Analisis Unsur Intrinsik Puisi Kesulitan dan Kemudahan Karya Elsa Yulina

Felisia Enggita Cahyani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Unsur intrinsik puisi dapat diartikan sebagai elemen-elemen yang terdapat pada puisi itu sendiri sehingga dapat memuat puisi secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis unsur intrinsik pada puisi Kesulitan dan Kemudahan karya Elsa Yuliana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, catat, libat, dan teknik analisis data dalam penelitian menggunakan konten analisis dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian yaitu unsur intrinsik Kesulitan dan Kemudahan karya Elsa Yuliana terdiri dari Analisis unsur intrinsik pada puisi Kesulitan dan Kemudahan karya Elsa Yuliana yaitu 1) bertema ketabahan dan harapan, 2) mempunyai gaya bahasa repetisi, dan majas personifikasi, 3) menerapkan diksi konotatif, 4) menerapkan rima bebas, 5) memiliki amanat untuk semangat dalam menjalani kehidupan, 6) menerapkam sudut pandang orang ketiga, dan 7) memiliki tipografi berbentuk sebuah gitar. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 7 analisis unsur intrinsik puisi Kesulitan dan Kemudahan karya Elsa Yuliana.

Kata kunci—Puisi, Unsur intrinsik puisi, Kesulitan dan Kemudahan

 

abstract— The intrinsic elements of poetry can be defined as the elements contained in the poem itself so that it can contain the poem as a whole. The purpose of this research is to know and analyze the intrinsic elements in the poem Kesulitan dan Kemudahan by Elsa Yuliana. The method used in this research is a qualitative research type method, the data collection technique used is the technique of listening, noting, engaging, and data analysis techniques in research using content analysis from Miles and Huberman. The results of the research are the intrinsic elements of Kesulitan dan Kemudahan by Elsa Yuliana consisting of Analysis of intrinsic elements in the poem kesulitan dan kemudahn by Elsa Yuliana, namely 1) the theme of fortitude and hope, 2) has a repetition language style, and personification majas, 3) applies connotative diction, 4) applies free rhyme, 5) has a mandate for enthusiasm in living life, 6) applies third person point of view, and 7) has typography in the form of a guitar. The conclusion of this research is that there are 7 analyses of the intrinsic elements of the poem kesulitan dan Kemudahan by Elsa Yuliana

 Keywords— Poetry, Intrinsic elements, kesulitan dan Kemudahan


Keywords


Poetry, Intrinsic elements, kesulitan dan Kemudahan

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., dan Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ahsin, M. N. (2017). Analisis Struktur dan Nilai Konservasi Beberapa Puisi pada Antologi Puisi Bersiap Menjadi Dongeng. Aksara, 18(1), 241036. https://www.neliti.com/publications/241036/analisis-struktur-dan-nilai-konservasi-beberapa-puisi-pada-antologi-puisi-bersia.

Akmal, A. (2015). Kebudayaan melayu Riau (pantun, syair, gurindam). Jurnal Dakwah Risalah, 26(4), 159-165. http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v26i4.1283.

Alfianika, N. (2015). Bahasa Betawi dan Gaya Bahasa Repetisi dalam Ceramah Ustad Yusuf Mansur Program Wisata Hati di ANTV. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 111-122. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1161.

Aswadi, D., dan Lismayanti, H. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan karakter anak di era milenial. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970.

Ate, C. P., & Lawa, S. T. N. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Novel Ayah Karya Andrea Hirata. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.37792/hinef.v1i1.390.

Bagaskoro, G. (2021). Analisis Diksi Pidato Kemenangan Presiden Joe Biden. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra (e-ISSN: 2797-0477), 1(02), 30-42. https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/118.

Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Musaddat, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776-784. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.340.

Djafar, C. (2020). Kajian Diksi dan Gaya Bahasa Metafora Pada Puisi Ininawa Karya Lakon Sang Kelana Modies Palopo. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 3(2), 1-7. https://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/andidjemma/article/view/445.

Doyin, M. (2014). Pengembangan materi ajar puisi di sd. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1), 29-81. https://doi.org/10.15294/lingua.v10i1.2981.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Haliza, A. N., dan Huda, C. (2023). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Karya Peserta Didik Kelas IV A SD Supriyadi Semarang. TSAQOFAH, 3(6), 1198-1208. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1796.

Hambali, H., dan Anzar, A. (2015). Kajian Impresionistik Puisi-Puisi Karya Chairil Anwar. Junal Konfiks, 2(2), 92-102. https://doi.org/10.26618/konfiks.v2i2.409.

Hermawan, D. (2019). Pemanfaatan hasil analisis novel seruni karya almas sufeeya sebagai bahan ajar sastra di sma. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11-20. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.125.

Hidayat, C. A., Rustono, W. S., & Bakhraeni, R. (2016). Analisis unsur intrinsik puisi tema guru karya siswa kelas V SDN 1 Nagarasari. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 24-32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i1.4766.

