Penerapan Konsep Keliling pada Bangun Datar Persegi

Adinda Chandra Dewi, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Bangun datar sering kita jumpai dan gunakan diaspek kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penerapan konsep keliling pada bangun datar persegi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari jurnal, artikel dan buku yang diterbitkan secara nasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, catat dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi, Peneliti mengembangkan dan menggabungkan konsep dan ide yang terdapat dalam artikel, jurnal, dan buku sebagai salah satu jenis validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep keliling pada bangun datar persegi dapat dipahami dengan langkah-langkah berikut 1) mengamati keliling pada bangun datar persegi, 2) memahami rumus keliling pada bangun datar persegi, dan 3) mengerjakan contoh soal tentang mencari keliling pada bangun datar persegi. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga langkah-langkah yang harus diketahui untuk meningkatkan pemahaman terhadap konsep keliling pada bangun datar persegi.

Kata kunci—bangun datar, persegi, keliling

 

 

abstract—Planes are often encountered and used in aspects of everyday life. The purpose of this research is to improve the knowledge and comprehension of the application of the concept of perimeter in the square plane. The method used in this research is the Systematic Literature Review (SLR) method. The data used in this research used secondary data from journals, articles, and books published nationally. The data collection techniques in this research used listening note-taking, and involvement techniques. Data validation techniques Using triangulation techniques, researchers develop and combine concepts and ideas contained in articles, journals, and books as one type of data validation. The results showed that the concept of perimeter in a square flat can be understood by the following steps 1) observing the perimeter in a square flat, 2) understanding the formula for perimeter in a square flat, and 3) working on sample problems about finding the perimeter in a square flat. This research concludes that three steps must be known to improve understanding of the concept of perimeter in square flat buildings.

Keywords—plane, square, perimeter


Keywords


plane, square, perimeter

Full Text:

PDF

References


Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan teori gestalt dalam materi luas dan keliling bangun datar untuk SD/MI. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2282.

Calsabilla, L., Fitriani, A. D., & Mufliva, R. (2021). Learning trajectory matematis dalam konsep keliling bangun datar berdasarkan hasil belajar siswa kelas iv di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v8i1.60445.

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 209-219. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026884.

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan media animaker materi keliling dan luas bangun datar menggunakan kalkulator di kelas iv sd UMP El-Muhbib. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608.

Hariyanti, D., Rachmat, B., & Murdjito, M. (2013). Pemanfaaan media pembelajaran audio visual filkartika (Film Kartun Matematika) dengan pokok bahasan bangun ruang pada siswa kelas IV SD. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2). http://doi.org/10.25273/jipm.v1i2.482.

Iskandar, D. (2021). Etnomatika pada permainan setatak sebagai bahan pembelajaran bangun datar lingkaran, persegi dan persegi panjang. Jurnal Peka, 4(2), 52-56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847.

Juliansyah, N., Herlinda, N., & Theodora, B. D. (2021). Perancangan aplikasi edukasi menghitung luas dan keliling bangun datar berbasis android. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi, 5(1), 397-398. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4927.

Junaidi, J. (2023). Media visual sukses pembelajaran matematika sekolah dasar. Penerbit Adab.

Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 8(2), 117-132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609.

Kumalasari, O. D., Samsiyah, N., & Pujiati, W. (2023). Implementasi model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas III SDN Pilangkenceng 01 Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasa,. 8(1), 5561-5573. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8279.

Kusumaningsih, H. (2022). Cooperative learning model stad dalam pembelajaran bangun datar. Cahya Ghani Recovery.

Lestari, M. A., Fuadiah, N. F., & Riyanti, H. (2023). Desain didaktis keliling persegi untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 28-38. http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14096.

Lintang, L. E. S., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Alat peraga ABD ajaib guna memahami konsep luas dan keliling bangun datar berbasis etnomatematika. Journal in Mathematics Education, 1(1), 11-18. https://doi.org/10.14421/polynom.2021.011-02.

Milkhaturrohman, M., Silva, S. D., & Wakit, A. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun datar di SDN 2 mantingan jepara. Jurnal Pendidikan Matematik,. 4(2), 94-106. https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2095.

Nurhalimah, S., Nur'aeni, E., & Nugraha, A. (2020). Desain didaktis sifat-sifat persegi panjang berbasis model pembelajaran spade untuk siswa selas III sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 235-245. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.28705.

Nursila, R., Saputri, S. N., & Zulkarnain, Z. (2023). Eksplorasi etnomatematika materi geometri pada motif kain songket melayu pontianak. Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 41-50. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1594.

Restuti, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan macam-macam bangun datar melalui strategi true or false pada siswa kelas i semester genap SDN 005 Bengkong tahun pelajaran 2018/2019. Journal on Education, 4(4), 1221-1226. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.537.

Rohim, D. C. (2019). Strategi penyusunan soal berbasis hots pada pembelajaran matematika sd. Jurnal Riset dan Konseptual, 4(4), 436-446. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i4.374.

Siregar, N, & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427.

Suciati, I. (2019). Penggunaan sajak matematika (cinquains) pada materi bangun datar. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 9-16. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i1.18.

Sumartini, T. (2015). Penggunaan petak satuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep luas persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Agama dan Budaya, 16(1), 26-39. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/paradigma/article/view/976/850.

Surya, S., & Napfiah, S. (2023). Studi etnomatematika: bangun datar pada motif seni rumah budaya sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 102-111. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2766.

Syutaridho, S., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Pengembangan bahan ajar keliling, luas persegi dan persegi panjang dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63-80. https://doi.org/10.22342/jpm.6.1.4075.63-80.

Tjolleng, A. (2022). Intisari matematika. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems. 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 327-349. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Untoro, J. (2010). Buku pintar pelajaran SD/MI 5 in 1. Bungo. Wahyu media.

Yuliani, D., & Altaftazani, D. H. (2022). Pembelajaran online mata pelajaran matematika pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV sekolah dasar dalam masa pandemi covid-19. Creative of Learning Students Elementary Education, 5(2), 340-348. https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.5587.

Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada rancang bangun rumah adat lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 3(1), 1-13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.