Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2

Siti Musdalifah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Membaca merupakan kegiatan memahami sebuah tulisan yang melibatkan penglihatan, gerak mata dan pembicaraan batin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca puisi mahasiswa semester dua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data penelitian diperoleh melalui metode tes dan wawancara tidak berstruktur, dan jenis validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa terbaik dalam membaca puisi. Hasil dan pembahasan dalam membaca puisi terdiri dari beberapa aspek antara lain 1)Tekanan, 2) Jeda, 3) Penghayatan. Simpulan pada penelitian membaca puisi ini dapat dilihat dari tiga aspek.

Kata kunci—keterampilan membaca, puisi, mahasiswa

abstract—Reading is an activity of understanding a writing that involves vision, eye movements and inner speech. The purpose of this study was to determine the ability to read poetry of second semester students. The method used in this research is a qualitative method, research data obtained through test methods and unstructured interviews, and the type of data validation used is source triangulation, namely interviews with the best students in reading poetry. The results and discussion in reading poetry consist of several aspects including 1) Pressure, 2) Pause, 3) Appreciation. The conclusion in this poetry reading research can be seen from three aspects.

Keywords—reading skills, poetry, students


Keywords


reading skills, poetry, students

Full Text:

PDF

References


Afnan, D. (2019). Peran mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan kewirausahaan. Jurnal Signal, 7(2), 156-168. https://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2.2417.

Anggara, R. W. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(3), 1012-1018. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1331.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). analisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode miles dan huberman di kelas iv SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/Innovative.V3i2.1130.

Asna, M., Halidjah, S., & Utami, S. (2018). Peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi di kelas iii sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27606.

Bua, M. T., & Mangiri, J. (2023). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa di masa pandemi. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 529-540. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5260.

Damanik, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51-55. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.252.

Damayanti, E. M., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Peran mahasiswa dalam menghadapi pendidikan di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminasi, 1(1), 113-120. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1500/pdf.

Devi, W. S. (2018). Efektivitas metode outdoor study dengan musik klasik terhadap kemampuan menganalisis unsur puisi. Pena Literasi, 1(1), 55-64. https://doi.org/10.24853/pl.1.1.55-64.

Ghafur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: CV. Rasi Terbit.

Hafid, A., Darwis, F., & Satriani, D. H. (2022). Analisis penerapan metode amati tiru modifikasi (atm) pada pembelajaran membaca puisi siswa kelas v SDN 140 Tea Malala. Global Journal Basic Education, 1(4), 416-422. https://doi.org/10.35458/gjp.v1i4.143.

Ismawati, A. dkk. (2022). Analisis keterampilan membaca puisi da pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas iv SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3143-3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087.

Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode course review horay. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 15-22. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Mawarni, H. (2022). Analisis fungsi dan makna lawas (puisi tradisional) masyarakat Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 133-142. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i2.1153.

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan media pembelajaran komik terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/814.

Pehala, I. A. dkk. (2017). Jenis, fungsi, dan makna pada frasa dan kata majemuk dalam puisi don quixote karya Goenawan Mohamad. Haluan Sastra Budaya, 1(1), 82-96. https://doi.org/10.20961/hsb.v1i1.4590.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.

Prawiyogi, A. G., & Cahyani, I. (2016). pengaruh pembelajaran musikalisasi puisi terhadap kemampuan membacakan puisi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3781.

Prilla, C. C. P. dkk. (2019). Analisis unsur pembangun dalam kumpulan puisi segenggam cinta untuk sang maha cinta karya M. Saidati sebagai bahan ajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 9-22. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1696.

Rofiq, A. (2023). Analisis penggunaan gaya bahasa perbandingan kumpulan puisi perjamuan rindu karya Diana Putri Zahro. Jurnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 279-293. https://doi.org/10.30739/peneroka.v3i2.2501.

Romadhon, E. N. dkk. (2023). kebutuhan dan desain video animasi ubai (unsur pembangun puisi) bermuatan profil pelajar pancasila. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran 1(1), 331-346. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2283.

Sulaiman, S. (2017). peningkatan kemampuan membaca mahasiswa program studi bahasa Inggris dengan menggunakan task based learning. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 78-91. https://doi.org/10.31571/bahasa.v6i1.401.

Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.