Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Menggapai Bintang Karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Fitri Diah Novita Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Unsur intrinsik adalah komponen-komponen yang menyusun dan mendukung struktur karya fiksi itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui unsur intrinsik pada cerpen Menggapai Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualifikatif pada pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik simak, teknik catat, dan teknik libat. Data dianalisis menggunakan metode analisis isi menurut Milles dan Huberman. Dari hasil penelitian ini adalah analisis unsur intrinsik cerpen Menggapai Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo yang meliputi 1) Tema dari cerpen Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo 2) Tokoh dan penokohan dari cerpen Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo 3) Alur dari cerpen  Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo 4) Latar dari cerpen Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo 5) Gaya bahasa dari cerpen  Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo 6) Sudut pandang dari cerpen  Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo 7) Amanat dari cerpen  Meraih Bintang karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo.

Kata kunci—Antologi, cerpen, unsur intrinsik

 

AbstractIntrinsic elements are components that compose and support the structure of the work of fiction itself. The aim of this research is to analyze and determine the intrinsic elements in the short story Menggapai Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo. In this research, a qualitative method was used to collect data using data collection techniques through listening techniques, note-taking techniques and involvement techniques. Data were analyzed using the content analysis method according to Milles and Huberman. From the results of this research is an analysis of the intrinsic elements of the short story Menggapai Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo which includes 1) Theme of the short story Meraih Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo 2) Characters and characterizations of the short story Meraih Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo 3) Plot of the short story Meraih Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo 4) Setting of the short story Meraih Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo 5) Language style of the short story Meraih Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo 6) Point of view from the short story Meraih Bintang by Dicky Nuri Prasetyo Utomo 7) Message from the short story Meraih Star by Dicky Nuri Prasetyo Utomo.

KeywordsAnthology, Short story, Intrinsic elements


Keywords


Anthology, Short story, Intrinsic elements

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. V., Halimah, H., & Sumiyadi, S. (2024). Gastrokritik Pragmatik Sastra dalam Rahasia Dapur Bahagia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1964-1972. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3646.

Abraham, I. (2017). Struktur kepribadian tokoh dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 55-63. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i1.4378.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Amna, A., Harliyana, I., & Rasyimah, R. (2022). Analisis unsur intrinsik dalam novel te o toriatte (genggam cinta) karya akmal nasery basral. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 227-239. https://ojs.unimal.ac.id/kande/article/view/9450.

Anggraini, A., Tressyalina, T., & Noveria, E. (2018). Karakteristik Struktur dan Alur dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 34-40. https://doi.org/10.24036/100707-019883.

Anissa, Y. (2023). Penerapan metode resitasi dalam pembelajaran menulis cerpen yang berorientasi pada pengembangan alur pada siswa kelas XI SMAN 15 Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67071.

Astini, BN, Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukasi berbasis lingkungan untuk pembelajaran ilmiah tema lingkungan hidup bagi guru TK terdampak gempa. Jurnal Pendidikan Anak , 8 (1), 1-6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760.

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. IBTIDA' , 1 (2), 135-150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147.

Halawa, M. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel “Jalan Pasti Berujung” karya Benyaris Adonia Pardosi. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2 (1), 1-11. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.412.

Hidayatullah, A. (2018). Tema dan gaya bahasa puisi siswa SMP: kajian struktural. Journal of Language learning and Research (JOLLAR), 1(2), 1-11. 10.22236/JOLLAR_2(2)1-11.

Kemal, I. (2014). Analisis Karakterisasi dan Karakterisasi Dalam Hikayat Muda Bali Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Jurnal Metamorfosis , 2 (2), 61-74. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/112.

Kurnianto, K. B., Haryono, H., & Kurniawan, E. (2019). Relasi antara penokohan tokoh utama dan alur pada film forget me not. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Budaya Jepang, 1(1), 22-35. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jlitera/article/view/2109.

