Uncovering Character-Building Educational Values in “Pawn” 2020 Movies

Rinsyana Sholekah, Refi Ranto Rozak, Fitri Nurdianingsih

Abstract


AbstrakNilai-nilai pendidikan karakter sangat penting bagi semua lapisan masyarakat, namun saat ini banyak orang beranggapan bahwa pendidikan karakter dianggap biasa saja dan mulai luntur Dharma Kesuma, dkk, (2011). (Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan karakter adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam mendewasakan manusia melalui upaya pelatihan dan pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena teknik ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui dan memahami suatu masalah sosial dan kemanusiaan. dalam film Gadai 2020 ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisa masalah nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam film tersebut. Menurut Lambert dan Lambert (2013) yang mengutip Sandelowski, penelitian deskriptif kualitatif tidak lagi mengharuskan peneliti untuk bertransportasi jauh dari atau ke dalam data, juga tidak memerlukan ringkasan atau data konseptual yang luar biasa. Selain itu, penelitian deskriptif kualitatif adalah yang paling tidak sulit dari semua metode kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti dapat mengetahui kejadian-kejadian yang ada di dalam film. peneliti memperoleh data dari transkrip film sebagai sumbernya dan kemudian menganalisa kalimat-kalimat atau dialog. Karakter adalah kualitas yang dilihat dari titik tolak etis atau moral. Karakter memiliki arti yang sama dengan moralitas. Poin utama dari teks yang diberikan adalah bahwa karakter adalah kumpulan tata nilai yang mempengaruhi pemikiran, sikap, dan perilaku, sedangkan kepribadian dibentuk oleh faktor lingkungan dan genetika. Jadi, karakter berkaitan erat dengan moralitas dan mencakup nilai-nilai etika dan moral seseorang. - Analisis Genre: Kenali genre film dan bagaimana genre tersebut dapat mempengaruhi penggambaran nilai-nilai pendidikan. Ingatlah untuk mengadaptasi dan menyesuaikan kerangka kerja ini berdasarkan film tertentu yang Anda analisis dan tema-tema utama yang muncul dari narasinya. Selain itu, pertimbangkan juga interaksi antara berbagai perspektif teoritis yang berbeda untuk memberikan analisis yang komprehensif tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam film. Pendidikan diartikan sebagai upaya untuk memanusiakan remaja atau pengangkatan remaja ke tingkat kemanusiaan. Sinema atau film adalah satu-satunya bentuk seni visual yang baru diciptakan di dunia. 300 tahun. Ini adalah seni yang kompleks dan eksklusif, sulit untuk didefinisikan, tetapi elemen-elemennya adalah Daya tarik film bersifat instan dan universal. Video sebenarnya adalah sebuah bentuk seni dan media hiburan populer; Video memiliki implikasi penting dalam arti sosiologis.

Kata KunciKarakter, Nilai-nilai Pendidikan, Film

 

 AbstractCharacter educational values are very important for all levels of society, but currently, many people assume that character education is considered normal and is starting to fade.Dharma Kesuma,dkk,(2011). (National Education System Law Number 20 of 2003 ) According to the Big Indonesian Dictionary (KBBI), character education is the process of changing the attitudes and behavior of a person or group to mature humans through training and teaching efforts. This research uses qualitative methods because this technique is one way to know and understand a social and humanitarian problem. in this 2020 pawn film, the author uses qualitative descriptive research to analyze the problem of character education values in the film. According to Lambert and Lambert`s (2013) quotation of Sandelowski, qualitative descriptive studies no longer require researchers to transport far from or into data, nor does it require extraordinary summary or conceptual data. Moreover, qualitative descriptive research is the least tough of all qualitative methods. Using a qualitative descriptive approach, researchers can find out the events in the film. researchers obtained data from film transcripts as a source and then analyzed sentences or dialogues. Character is a quality that is seen from an ethical or moral starting point. Character has the same meaning as morality. The main point of the given text is that character is a collection of values that influence thoughts, attitudes, and behavior, while personality is shaped by both environmental factors and genetics. So, a character is closely related to morality and encompasses one's ethical and moral values. - Genre Analysis: Recognize the genre of the movie and how it might influence the portrayal of educational values. Remember to adapt and customize this framework based on the specific movie you're analyzing and the key themes that emerge from the narrative. Additionally, consider the interplay between these different theoretical perspectives to provide a comprehensive analysis of the characters'' educational values in the movie. Education is interpreted as an attempt to humanize teenagers or the appointment of teenagers to the extent of humanity. Cinema or movie is the only new visual art form created in the world. 300 years. It is a complex and exclusive art, difficult to define, but its elements are The appeal of movies is instantaneous and universal. The video is actually both It is an art form and a medium of popular entertainment; It has important implications in a sociological sense.

KeywordCharacter, Educational Values, Movie


Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2005). Islamic Education Ideology. Pustaka Pelajar.

Albab, U. (2018). Teori mutakhir pembelajaran: konsep edutainment dalam pembelajaran pendidikan agama islam. El-Tarbawi, 11(1), 51-62. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4.

Anggara, I. G. A. S., Santosa, H., & Udayana, A. G. B. (2019). Character education and moral value in 2d animation film entitled "Pendeta Bangau". Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 10(2), 57-70. https://doi.org/10.33153/capture.v10i2.2449.

Dharma Kesuma,dkk,(2011). (National Education System Law Number 20 of 2003 )

Esianita, P., & Widyawati, W. (2020). Character Educational Values on “Aquaman” Movie. ELTALL: English Language Teaching, Applied Linguistic and Literature, 1(1), 1-1. https://doi.org/10.21154/eltall.v1i1.2096.

Eyre, R., & Eyre, L. (2010). Teaching your children values. Simon and Schuster.

Fitrianingsih, A. (2024). Values Of Character Education: Study of Strengthening the Culture of Digital Literacy for Youth in Disruptive 5.0 Era.

Rozak, R. R. (2014). Youtube Vidioes Utilization in Extensive Listening Using Metacognitive Strategy: A Narrative Study. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi, 7(1), 1-19.

Sidi Gazalba. (1981). Sistematika Filsafat Pengantar Kepada Teori Nilai. Bulan Bintang.

Umaiyah, (2021) An Analysis Of Character Educational Values Maleficent Movie.

Violeta, R. (2019). Speech acts analysis of the main character in maleficent movie script by Jane Mctee (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7009/1/SKRIPSI%20RANI%20VIOLETA.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.