Pengenalan Konsep pada Materi Barisan dan Deret di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
abstrak—Materi barisan dan deret merupakan pelajaran yang diajarkan di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian ini adalah memberi pengenalan konsep materi barisan dan deret pada siswa, agar diterapkan dan berguna di mata pelajaran matematika. Penelitian ini meggunakan metode Sytematic Literature Review (SLR). Data yang digunakan berupa kata, frasa dan kalimat yang beraitan dengan judul. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari jurnal yang terbit secara nasional dan internasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, catat, dan libat. Teknik validasi data yang digunakan adalah Teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah mengenalkan dan menjelaskan tentang materi barisan dan deret. Simpulan dari penelitian di bawah ini; 1) aritmatika, terdiri dari barisan dan deret aritmatika, 2) geometri, terdiri dari barisan dan deret geometri, 3) konvergen, terdiri dari barisan dan deret konvergen, 4) divergen, terdiri dari barisan dan deret divergen, 5) periodik, terdiri dari barisan dan deret periodik dan, 6) berpola, terdiri dari barisan dan deret berpola.
Kata kunci—Barisan, deret, dan sekolah menengah pertama
abstract— Rows and series material is a subject taught at the junior high school level. The purpose of this research is to introduce the concept of row and sequence material to students, so that it is applied and useful in mathematics subjects. This research uses the Sytematic Literature Review (SLR) method. The data used are words, phrases and sentences related to the title. The data source used is secondary data from journals published nationally and internationally. The data collection technique is done by listening, noting, and engaging techniques. The data validation technique used is source triangulation technique. The result of this research is to introduce and explain about the material of rows and series. The conclusions of the research below; 1) arithmetic, consisting of arithmetic rows and series, 2) geometry, consisting of geometric rows and series, 3) convergent, consisting of convergent rows and series, 4) divergent, consisting of divergent rows and series, 5) periodic, consisting of periodic rows and series and, 6) patterned, consisting of patterned rows and series.
Keywords— Rows, series, and junior high school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifuddin,M. (2020). Memahami epsilon dalam konteks barisan bilangan real. Negeri Buku, 2020,1-7. Retrieved from https://ln.run/EgmYs.
Alpiani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-modul matematika pada materi barisan dan deret berbantuan smart app creator untuk siswa SMA/SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2110-2121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1452.
Anwar,H. (2017). Hasil belajar barisan dan deret aritmatika melalui pembelajaran skrip kooperatif. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan 3 (2), 113-122. Retrieved from https://shorturl.at/mt60S.
Azmi,D.N., Mahardika,I.K., Mutmainah,N., & Lestari,P. (2023). Pengertian perkembangan dan pertumbuhan anak usia SMP ditinjau dari pemahamannya terhadap pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3), 27171-27176. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11021.
Ciung,M.V., & Taufiq,I. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi deret aritmatika. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1), 41-50. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5100.
Darkasyi,M., Johar,R., & Ahmad,A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika 1 (1). 21-34. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1336.
Fauzia,T.A., Juandi,D., & Purniati,T. (2017). Desain didaktis konsep barisan dan deret aritmatika pada pembelajaran matematika sekolah menengah atas. Journal on Mathematics Education Research 1 (2), 49-59. https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/7743/0.
Firnanda,G.I., Zuhrotul,A.A., & Siti,H. (2024). Analisis kesalahan siswa SMK dalam memecahkan soal penerapan barisan dan deret geometri pada konteks bisnis. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia (JKPI) 1 (1), 34-40. https://doi.org/10.62947/jkpi.v1i1.3.
Handayani,T. Hartatiana,H.,& Muslimahayati,M. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2), 160-168. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i2.111.
Hasanah,H., Nugraheni,P., & Purwoko,R.Y. (2020). Analisis kendala penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran barisan dan deret geometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11 (1),16-26. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20663.
Hidayat,D. (2017). Manajemen humas dalam peningkatan hubungan kerjasama sekolah dengan masyarakat di SMP Nahdatul Ulama Medan. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (1), 43-50. http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i1.1115.
Khoerunnisa, S. F., Senjayawati, E., & Kadarisma, G. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika dengan menggunakan model discovery learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1505-1512. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.10854.
Lewi,L., Zulkardi,Z., & Aisyah,N. (2009). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2), 113-122. https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.326.
Malik,A. (2014). Fungsi Komunikasi antara guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi kasus proses belajar mengajar pada SMP negeri 3 sindue). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi 3 (2), 168-173. https://doi.org/10.14710/interaksi.3.2.168-173.
Muthmainnah,M., Hapizah,H., & Somakim,S. (2019). Penerapan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1 (1), 27-37. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9567.
Ningsih,E.S. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI SMK binakarya mandiri. Universitas Kristen Indonesia, 1-7. http://repository.uki.ac.id/12157/.
Prabowo,E.H., Nurfauziah,P.,& Hutajulu,M. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pendekatan discovery learning pada materi barisan dan deret kelas X rekayasa perangkat lunak. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 5 (5), 1323-1330. http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10863.
Raibowo,S., & Nopiyanto,Y.E. (2020). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga & kesehatan pada SMP Negeri se-kabupaten Mukomuko melalui pendekatan model kontext, input, process & product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6 (2), 146–165-146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.
Rambe,A.Y.F.,& Afri,L.D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 9 (2), 175-187. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069.
Ramdan,Z.M. Veralita,L. Rohaeti,E.E,& Purwasih,R. (2018). Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7 (2), 171-179. Retrieved from https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2019/01/ANALISIS-SELF-CONFIDENCE-TERHADAP-KEMAMPUAN-PEMECAHAN-MASALAH-MATEMATIS-SISWA-SMK-PADA-MATERI-BARISAN-DAN-DERET.pdf.
Riani, N. M. S. T., Suweken, G., & Sariyasa, S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 204-218. http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13457.
Septiawan,S., & Abdurrahman,A. (2020). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS6 professional pada materi barisan & deret kelas XI SMA. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 8 (1), 11-18. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3481.
Silaban,A.M., Simbolon,K., & Lumbantoruan,J.H. (2022). Kesulitan siswa dalam memecahkan masalah barisan dan deret aritmatika. Brillo Journal 1 (2), 95-101. Retrieved from http://repository.uki.ac.id/10779/.
Siregar,R.A.B., Siambaton,N.H.B., & Wandini,R.R. (2023). Peran pendidik dalam memfasilitasi pemahaman konsep barisan dan deret geometri pada kelas VI di SD muhammadiyah barus mudik. Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3), 31485-31488. Retrieved from https://shorturl.at/akr5w.
Utomo,P., Sakuroh,L., & Yuliar,F. (2018). Perancangan sistem Informasi akademik berbasis web si SMP PGRI 174 Cikupa. Jurnal Sisfotek Global 8 (1), 63-68. Retrieved from https://shorturl.at/RZGtJ.
Wahyuningsih,S. (2017). Barisan dan deret tak hingga. Kalkulus 2 (24), 1-49. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/198234623.pdf.
Wandini,R.R., Siregar,A.F., & Ramadhani,F. (2023). Penerapan problem based learning dalam peningkatan hasil belajar barisan dan deret aritmatika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 7 (3), 421-426. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.421-426.
Wardhani,S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK, 1-7. Retrieved from https://mgmpmatsatapmalang.wordpress.com/wp-content/uploads/2011/11/13-si-sklsmp-optimalisasi-tujuan-wardhani.pdf.
Wulandari,M.,& Setiawan,W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 4 (3), 571-578. Retrieved from http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6856.
Yanti,R.N., Melati,A.S., & Zanty,L.S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1), 209-219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.