Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Ande Ande Lumut Mahasiswa Semester 2

Fitria Rahmawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Membaca adalah sebuah  kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari bahan bacaan dan melibatkan komunikasi antara pembaca dan penulis karya, sehingga tercipta pemahaman antara bahasa yang tertulis dan yang diucapkan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca dongeng. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca dongeng dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca dongeng yang berjudul Ande Ande Lumut, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca dongeng. Hasil pembahasan membaca dongeng terdiri dari beberapa aspek, antara lain: 1) Penghayatan ,2) Intonasi, 3) vokal, 4) ekspresi. Simpulan pada penelitian ini adalah membaca dongeng dapat dinilai dengan menggunakan empat aspek pedoman penilaian.

Kata kunci—Membaca, Dongeng, Mahasiswa

 

 

abstract— Reading is an activity carried out to obtain information from reading materials and involves communication between the reader and the author of the work, thus creating an understanding between written and spoken language. This research needs to be done to find out the ability of second semester students in reading fairy tales. This research method is in the form of qualitative research, the data obtained in the form of the ability to read fairy tales with the data source comes from the results of the fairy tale reading test entitled Ande Ande Lumut, the techniques used are test techniques and unstructured interviews, the data analysis used is data analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and the type of data validation using source triangulation, namely interviews with the best students in reading fairy tales. The results of the discussion of reading fairy tales consist of several aspects, including: 1) Imagery, 2) Intonation, 3) vocals, 4) expression. The conclusion of this study is that reading fairy tales can be assessed using four aspects of assessment guidelines.

Keywords— Reading, Storytelling, College Students


Keywords


Reading, Storytelling, College Students

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. N. (2018). Perbandingan Kemampuan Membaca Cerita Rakyat Sumatera Selatan Dan Cerita Pendek Terbitan Kompas. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2415.

Andriani, R., Kamal, S. J., Afifah, H., & Rahma, S. F. (2024). Analisis Minat Baca Intensif Berbasis Cerita Rakyat Melalui Media Audiovisual pada Mahasiswa PBSI UIN Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 4(1), 169-177. https://doi.org/10.55606/jupensi.v4i1.3355.

Anggriani, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Kolaborasi Metode SSCS dan Media Audio Visual. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 201-212. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/239.

Aprodita, M. (2016). Dongeng Rakyat Nusantara. Tangerang selatan: PT Happy Holy Kids.

Ardini, P. P. (2023). Dongeng Teori dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Artana, I. K. (2015). Perpustakaan, masyarakat, dan pembudayaan gemar membaca. Acarya pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ap.v1i01.7145.

Azizah, A., Nurkamto, J., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2017). Pembelajaran Apresiasi Dongeng sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol.1,No. 1).

Bancin, M., & Masitah, W. (2024). Implementasi Metode Bercerita Tentang Kisah Nabi Pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 203-215. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.513.

Berlianti, D. F., Al Abid, A., & Ruby, A. C. (2024). Analisis kebutuhan pembelajaran mengenal huruf vokal pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan di sdlb negeri purwosari kudus. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7061-7067.https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28895.

Bitu, Y. S., & Suluh, M. (2024). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Katolik Weetebula. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1285-1293.https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.882.

Fatonah, K., & Alfian, A. (2020). Keterampilan mendongeng mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar universitas esa unggul di media sosial youtube. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/8.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Hasim, E., Pahrun, R., Halidu, S., & Thalib, W. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Dongeng Melalui Media http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.4.885-900.2023.

Hidayah, N. L. (2022). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-QiroAh (Keterampilan Membaca) Bahasa Arab Dengan Cara Membaca Di Depan Kelas Dan Ditirukan. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 246-253.

http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/700.

https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1215/924.

Indriawati, S. (2023). Pengaruh Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Dongeng. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(3), 214-220.https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i3.62556.

Kahar, A. M., & Sudaryanto, M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 243-250).http://conference.fib.unsoed.ac.id/ojs/index.php/kokadoma/article/view/340.

Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24-35.https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.918.

Maksum, A. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Membaca. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 197-210. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.5026.

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Geram, 7(2), 71-77. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4026.

