Analisis Unsur Intrinsik Puisi Semangat Hidup Karya Martinus Seriandika Saputra
Abstract
abstrak— Unsur intrinsik puisi merupakan komponen-komponen yang membangun puisi sehingga dapat membentuk menjadi sebuah puisi yang indah. Tujuan dari penelitian yakni untuk menganalisis unsur intrinsik puisi Semangat Hidup karya Martinus Seriandika Saputra. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta teknik analisis data dalam penelitian menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian yaitu analisa unsur intrinsik puisi Semangat Hidup karya Martinus Seriandika Saputra terdiri dari 1) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra memiliki tema semangat dalam menjalani kehidupan 2) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra memiliki majas hiperbola dan asosiasi 3) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra mempunyai diksi konotatif 4) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra mempunyai rima bebas 5) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra memiliki amanat 6) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra memiliki sudut pandang orang ketiga 7) Puisi semangat hidup karya Martinus Seriandika Saputra memiliki tipografi berbentuk sebuah pion catur. Simpulan dalam penelitian yaitu terdapat 7 analisis unsur intrinsik puisi Semangat Hidup karya Martinus Seriandika Saputra.
abstract— The intrinsic elements of poetry are the inner components that build a poem so that it can form a poem. The purpose of the research is to analyze the intrinsic elements of the poem Semangat Hidup by Martinus Seriandika Saputra. The method used in the research uses a qualitative research type method, the data collection technique in the research uses listening, note taking, and involvement techniques, and the data analysis technique in the research uses content analysis content from Milles and Huberman. The results of the research are the analysis of the intrinsic elements of the poem Semangat Hidup by Martinus Seriandika Saputra consisting of 1) The spirit of life poem by Martinus Seriandika Saputra has the theme of enthusiasm in living life 2) The spirit of life poem by Martinus Seriandika Saputra has hyperbola and association 3) Martinus Seriandika Saputra's poem Spirit of Life has connotative diction 4) Martinus Seriandika Saputra's life spirit poem has free rhyme 5) Martinus Seriandika Saputra's life spirit poem has a mandate 6) Martinus Seriandika Saputra's life spirit poem has a third person point of view 7) Martinus Seriandika Saputra's poem Spirit of Life has typography in the form of a chess pawn. The conclusion of the research is that there are 7 intrinsic element analysis of the poem Spirit of Life by Martinus Seriandika Saputra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aloysia, D. A. M. L., & Utami, S. (2022). Majas dalam puisi dan lagu karya Fiersa Besari. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 86-107. http://doi.org/10.25273/linguista.v6i2.12580
Andhini, A. D., & Arifin, Z. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel catatan juang karya Fiersa Besari: Kajian stilistika dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di sma. Enggang: Jurnal pendidikan, bahasa, sastra, Seni, dan budaya, 1(2), 23-35.https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2850
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan Metode Miles dan Huberman di kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130.
