Analisis Keterampilan Membaca Puisi Kusangka Karya Amir Hamzah Mahasiswa Semester 2

Annur Budiawan, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Membaca merupakan aktivitas agar seseorang mendapatkan informasi terbaru. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca puisi. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca puisi dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca puisi yang berjudul Kusangka Karya Amir Hamzah, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca puisi. Hasil pembahasan membaca puisi terdiri dari beberapa aspek, antara lain: 1) Pelafalan , 2) Intonasi, 3) Mimik. Simpulan pada penelitian ini membaca puisi itu bisa dinilai dengan tiga aspek.

Kata kunci—keterampilan membaca, puisi, mahasiswa

 

 

abstract—Reading is an activity for a person to get the latest information. This research needs to be done to find out the ability of second semester students in reading poetry. This research method is in the form of qualitative research, the data obtained in the form of the ability to read poetry with the data source comes from the results of the poetry reading test entitled Kusangka Karya Amir Hamzah, the techniques used are test techniques and unstructured interviews, the data analysis used is data analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and the type of data validation using source triangulation, namely interviews with the best students in reading poetry. The results of the discussion of reading poetry consist of several aspects, including: 1) Pronunciation, 2) Intonation, 3) Mimic. The conclusion in this study is that reading poetry can be assessed with three aspects.

Keywords—reading skills, poetry, university students


Keywords


reading skills, poetry, university students

Full Text:

PDF

References


Achmad, B., Sebastian, D. A. (2016). Analisis gaya belajar mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Katolik Weetebula. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1285-1293. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.882.

Aditya, G., Guntur, H. (2012). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI 3 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Uika Jaya, 1(2), 82-92. Https://Doi.Org/10.32832/Jpmuj.V1i2.1909.

Amirullah, A. (2015). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Media Nusa Creative.

Andre, T. (2008). Sikap bahasa mahasiswa dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Geram, 7(2), 71-77. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4026 .

Andriyani, C., Ferdi, A. (2021). Meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas menggunakan teknik pancingan kata kunci di kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43-52. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7185.

Arif, P. (2020). Sikap mahasiswa terhadap bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79-87. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1525.

Arya, D. (2017). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Media Nusa Creative.

Farida, A. (2016). Hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659.

Ghafur, H. (2018). Pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di SD N Golo Yogyakarta. Jurnal Basic Education, 7(30), 2941-2951. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6516.

Hamdani, A. S., Riani, D. (2011). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di SMK PGRI Bogor. Jurnal pengabdian masyarakat UIKA jaya, 1(2), 82-92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.

Harianto, H. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167.

Haris, M. A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Fizzo Novel Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 122-130). https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/viewFile/2871/640.

Hengki, S. (2019). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.

Hidayat, G. (2017). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Jurnal hukum pidana dan ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Huda, A. (2020). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal dinamika pendidikan, 11(3), 210-228. https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892.

Kusminah, M. (2012). Analisis keterampilan membaca dongeng siswa sekolah dasar serta relevansinya dengan pembelajaran membaca. Jurnal Litbang Eduscientech, 3(1), 42-50. https://doi.org/10.51402/jle.v3i1.65.

Laila, Y. (2017). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Maulani, A. (2021). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://Doi.Org/10.24252/Ad.V5i2.4854.

Nugroho, S. (2015). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21-39. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salmiya.

Nurhayati, Y. (2017). Mengenal sastra lama – jenis, definisi, ciri, sejarah, dan contoh. CV. Andi Offset.

Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lubis, L. P. R., Wildayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal pendidikan dan sastra Inggris, 3(2), 51-62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984.

Rahman, B., Haryanto, H. (2019) Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal prima edukasia, 2(2), 127-137. https://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.

Ratna, E. (2011). Analisis Stilistika pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Rico, A. E., & Fitriza, Z. (2021). Deskripsi miskonsepsi siswa pada materi senyawa hidrokarbon: Studi literatur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1495-1502. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Romi, D. (2013). Keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. FONDATIA, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088.

Setiawan, W. (2018). Pelatihan pembacaan puisi pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 497-504. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.638.

Slamet, M. (2017). Peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi di kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9) 1-9. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27606.

Sudarmaji, A. (2021). Penerapan k-means clustering pada data penerimaan mahasiswa baru (studi kasus: Universitas Potensi Utama). Semnasteknomedia Online, 3(1), 2-1. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837/0.

Suparlan, S. (2018). Simbol waktu dalam Puisi Tangan Waktu dan Yang Fana Adalah Waktu karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 57-68. https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2019.

Supriyadi, D. (2012). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.858.

Surya, A. (2013). Kajian literatur penilaian guru terhadap keterampilan siswa dalam membaca puisi tahun 2015-2021. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 309-330. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6685.

Susanto, S. (2019). Pelatihan membaca syair siswa kelas XII SMA Negeri 2 Dumai. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(3), 89-92. https://doi.org/10.25299/s.v1i3.10791.

Suyanti, D. (2021). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 28-37. https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.92.

Tabbany, A. (2019). Pengembangan pembelajaran keterampilan membaca melalui penerapan teknik tari bambu. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 15(02), 17-23. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513.

Tegar, T. (2017). Pelatihan teknik membaca puisi mahasiswa Universitas Islam Riau. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 275-282. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.13440.

Tio, A. (2011). Pelatihan membaca puisi dengan kaidah bahasa Indonesia bagi siswa madrasah. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.321.

Triyanti, C. (2012). Pentingnya membaca dan menggunakan perpustakaan dalam mengubah kehidupan manusia. Jupiter, 13(1), 24-28. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1672.

Umilia, A. S. (2015). Analisis keterampilan membaca dongeng siswa sekolah dasar serta relevansinya dengan pembelajaran membaca. Jurnal Litbang Eduscientech, 3(1), 42-50. https://doi.org/10.51402/jle.v3i1.65.

Utami, H. (2018). Analisis puisi Kota Kelahiran karya Dwi Fitri Devariani dengan pendekatan ekspresif. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi (Vol. 1, No. 1, pp. 437-442). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1267.

Wulandari, S. (2015). Penerapan metode skimming dalam peningkatan kemampuan membaca dalam hati pada remaja. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 61-72. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.930.

Zuhria, A. Z., Kurnia, M. D., Jaja, J., Hasanudin, C. (2022). Dampak era digital terhadap minat baca remaja. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan pengajaran, 1(2), 17-23. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1254/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.