Kusumawardhani, N. (2021). Aku (tidak) menyerah. Jakarta: Gramedia.

Lauma, A. (2017). UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK € Œprotes†KARYA PUTU WIJAYA. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5), 1-24. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.

Lubis, F. W. (2020). Analisis Androgini Pada Novel € Œamelia†Karya Tere-Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1-6. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.256.

Mahardhika, P. (2020). Pengaruh Model Experiential Learning Dengan Bantuan Media Spinncer Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen (Penelitian Pada Siswa Kelas V Desa Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang) (Disertasi Doktor, Tesis Universitas Muhammadiyah Magelang). http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2275.

Marsono . (2021). Akulturasi Islam Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta:UGM PRESS

Muhammad Sum, T. (2018). Unsur ekstrinsik dalam cerpen asran karya Trisni Sumardjo. Jurnal Ilmu Budaya, 15(1), 37-47. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=unsur++ekstinsik+cerpen+&btnG=#d=gs_qabs&t=1717433804176&u=%23p%3DZY5FwEyLVwwJ.

Nashoih, A. K. (2018). Stilistika Dalam Cerpen “Allah Mahabbah” Karya Ihsan Abdul Quddus. Journal of Education and Management Studies, 1(2),59-68.https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/52.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education. Nurhidayati, N. (2018). Pelukisan Tokoh dan Penokohan dalam Karya Sastra. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab , 4 (4), 493-506. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/312.

Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatan daya pemahaman melalui media cerita pendek siswa kelas VIII SMP Alam Karawang. Proceedings Universitas Pamulang, 1(2), 249-253. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:3tmPwcKxAOAJ:scholar.google.com/+pengertian+cerpen&hl=id&as_sdt=0,5.

Nuraeni, I. (2017). Analisis amanat dan penokohan cerita pendek pada Buku ‘Anak Berhati Surga’Karya MH Putra sebagai upaya pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Indoensia dan Bahasa Daerah, STKIP Garut, 2(6), 41-45. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+cerpen&oq=#d=gs_qabs&t=1717294454450&u=%23p%3DK1oAZMYeoKcJ.

Nurhidayah, N. (2018). Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, FBS).http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10468.

Permana, A., Juwita, L., & Zenab, A. S. (2019). Analisis unsur intrinsik novel menggapai matahari karya Dermawan Wibisono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 21-26. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1885.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Purnamasari, A., & Afriansyah, EA (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Topik Penyajian Data Di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (2), 207-222. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rimawan, I. Purba, A. W. Oktaviana, K. (2022). Cara Mudah Menulis Cerpen. Medan:Guepedia.

Rohman, S. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta:Bumi Aksara.

Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. https://doi.org/10.29210/3003987000.

Rosidi, A. (2018). Kamus istilah sastera Indonesia. Bandung: Pustaka Jaya

Saina, E., Syamsiyah, S., & Riko, R. (2020). Analisis Struktur Dalam Novel “Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi “Karya Boy Candra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 7-14. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.6523.

Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMA: Strategi Inovatif Menjadi Penulis Cerpen yang Baik. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya , 2 (1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.

Sidiq, M., & Manaf, N. A. (2020). Karakteristik Tindak Tutur Direktif Tokoh Protagonis Dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13-21. https://doi.org/10.30651/lf.v4i1.3882.

Sukriyadi, I. (2020). Penggunaan media pembelajaran wattpad dalam keterampilan membaca cerpen pada siswa kelas xi smk prima unggul tangerang tahun pelajaran 2019/2020 (Bachelor’s thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sulistiyanto, A. Istami, D. Yuniati, S. (2021). Tiga Jurus Mudah Menulis (Paduan Praktis Menulis Artikel, KTI dan Cerpen). Jakarta:Guepedia.

Sulistyanto, A., Istami, D., & Yuniati, S. (2021). Tiga jurus mudah menulis. Bogor: Geupedia.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057.

Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan dialek semarang di perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.