Djafar, A., & Sartika, E. (2021). Analisis unsur intrinsik & ekstrinsik puisi antologi puisi merayakan pelangi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 11(2), 135-156. https://doi.org/10.37905/jbsb.v10i2.11869
Fibriani, I. A. (2021). Majas personifikasi dalam kilometre zero karya Maud Ankaoua (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin). https://doi.org/10.15294/seloka.v6i2.17286
Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884
Gorys Keraf, D. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, M., Yuniati, I., & Maharani, H. (2021). Amanat dalam novel Si anak badai Karya Tere Liye. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(2), 79-85.https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2405
Herawati, H. (2019). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Khaerunisa, K. (2018). Penerapan media musikalisasi puisi terhadap peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi siswa X Mipa3 Sman 87 Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 124-137. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.124-137
Kusnadi, K., & Andriani, A. (2020). Analsis struktural unsur intrinsik pada puisi pesanku dan pesan prajurit karya Asmara Hadi dan Trisno Sumardjo. Journal Peqguruang, 2(2), 63-69. https://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1544
Laia, A. (2016). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas Viii SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2014-2015. Jurnal Education and Development, 3(3), 99-99. https://doi.org/10.37081/ed.v3i3.497
Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641
Maulidah, T. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(01), 64-70. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i01.46
Martani, K. D. (2020). Penerapan media pembelajaran digital book menggunakan aplikasi anyflip untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita siswa kelas 4 SDN Bagusan kecamatan Parakan kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296
Martono, N., Rosa, H. T., & Azmin, G. G. (2016). Mekanisme pertahanan ego pada tokoh transgender dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Suatu kajian psikologi sastra. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 87-92. https://doi.org/10.21009/ARKHAIS.072.05
Maspuroh, U., & Adham, M. J. I. (2023). Dampak dan manfaat media smart jumping sebagai wadah kreavititas menulis siswa dalam pembelajaran menulis KELAS X SMAN 80 Jakarta. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 309-316. https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.338
Meirisa, S. (2022). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model pembelajaran two stay two stray siswa kelas V SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2807-2812. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1175
Natasha, M., Rahima, A., & Sujoko, S. (2022). Jenis–jenis tema dalam novel Anak Rantau Karya A. Fuadi (Kajian Analisis Isi). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 89-100. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v6i1.315
Nazriani, N. (2019). Pelatihan menulis puisi siswa kelas Vi SDN 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 3(1), 64-71. https://doi.org/10.35326/pkm.v2i1.206
Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. jurnal bindo sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261
Nurrachman, D. (2016). Plot dan sudut pandang dalam bingkai wacana ideologis: analisis chronotopic terhadap novel korupsi karya Tahar Ben Jelloun melalui kerangka teori dialogis mm bakhtin. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 13(02), 395-404. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i02.1985
Nurhasanah, E. (2018). Analisis unsur ekstrinsik Novel “Merry Riana-Mimpi Sejuta Dolar’’karya Alberthiene Endah dan pemanfaatannya sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 23-26. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.26
Pitaloka, A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia.
Pratiwi, N. S. (2021). Kemampuan menulis puisi modern dengan pemanfaatan media lukisan bertema keluarga pada siswi SMP dwi warna Jakarta Barat tahun pelajaran 2020/2021 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://doi.org/10.31970/gurutua.v6i1.142n
Rachman, A., Effendy, C., & Priyadi, T. (2013). Majas Metafora pada kumpulan sajak Chairil Anwar Aku ini binatang jalang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2170
Sari, N. (2017). Kekerasan perempuan dalam novel Bak rambut dibelah tujuh karya Muhammad Makhdlori. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 1(2), 41-48. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i2.792
Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. https://doi.org/10.47313/pujangga.v7i1.1170.
Sugiarto, E. (2016). Pantun dan puisi lama Melayu. Grup Khitah Publishing.
Suhandra, I. R. (2019). Studi komparatif makna konotasi warna dalam budaya masyarakat barat dan masyarakat suku Sasak Lombok Indonesia. Cordova Journal language and culture studies, 9(1), 17-38. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1774
Suryaman, M., Wiyatmi, & Pratama, A. (2012). Puisi Indonesia. Penerbit Ombak.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian Ilmiah. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61.https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Suseno, M. (2020). Mengukur minat profesi guru: instrumen dan teknik validasi. UNJ PRESS.
Urbaningrum, T., Triana, L., & Sari, V. I. (2022). Tindak tutur performatif pada buku biografi rentang kisah karya Gita Savitri. Jurnal ilmiah semantika, 3(02), 138-147.https://doi.org/10.46772/semantika.v3i02.596
Waluyo, H. J. (2003). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga
Yono, R. R., Premana, A., & Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Abdimas Unwahas, 7(2). http://dx.doi.org/10.31942/abd.v7i2.7507
Yono, R. R., & Mulyani, M. (2017). Majas dan citraan dalam novel kerling si janda karya taufiqurrahman al-azizy. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 200-207.https://doi.org/10.15294/seloka.v6i2.17286
Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H. ., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. . (2023). Strategi kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350.
Yuspita, E., Priyadi, A. T., & Sanulita, H. (2016). Analisis struktur, fungsi, dan makna mantra selusuh masyarakat melayu kecamatan kendawangan kabupaten ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(2).https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13881.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.