Hidayatullah, A. (2018). Tema dan gaya bahasa puisi siswa SMP: kajian struktural. Journal of Language learning and Research (JOLLAR), 1(2), 1-11. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php.

Ilma, A. A. (2016). Dari Puisi Mantra Hingga Puisi Esai sebuah Lanskap Perpuisian Indonesia. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 194-201. https://doi.org/10.23917/humaniora.v17i2.2511.

Isnaini, H., & Rosmawati, I. (2021). Mahasiswa dan Agen Perubahan pada Puisi “Sajak Pertemuan Mahasiswa” karya WS. Rendra. Lingua Susastra, 2(2), 92-104. https://doi.org/10.24036/ls.v2i2.37.

Kardian, A. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Puisi Dengan Menggunakan Metode Course Review Horay. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 15-22. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Kusmiati, V., Fatimah, N., & Firmansyah, D. (2018). Analisis amanat dalam puisi †œpanggung sandiwara†karya Ika Mustika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 801-806. http://orcid.org/0000-0002-2300-0738.

Kusnadi, K., & Andriani, A. (2020). Analsis Struktural Unsur Intrinsik Pada Puisi Pesanku Dan Pesan Prajurit Karya Asmara Hadi Dan Trisno Sumardjo. Journal Peqguruang, 2(2), 63-69. https://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1544.

Laila, M. P. (2016). Gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi melihat api bekerja karya M AAN Mansyur (tinjauan stilistika). Jurnal gramatika, 2(2), 79994. http://dx.doi.org/10.22202/JG.2016.V2i2.842.

Lestari, Q. Y., Jannah, K. R., Rahayu, S. Y., dan Damariswara, R. (2023). Analisis Unsur Intrinsik pada Puisi “Kepada Orang yang Baru Patah Hati” Karya Raditya Dika. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 154-161. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.244.

Muwaffa, R. (2021). Analaisis Struturalisme Ferdinand De Saussure Pada Puisi الأم Karya Kahlil Gibran. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 10(1), 47-63. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.47-63.2021.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Novianty, N. T. (2022). Kajian Struktural Pada Puisi “Kekasihku” Karya Joko Pinurbo. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 22-33. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.276.

Nuriadin, D. (2017). Struktur Puisi Lirik Lagu Ada Band Album 2 Dekade-Terbaik Dari. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 28-38. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.579.

Pahrun, R. (2022). Pembelajaran Puisi yang Apresiatif di Kelas Tinggi SDN No 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(3), 785-794. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.785-794.2022.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i1.7297.

Pritandhari, M. (2016). Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas Muhammadiyah metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1-7. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631.

Purnamasari, D., Usman, M., & Agussalim, H. (2019). Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Puisi “Kesabaran’’karya Chairil Anwar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Pinrang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Cakrawala Indonesia, 4(2), 1-5. https://doi.org/10.55678/jci.v4i2.185.

Rachmadani, F. D. (2017). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi Karya Siswa SMA Di Yogyakarta. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 6(3), 297-312. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pbsi/article/view/8035.

Rahayu, T., dan Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89-96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., dan Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Sakiah, N. A., dan Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis PowerPoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Salwia, F., Syahbuddin, S., & Efendi, M. (2022). Analisis Majas Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2228-2231. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.937.

Sari, N. I., dan Randi, R. (2024). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153-161. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3153.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. https://doi.org/10.47313/pujangga.v7i1.1170.

Suhita, S. (2017). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Puisi Lama Gurindam. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 152-169. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010201.

Supriyono, S., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2018). Diksi Konotatif Puisi-Puisi Subagio Sastrowardoyo dan Implementasinya dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Gramatika, 4(1), 104-117. https://doi.org/10.22202/JG.2018.V4i1.2460.

Susanto, D., dan Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.

Tara, F., Sari, B. P., Agustina, R. A., Maharani, T. A., dan Hasanudin, C. (2023). Urgensi Menyimak Sosial di Kalangan Karang Taruna di Daerah Pedesaan. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 29-40. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3810.

Ula, W. R. R. (2021). Dampak kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Tunas Nusantara, 3(1), 290-298. https://doi.org/10.34001/jtn.v3i1.2140.

Vitasari, W., Hermandra, H., dan Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org./10.31004/jptam.v6i2.4253.

Wandi, S. (2013). Pembinaan prestasi ekstrakurikuler olahraga di SMA Karangturi kota Semarang. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(8), 1-12. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.

Wulansari, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 230-232. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.620.

Yono, R. R., Premana, A., dan Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Abdimas Unwahas, 7(2). http://dx.doi.org/10.31942/abd.v7i2.7507.

Yuliawati, L., Sutrimah, S., dan Hasanudin, C. (2020). Analisis penelaahan puisi rakyat dengan strategi PQ4R. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01), 21-27. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.