Peran Matematika dalam Teknologi di Zaman Modern

Ana Nur Laela, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Matematika memainkan peran penting dalam perkembangan teknologi di zaman modern. Artikel ini mengeksplorasi peran matematika dalam inovasi teknologi dan menyoroti bagaimana matematika digunakan untuk mengembangkan teknologi baru dan meningkatkan teknologi yang ada. Studi telah menunjukkan bahwa matematika digunakan dalam berbagai bidang teknologi, termasuk komputer, telekomunikasi, dan rekayasa. Artikel ini menyarankan bahwa pemahaman yang kuat tentang matematika sangat penting bagi mereka yang bekerja di bidang teknologi dan bahwa matematika akan terus memainkan peran penting dalam perkembangan teknologi di masa depan.

Kata kunci—matematika, teknologi, modern

abstract—Mathematics plays an important role in the development of technology in modern times. This article explores the role of mathematics in technological innovation and highlights how mathematics is used to develop new technologies and improve existing technologies. Studies have shown that mathematics is used in a variety of technological fields, including computers, telecommunications, and engineering. This article suggests that a solid understanding of mathematics is essential for those working in technology and that mathematics will continue to play an important role in the development of technology in the future.

Keywords—mathematics, technology, modern


Keywords


mathematics, technology, modern

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2011). Manfaat teknologi zaman modern. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.93

Budirman. (2017). Manfaat teknologi informasi di masa pandemi. Jurnal sika, 3(2). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.741

Cepi, R. (2008). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan fondasi dan aplikasi, 2(3). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1054

Danoebroto, W. S. (2012). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan fondasi dan aplikasi, 2(3). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1054

Kamalasar, I. (2020). Manfaat dan pentingnya alat.jurnal penerapan di kurikulum Merdeka, 4(9). https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30260-9

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi dan komunikasi di masa pandemi. Jurnal teknologi dan komunikasi, 7(1). https://apnews.com/PR%20Newswire/354aae0738073bc95331ee72a458cb50.

Maesaroh, N. & Achdiani, Y. (2021). Manfaat etnomatematika dalam penerapan pada kurikulum. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 118-125. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Miasari. (2020). Tematik jurnal teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal pemahaman pelajar, (1)7. https//doi.org/10.1016/S2589-7500(19)30217-

Mufidah, A., Sulasteri, S., Majid, A. F., & Mattoliang, L.A. (2019). Analisis pemahaman konsep aljabar pada mata kuliah aljabar elementer linier. Al-Asma: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 42-52. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11247

Munawar, Z. (2020). Manfaat teknologi informasi di masa pandemi. j-sika, 3(2). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.741

Pradiani, N. P. W. Y., & Turmuzi, M. F. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up Book materi bangun ruang pada muatan pembelajaran matematika kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503

Richardo, R. (2013). Manfaat etnomatematika dalam penerapan pada kurikulum. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 118-125. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Siaga, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of mathematics education and science, 2(1). 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Yudha, F. (2019). Manfaat dari dunia teknologi informasi dan komunikasi dalam penididkan. jurnal sosial dan teknologi, 9(8). https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.