Upaya Meningkatkan Menyimak Penyelidikan dalam Kasus-kasus Korupsi di Media Sosial
Abstract
abstrak—Menyimak penyelidikan memiliki peran penting dalam berbagai kasus. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui upaya meningkatkan menyimak penyelidikan terhadap kasus-kasus korupsi di media sosial. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan memahami literasi di media sosial 2) Edukasi kepada pengguna media sosial 3) Meningkatkan sosialisasi untuk mengurangi kasus korupsi 4) Membuat konten kreatif di media sosial 5) Membuat forum diskusi. Simpulan di dalam penelitian ini bahwa terdapat 5 upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan menyimak penyelidikan terhadap kasus-kasus korupsi di media sosial.
Kata kunci—Kasus-kasus korupsi, Media sosial, Menyimak penyelidikan
Abstract—Investigative listening has an important role in various cases. The purpose of this study is to find out efforts to improve listening to investigations into corruption cases on social media. The method in this research uses the SLR method. The data in this study used secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses listening and note-taking techniques while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are: 1) Increased understanding of literacy in social media 2) Education to social media users 3) Increasing socialization to reduce corruption cases 4) Creating creative content on social media 5) Creating discussion forums. The conclusion in this study is that there are 5 efforts that can be made to increase listening to investigations into corruption cases on social media.
Keywords— Corruption cases, Social media, Listening to investigations
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuk, L., & Iswahydi, D. (2019, December). Dampak penggunaan media sosial facebook terhadap interaksi sosial remaja. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3, 311-318. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/download/208/171
Adinda, K. N., Ekasanti, L., & Hasanudin, C. (2023, December). Srategi menyimak penyelidikan pada suatu kasus narkoba di kalangan remaja. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 347-354. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2284.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79.
Dalimunthe, M. A., Siregar, A. A. P., & Marsanda, S. A. (2024). Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap pola komunikasi mahasiswa: Studi kasus di fakultas dakwah dan komunikasi UIN Sumatera Utara. AHKAM, 3(1), 77-85. https://doi.org/10.58578/ahkam.v3i1.2504.
Fazrin, F. K., & Ula. D. M. (2024). Dampak media sosial terhadap proses sosialisasi anak-anak. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(11), 91–104. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v3i11.3948.
Fendlyta, N. R. M. (2024). Upaya pencegahan korupsi dan dampaknya terhadap pembangunan. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 6(10), 31-40. https://doi.org/10.3783/causa.v6i10.6456.
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013.https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609.
Gani, R. A. (2017). Dampak dan upaya pemberantasan serta pengawasan korupsi di Indonesia. Justice Pro: Jurnal Ilmu Hukum, 1(2), 1-16. https://doi.org/10.53027/jp.v1i2.113.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal Purabaya Surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal Ilmiah Fonema: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-17. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Kurniawan, R., Alhakim, A., & Aurellia, A. (2021). Sosialisasi menumbuhkan semangat toleransi di tengah pandemi pada siswa SMK Maitreyawira Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(2), 169-176.http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/4843.
Kurniawan, W., Suprianto, A., & Sumardiyono, B. (2018). Rancangan sistem forum diskusi online untuk program studi sistem informasi antara dosen dan mahasiswa. JURNAL REKAYASA INFORMASI, 5(2). 43-51.https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/177.
Laia, A. (2020). Menyimak efektif. Jawa Tengah, Indonesia: Lutfi Gilang.
Ludigdo, U. (2018). Korupsi di perguruan tinggi. Jurnal Transformative, 4(1), 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/230238966.pdf.
Maula, T. I., & Hasanudin, C. (2023, December). Urgensi menyimak penyelidikan di kalangan mahasiswa dalam menghadapi kasus korupsi. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 1(1), 935-942. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2359.
Maulana, M. (2015). Definisi, manfaat, dan elemen penting literasi digital. Seorang Pustakawan Blogger, 1(2), 1-12.https://www.academia.edu/download/41794888/Definisi__Manfaat_dan_Elemen_Penting_Literasi_Digital.pdf.
Muallifin, M. D. A. (2015). Problematika dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Ahkam: Jurnal Hukum Islam, 3(2), 311-325. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/ahkam/article/view/393/325.
Naufal, H. A., (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/download/32/63.
Novianti, E., Nugraha, A. R., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, D. S. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam penyebaran informasi program pemerintah (studi kasus sekretariat daerah Kabupaten Pangandaran). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 48- 59. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.1499.
Nurdin, I. (2017) . Etika pemerintahan: norma, konsep, dan praktek bagi penyelenggara pemerintahan. Yogyakarta, Indonesia: Lintang Rasi Aksara Books.
Pasmatuti, D. (2019). Perkembangan pengertian tindak pidana korupsi dalam hukum positif di Indonesia. Ensiklopedia Social Review, 1(1). 100-109. https://doi.org/10.33559/esr.v1i1.285.
Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2021). Model dan strategi penanaman nilai-nilai antikorupsi di sekolah dasar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 8(01), 21-31. http://repository.lppm.unila.ac.id/31869/1/Artikel%20JBTI%202021.pdf.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/download/4456/3213.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.
Pustha, F. W. T. B. & Fauzan, A. (2021). Faktor yang mempengaruhi pencegahan dan upaya pemberantasan korupsi. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 580– 585. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.599.
Putri, D. (2021). Korupsi dan prilaku koruptif. Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(2), 48-54. https://www.ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/download/68/61.
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704.
Satria, B., Tambunan, L., Radillah, T., Sari, Y. R., Aris, Q. I., & Amelia, V. (2022). Pelatihan pembuatan konten video kreatif menggunakan filmora 10 di STAI Hubbulwathan Duri. J-PEMAS-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 26-33.https://doi.org/10.33372/j-pemas.v3i1.822.
Sindang, E. (2013). Manfaat media sosial dalam ranah pendidikan dan pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.
Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., & Ikhsan, M. (2023). Menjadi guru kreatif melalui Aplikasi canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 126–133. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.7152
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wibowo, M. A. (2016). Penerapan strategi directed listening thinking approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 50-59. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v20i1.10793.
Wijaya, I. E. P. (2024). Dampak korupsi bagi Hak Asasi manusia di Indonesia. Causa: Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 7(5), 11–20. https://doi.org/10.3783/causa.v7i5.6875.
Wilhelmus, O. R. (2017). Korupsi: teori, faktor penyebab, dampak, dan penanganannya. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 17(9), 26-42. https://doi.org/10.34150/jpak.v17i9.44.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.