. (2019). Nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye sebagai bahan pembelajaran kajian prosa pada mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.2687.

Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah di bidang akuntansi. AKURAT| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 9(1), 81-88. Retrieved from https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/18.

Suparno, & Mulyasari, I. (2019). Kreatif tematik daerah tempat tinggalku kelas iv untuk sd/mi. Depok : penerbit Duta.

Suprayetno, E. (2021). Mengurai nama diri: Alternatif ekspresi tulis puisi. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 98-112. https://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1134.

Sari, D. A., & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan perempuan melalui program perpuseru di perpustakaan ngudi ilmu Desa Mukiran Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 81-90. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22817/20862.

Setiari, I. (2023). Puisi" Dada yang Terbelah" Karya Ratna Ayu Budhiarti: Analisis gaya bahasa repetisi. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 7(1). http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v7i1.4387.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. Retrieved from https://journal.unas.ac.id/index.php/pujangga/article/download/1170/970.

Syahputra, E., Syafira, S., & Rizky, S. (2022). Penggunaan makna diksi dalam Novel “Senja Hujan dan Cerita yang telah Usai” oleh Boy Candra. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 185-190. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/3934/1447.

Thamimi, M., Hariyadi, H., & Sulastri, S. (2021). Penulisan sastra kreatif puisi religius di Sma Negeri 2 Sungai Kakap. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 276-284. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2076.

Tinambunan, S. (2022). Analisis gaya bahasa pada kumpulan puisi Chairil Anwar. JURNAL BASASASINDO, 2(1), 24-29. Retrieved from https://www.jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/basasasindo/article/view/285.

Umar, U., Putri, NQH, & Agustian, JF (2021). Analisis strata norma dalam puisi elegi sampah karya Sri Setianingsih. Kata sifat: Pendidikan Bahasa dan Sastra , 4 (1), 31-39. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v4i1.1448.

Wati, N. M. A. S. (2020). Analisis struktur karya sastra cerpen Punyah karya I Gede Bayu Kusuma. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28073.

Wantika, I., Yulianti, R., & Muthmainnah, M. (2019). Analisis pemajasan pada lirik lagu Letto dalam Album “Truh, Cry, And Lie”: Kajian Stilistika. Journal Peqguruang, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.35329/jp.v1i2.560.

Widarti, A. (2013). Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 2-8. Retrieved from https://www.academia.edu/download/37746798/arif.pdf.

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Aksara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 67-76. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v2i2.74.

Yanuar, A. (2024). Polarisasi ekonomi dalam puisi jembatan karya Sutardji Calzoum Bachri. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-11. Retrieved from https://jurnal.stkipmuhlmj.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/1.

Yono, R. R., Premana, A., & Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan menulis puisi siswa kelas Iv Sekolah Dasar. Abdimas Unwahas, 7(2). http://dx.doi.org/10.31942/abd.v7i2.7507.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.