Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Berhitung untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Alfin Farikha Hanifiyah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— media berhitung adalah alat mengkomunikasikan pesan atau cerita. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yaitu teknik sistematis untuk mengumpulkan, menguji secara kritis, mengintegrasikan, dan mengumpulkan temuan dari berbagai penelitian yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian atau subjek yang ingin dibahas. Siswa biasanya belajar matematika dengan belajar tentang fitur dari kumpulan objek (abstraksi). Tetapi, semua itu harus sesuai dengan perkembangan kemampuan siswa, sehingga dengan begitu akan sangat membantu pembelajaran matematika di sekolah berjalan dengan lancar.

Kata kunci— Matematika, Media, Berhitung.

 

 

 

abstract— Numeracy media is a tool for communicating messages or stories. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method, which is a systematic technique for collecting, critically examining, integrating and compiling findings from various studies related to the research question or subject you want to discuss. Students usually learn mathematics by learning about the features of collections of objects (abstractions). However, all of this must be in accordance with the development of students' abilities, so that this will really help mathematics learning at school run smoothly.

Keywords— Mathematics, Media, Counting.

 


Keywords


Mathematics, Media, Counting.

Full Text:

PDF

References


Amir, Z. (2016). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Perempuan, Agama, dan Gender. 12(1). 14 - 29. https://dx.doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Ariyanti, A., & Muslimin, Z. I. ( 2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58-69. https://doi.org/10.26905/jpt.v10i1.243

Azhar, I. (2020). Peningkatan Kecepatan Berhitung Siswa Melalui Penggunaan Metode Jari. Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(2), 239-248. https://doi.org/10.58518/madinah.v7i2.1435

Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. ( 2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99–106. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–19.http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/16

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-62. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10498/6484

Gunardi, A., Sastra, W., & Isnada I. ( 2022). Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas 1 SDN Cilaku Kecamatan Curug Serang-Banten. Jurnal Pelit Calistung, 3(2),70-78. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/29

Hidayat, A. (2019). Implementasi model pembelajaran realistic mathematics education sebagai manifestasi tujuan pembelajaran matematika sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 698-705. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/100

Humairo, V. M., & Zahrina, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal AUDHI Anak Usia Dini Holistik Integratif, 3(1), 19-30. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/589/463

Hestyaningsih, L., & Pratisti, W. D. ( 2021). Efektifitas Permainan Tradisional Dakon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita. JIP ( Jurnal Intervensi Psikologi), 13(2), 161-174. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss2.art7

Istiqomah, D. N. (2015). Learning obstacles terkait kemampuan problem solving pada konsep fungsi matematika SMP. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (pp. 407-412). Paper Title (use style: paper title) (uny.ac.id)

Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game matematika sebagai upaya peningkatan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Telematika, 10(2).

article.php (kemdikbud.go.id)

Lily, N. M., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisonal Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini . Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296-308. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.214

Maryam, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka pada Kelompok B TK NW Lelupi Kecamatan Sikur. Nusantara, 1(1), 87-102. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/283

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 3(2), 174-183.

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Salsabila, T. V., & Hasanudin, C. (2023). Faktor penyebab kesulitan berhitung pada pelajaran matematika. Prosding seminar nasional daring, 1(1), 1259-1264. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php /SND/article/view/1817

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal manajemen pendidikan, 1(1), 43-57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7

Samura, A., O. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69-79. https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774-783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp /article/view/5886

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 3(2). 171–176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Siagian, D. P. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science. 2(1). 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan sains, 2(2), 180-191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/890

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills. Prosiding Senatama, 1(1), 20-27. https://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm/article/view/1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.