Maretha,D. R., (2019). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerita Hikayat Karya Yulita Fitriana dan Aplikasinya Sebagai Bahan Ajar Kelas X Smk Priority. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 77-81. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1706.

Mutiara, A. S., & Saudah, S. (2024). Meningkatkan Perilaku Jujur Pada Anak Melalui Eksplorasi Menggunakan Dongeng Pinokio Si Boneka Kayu. Jambura Early Childhood Education Journal, 6(1), 58-74. https://doi.org/10.37411/jecej.v6i1.2813.

Nugroho, Y. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Menyenangkan dengan Mendongeng. EL-TARBAWI, 11(1). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art3.

Nurdini, T., & Mutia, I. (2024). Taman Bacaan kamboja Banjarmasin. Jurnal tugas akhir Mahasiswa Lanting, 13(1), 151-165. https://doi.org/10.20527/jtamlanting.v13i1.2471.

Nurfitriani, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SDN Kecil To’pae Kabupaten Enrekang. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(2), 82-90. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i2.424.

Nurhamidah, I., Murtiningrum, A., Muna, N., & Purwanto, S. (2021). Pelatihan Mendongeng bagi Para Wali Murid KB/TK Ki Ageng Selo di Masa Pandemi Covid-19. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 567-575. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.7478.

Nurhasanah, S., Risan, I. F. Y., & Hardinah, Y. D. (2024). 4 Peran Mahasiswa KKN dalam Bidang Pendidikan di Mts Al-Mukhtariyah Mande. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 36-46. http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2821.

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis keterampilan membaca permulaan siswa Sekolah Dasar: studi kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1-8. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1648637&val=15032.

Putra, T. M., Erfahmi, M. S., & Zubaidah, M. P. (2017). Ekspresi Wajah Dalam Karya Lukis Surrealis. Serupa The Journal of Art Education, 4(3). https://doi.org/10.24036/sr.v4i3.8158.

Rakhman, R. T., Piliang, Y. A., Ahmad, H. A., & Gunawan, I. (2021). Pemetaan Jenis Dongeng Nusantara Dalam Infografis. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 59-78. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/3938.

Ratnaningsih, A., Purwanto, J., & Maksum, M. A. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar serta Relevansinya dengan Pembelajaran Membaca. Jurnal Litbang Eduscientech, 3(1), 42-50. https://doi.org/10.51402/jle.v3i1.65.

Rizal, R. A., Gulo, S., Sihombing, O. D. C., Napitupulu, A. B. M., Gultom, A. Y., & Siagian, T. J. (2019). Analisis Gray Level Co-Occurrence Matrix (Glcm) Dalam Mengenali Citra Ekspresi Wajah: Analisis Gray Level Co-Occurrence Matrix (GLCM) Dalam Mengenali Citra Ekspresi Wajah. Jurnal Mantik, 3(2), 31-38. https://www.ejournal.iocscience.org/index.php/mantik/article/view/497.

Rosada, U. D. (2016). Memperkuat karakter anak melalui dongeng berbasis media visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 42-49. http://doi.org/10.2573/jcare.v4i1.583.

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), 99-106. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/2739/1666.

Saleh, T. (2014). Pentingnya membaca dan menggunakan perpustakaan dalam mengubah kehidupan manusia. Jupiter, 13(1). http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1672.

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592.

Setyawati, C. K. (2011). Pengembangan pembelajaran keterampilan membaca melalui penerapan teknik tari bambu. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 15(02). https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v15i02.5513.

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia. Basastra, 1(1), 54467. https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.201.

Sumaryanti, E. D., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Analisis Bentuk Konjungsi pada Novel Manusia dan Badainya Karya Syahid Muhammad. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 1-13. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/4266.

Supriadin, S. (2015). Analisis Perbandingan Dongeng Pada Masyarakat Bima Dengan Dongeng Pada Masyarakat Sasak. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 265-276. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v1i2.266.

Syaiful, A. (2023). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan di Masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.

Trianto,A. (2006). Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: Esis.

Wahyuni, Y. S. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Kabupaten Agam. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(1), 73-87. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i1.1605

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909

Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 12-17. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPBSI/article/view/231/188.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.