Menjelajahi Kreativitas dalam Proses Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Amelia Nur Laili Sa'adah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap matematika untuk mendorong siswa berpikir kritis dan menemukan solusi kreatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data berupa data sekunder dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional dan internasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Cara mengembangkan kreativitas terdiri dari matematika yang melibatkan pemecahan, proyek matematika kreatif, model dengan konsep geometri, matematika mendorong pemikiran kreatif, matematika dan alat bantu visual, kerja kelompok untuk menyelesaikan matematika, 2) Manfaat-manfaat yaitu mengembangkan kemampuan, mengembangkan keterampilan berfikir krisis, memperkuat pemahaman, mengembangkan imajinasi, meningkatkan minat dan motivasi, penerapan matematika, 3) Fungsi terdiri dari berfikir kritis, kreatif dan inovatif, pemahaman siswa terhadap materi matematika, pembelajaran matematika yang dapat menarik, mengembangkan kepercayaan diri, memehami dan mengaitkan konsep matematika, mengembangkan keterampilan analisis siswa, 4) Tujuan antara lain meningkatkan minat, pemecahan masalah, pemahaman dan relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Simpulan penelitian ini adalah membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman tentang matematika yang menarik dan bermanfaat, serta meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan berpikir kreatif.

Kata kunci—matematika, kreativitas, sekolah dasar

abstract—The purpose of this research is to increase students' understanding and interest in mathematics to encourage students to think critically and find creative solutions. The method in this study uses the SLR (Systematic Literature Review) method. The data are secondary data from books and journals published nationally and internationally. The data collection technique used listening, recording, and engaging techniques. The data validation technique uses triangulation technique. The results of this study show that, 1) How to develop creativity consists of math that involves solving, creative math projects, models with geometry concepts, math encourages creative thinking, math and visual aids, group work to solve math, 2) Benefits are developing abilities, developing crisis thinking skills, strengthening understanding, developing imagination, increasing interest and motivation, application of mathematics, 3) Functions consist of critical, creative and innovative thinking, students' understanding of mathematics material, learning mathematics that can be interesting, developing confidence, understanding and linking mathematical concepts, developing students' analytical skills, 4) Objectives include increasing students' interest, problem solving, understanding and relevance of mathematics in everyday life. The conclusion of this research is to help students develop an understanding of mathematics that is interesting and useful, and improve their ability to solve problems and think creatively.

Keywords—mathematics, creativity, elementary school

 


Keywords


mathematics, creativity, elementary school

Full Text:

PDF

References


Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp negeri 1 jogoroto berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari adversity quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 123-134. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774.

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35391.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis metode pembelajaran di sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 67-85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442.

Apriliyanti, S., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan kreativitas siswa smp dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 2(3), 09-15. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.645.

Aprillia, E., & Wulandari, R. (2023). Pengelolan pembelajaran seni rupa melalui kegiatan kolase untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(1), 139-147. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.663.

Asmawati, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran terpadu berbasis kecerdasan jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10.

Asmawati, L. A. L. (2013). Peningkatan kreativitas menggambar melalui pembelajaran berbantuan komputer. Jurnal Teknodik, 17(1), 547-561. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.66.

Botty, M. (2018). Hubungan kreativitas dengan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa indonesia di mi ma’had islamy palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1), 41-55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265.

Diana, R. R. (2006). Setiap anak cerdas! setiap anak kreatif!: menghidupkan keberbakatan dan kreativitas anak. Jurnal Psikologi, 3(2), 123-131. https://doi.org/10.14710/jpu.3.2.123%20-131.

Firmansyah, M. A. (2017). Peran kemampuan awal matematika dan belief matematika terhadap hasil belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55-68. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.255.

Hidayat, A. (2019). Implementasi model pembelajaran realistic mathematics education sebagai manifestasi tujuan pembelajaran matematika sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 698-705. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/100.

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Julyananda, M. A., Yulianti, T., & Pasha, D. (2022). Rancang bangun media pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi untuk kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 366-375. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2416.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846-1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523.

Listanti, D. R., & Mampouw, H. L. (2020). Profil pemecahan masalah geometri oleh siswa smp ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 365-379. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.224.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339.

Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 50-54). https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166.

Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan kegiatan finger painting dalam mengembangkan kreativitas seni anak di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018-1025. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.564.

Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 619-630. http://orcid.org/0000-0003-3199-1380.

Mubarok, M. S. (2022). Aksiologi matematika dan imlikasianya dalam pembelajaran matemataika: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1051.

Mulyati, S. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 2(02), 124-129. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7863.

Ningrum, D. S., & Leonard, L. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.151.

Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2021). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.105.

Rahayu, D. W. (2018). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas anak sekolah dasar. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1372. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1372.

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14. https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.198.

Ratnasari, K. I., & Masruhin, A. R. (2019). Proses pembelajaran inquiry siswa mi untuk meningkatkan kemampuan matematika. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100-109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166.

Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran matematika dengan pendekatan investigatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa sekolah dasar: indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 8-15. https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/34.

Rizqullah, N., Muhtasyam, A., & Yuhana, Y. (2023). Perkembangan kurikulum matematika: berdasarkan tujuan kurikulum. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 517-529. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3402598.

Romadhon, E. N., Dewi, M. I., & Setiyono, J. (2023). Proses evaluasi pembelajaran secara daring pada siswa sekolah dasar. Prosiding seminar nasional daring. 1(1). 83-90. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1656.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan persepektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15-28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269.

Sari, R. N. K., & Ahmad, H. A. (2022). Game based-learning: media edutainment matematika untuk pembelajaran mandiri bagi siswa sekolah dasar. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 5, pp. 99-106). https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/649.

Setiawan, E. P. (2021). Literasi statistika dalam kurikulum matematika sekolah dasar (SD) 2004-2020: tinjauan historis dan pengembangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1-20. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1915.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Siskowati, E., & Prastowo, A. (2022). Pembentukan kreativitas melalui pembelajaran sbdp kelas III pada materi menggambar di sekolah dasar. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 42-47. https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.637.

Siswi, N. A., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran tematik game menjelajah ruang berbasis construct untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah bagi siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 489-500. https://doi.org/10.5281/zenodo.5184453.

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7317-7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485.

Wahyulestari, M. R. D. (2018, July). Ketrampilan dasar mengajar di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2770.

Wulandari, W. S. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 198-208. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2710.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.