Mengenal Konsep Dasar Geometri untuk Matematika Sekolah Dasar

Dwi Nur Adinda Kencana Wulandari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Geometri merupakan pembelajaran matematika yang mempelajari konsep dasar bangun ruang, dan bangun datar. Tujuan penelitian ini untuk mengenal konsep dasar geometri kepada siswa sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR atau systematic literature review. Data ini berupa data sekunder dari buku, jurnal, dan artikel yang telah terbit secara nasional. Penelitian ini menggunakan teknik validasi data, yaitu teknik triagulasi yang menggabungkan dan mengembangkan ide-ide yang bersumber dari artikel, jurnal, serta buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dasar geometri untuk matematika sekolah dasar cara 1) Mengenal jenis-jenis serta ciri-ciri bangun 2 dimensi, serta 3 dimensi, 2) Mengenal rumus-rumus, dan 3) Berlatih mengerjakan soal latihan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengenal konsep dasar geometri untuk siswa sekolah dasar agar kemampuan memahami materi tersebut meningkat.

Kata kunci— Matematika, Geometri, Sekolah dasar

 

abstract— Geometry is a mathematics lesson that studies the basic concepts of building space, and flat buildings. The purpose of this research is to recognize the basic concepts of geometry to elementary school students. The method in this study uses SLR or systematic literature review. This data is secondary data from books, journals, and articles that have been published nationally. This research uses data validation techniques, namely triagulation techniques that combine and develop ideas sourced from articles, journals, and books. The results of this study indicate that the basic concepts of geometry for elementary school mathematics are 1) Recognize the types and characteristics of 2-dimensional buildings, as well as 3 dimensions, 2) Recognize formulas, and 3) Practice doing exercise questions. The conclusion of this study is to recognize the basic concepts of geometry for elementary school students so that the ability to understand the material increases.

Keywords—Mathematics, Geometry, Elementary School


Keywords


Mathematics, Geometry, Elementary School

Full Text:

PDF

References


Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (2023). Media pembelajaran digital sebagai implementasi pembelajaran inovatif untuk sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3951-3955. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11640.

Aini, N. (2017). Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menghitung berat benda menggunakan tangga konversi satuan berat. Universitas Muhammadiyah sidoarjo. https://eprints.umsida.ac.id/640/.

Asma, A. (2022). Pengaruh Teknik Penilaian Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Sikap Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 632-638. https://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1043.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. https://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Fauzi, A., & Haeriah, H. (2021). Kesulitan siswa sekolah dasar pada materi geometri bangun ruang ditinjau dari persepsi guru. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 17-23. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dikmat/article/view/45.

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep geometri pada kerajinan tradisional sasak dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118-128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726.

Hanafi, M. A. (2018). Deskripsi kesulitan belajar geometri mahasiswa program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding, 3(1), 273-283. https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/797.

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-66. Https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.6.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113.

Jafar, A. F. (2021). Penerapan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Al asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 190-199. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748.

Khairunnisa, K., & Masruroh, A. (2020). Pengembangan modul matematika berbasis pendekatan realistic mathematic education pada materi kelipatan dan faktor bilangan siswa kelas IV sekolah dasar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 299-306. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4743.

Marhummah, U., & Mariana, N. (2020). Eksplorasi Konsep Geometri Sekolah Dasar Pada Arsitektur Multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 418-428. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/34681.

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/8467.

Nadiana, V. (2024). Pelatihan Tata Bahasa Baku pada Siswa Jenjang Sekolah Dasar SD Negeri 2 Metro Selatan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(1). https://e-jurnal.stkiprosaliametro.ac.id/index.php/JPM/article/view/380.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI, 3(2), 289-298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1353/941.

Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723-731. Https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.678.

Puspitasari, N. (2016). Kontribusi Matematika Terhadap Ilmu Komputer Di D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 18-25. https://doi.org/10.46808/informa.v3i2.127.

Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-54. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/524.

Shafira, D. A., & Minsih, M. (2022). Blanded Learning dengan Desain Pembelajaran TPACK pada Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4622-4628. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2914.

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2014). Pengenalan konsep operasi hitung bilangan melalui permainan congklak dalam pembelajaran matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119-128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107.

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33-40. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155/pdf_1.

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486-7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435-448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1122/787/.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.

Yanti, T. S., & Sukarsih, I. (2006). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran Matematika Di Kecamatan Cicadas Kota Bandung. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(2), 206-213. https://www.neliti.com/publications/7516/hubungan-antara-tingkat-pendidikan-orang-tua-dengan-prestasi-siswa-sekolah-dasar.

Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game edukasi matematika untuk sekolah dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(2), 59-64. https://www.neliti.com/publications/7516/hubungan-antara-tingkat-pendidikan-orang-tua-dengan-prestasi-siswa-sekolah-dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.