Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Tertutup dan Terbuka

Intan Devi Arianti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Permasalahan matematika tertutup dan terbuka harus dapat dikuasai siswa sekolah menengah pertama.Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah matematika tertutup dan terbuka.Metode yang digunakan penelitian yaitu metode SLR (Systematic Literature Review) degan melakukan dokumentasi artikel, jurnal, dan buku.Data yang berupa data sekunder dari buku dan jurnal yang dipublikasikan di nasional.Teknik penggumpul data yang digunakan teknik simak, catat,dan libat.penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sebagai sumber data.untuk mengetahui hasil kesulitan siswa sekolah menengah pertama memecahkan masalah matematika tertutup dan terbuka dengan menggunakan 1)Diskusi.Beri kesempatan siswa untuk berdiskusi dan berkerja sama menyelesaikan matematika agar dapat meningkatkan pemikiran yang kritis.2)Berikan siswa soal permasalahan matematika yang sangat menantang membutuhkan fikiran yang kritis agar siswa dapat mengembangkan kreativitas dalam mencari jalan keluar atau solusi.3)Dengan menggunakan alat bantu seperti gambar diagram,game tentang matematika agar dapat mengembangkan kreativitas siswa.4)Membuat strategi pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik.Simpulan penelitian ini adalah terdapat langkah - langkah diatas siswa harus dapat di mengerti, agar siswa dapat memecahkan permasalahan soal matematika tertutup dan terbuka dengan benar.

Kata kunci—analisis, siswa SMP, matematika

abstract—Junior high school students must be able to master closed and open mathematics problems. The aim of this research is to solve closed and open mathematics problems. The research method used is the SLR (Systematic Literature Review) method by documenting articles, journals and books. The data is in the form of secondary data from books and journals published nationally. Data collection techniques used were listening, note-taking and engaging techniques. This research used triangulation as a data source. To find out the results of junior high school students' difficulties in solving closed and open mathematics problems using 1 )Discussion. Give students the opportunity to discuss and work together to solve mathematics in order to improve critical thinking 2) Give students very challenging math problems that require critical thinking so that students can develop creativity in finding solutions or solutions.3) By using tools such as drawing diagrams, games about mathematics to develop students' creativity 4) Create interesting learning strategies so that students are interested.The conclusion of this research is that there are steps above that students must be able to understand, so that students can solve closed and open mathematics problems correctly.

Keywords—analysis, junior high school students, mathematics


Keywords


analysis, junior high school students, mathematics

Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280.

Alifia, N. N., & Rakhmawati, I. A. (2018). Kajian kemampuan self-efficacy matematis. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 44–54. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i1.2958

Amir, Z. (2016). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Jurnal Perempuan, Agama, dan Gender, 12(1), 14-29. https://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Gunanto. (2022). Kurikulum Merdeka Berbasis Akhlak Mulia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785. https://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v1i3.8908

Komaruddin. (2001). Ensilopedia Manajemen, Edisi ke 5. Jakarta: Bumi Aksara.

Kristiyono, H. (2008). Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 1-10. https://www.academia.edu/download/31757834/Mahir_Perkalian.pdf.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(1), 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339

Monks, J.F, Knoers, P. M., & Haditono, R.S. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muntihana Vimila. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web dan Android Pada Klinik Gigi Lisda Medica di Kabupaten Bulukumba Sulsel, Makasar : Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi, Uin Alaudin Makasar.

Saputro, Puput (2021). "Pengertian Analisis Adalah Proses Penguraian Data, Pahami Metode-Metodenya". plus.kapanlagi.com. Diakses tanggal 2021-12-23. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Analisis#cite_ref-

Sarwono, S.W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suherman. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Sukiyanto, S., Syamsulrizal, S., & Anggreini, D. (2021). Model mental konseptual siswa sekolah menengah pertama dalam memahami konsep faktor prima. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23434

Suriasumantri, J.S. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.