Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Aku, Kamu, dan Vespa Tua Karya Jumiati dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Dewi Asih, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Unsur intrinsik yaitu unsur dengan rancangan karya sastra mereka sendiri tanpa melewati batas unsur intrinsik dan dibentuk menjadi narasi karya fiktif. Cerpen merupakan prosa fiksi pendek dengan ide utuh yang fokus pada satu tokoh dan menyorot pada satu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Aku, Kamu, dan Vespa Tua Karya Jumiati dalam antologi Butir-butir Kenangan. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, libat, dam catat, menggunakan teknik analisis Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian analisis unsur intrinsik cerita pendek Aku, Kamu, dan Vespa Tua Karya Jumiati dalam antologi Butir-butir Kenangan yaitu sebagai berikut 1) tema kesempatan kedua dalam cinta, 2) tokoh atau penokohan terdiri dari tokoh protagonis yaitu aku, dan juga tokoh tritagonis yaitu perempuan cantik, 3) alur cerita yang digunakan merupakan alur maju, 4) latar tempat yang digunakan adalah pinggir jalan, depan rumah, dan teras rumah, latar waktu malam hari, dan latar suasana senang dan cemas, 5) gaya bahasa yang digunakan yaitu gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan sindiran, 6) sudut pandang yang dipilih penulis adalah sudut pandang orang pertama, 7) amanat yang dapat diambil dalam cerpen Aku, Kamu, dan Vespa Tua karya Jumiati yaitu keberanian, kesabaran dan dukungan. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 unsur intrinsik pada cerita pendek Aku, Kamu, dan Vespa Tua Karya Jumiati dalam antologi Butir-butir Kenangan.

Kata kunci—Antologi, Cerpen, Unsur Intrinsik

 

AbstractIntrinsic elements are elements with their own literary design without crossing the boundaries of intrinsic elements and formed into a fictional work narrative. Short stories are short fictional prose with a complete idea that focuses on one character and highlights one problem. This study aims to analyze the intrinsic elements of the short story Aku, Kamu, dan Vespa Tua by Jumiati in the anthology Butir-butir Kenangan. The method used is qualitative method, the data collection technique uses the technique of listening, engaging, and recording, using Milles and Huberman's analysis technique, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing, and data validation techniques using triangulation techniques. The results of the research on the analysis of the intrinsic elements of the short story Aku, Kamu, dan Vespa Tua Karya Jumiati in the Butir-butir Kenangan anthology are as follows 1) the theme of the second chance in love, 2) the character or characterization consists of a protagonist, namely me, and also a tritagonist, namely a beautiful woman, 3) the plot used is a forward plot, 4) the setting used is the roadside, 5) the language style used is the language style of comparison, opposition, linking, and innuendo, 6) the point of view chosen by the author is the first person point of view, 7) the mandate that can be taken in the short story Aku, Kamu, dan Vespa Tua by Jumiati is courage, patience, and perseverance. The conclusion in this study is that there are 7 intrinsic elements in the short story Aku, Kamu, dan Vespa Tua by Jumiati in the anthology Butir-butir Kenangan.

KeywordsAnthology, Short Story, Intrinsic Elements


Keywords


Anthology, Short Story, Intrinsic Elements

Full Text:

PDF

References


Adnan, F. (2021). Kepak sayap bahasa: kata, makna, dan ruang budaya himpunan esai. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ananda, N. A., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk dan fungsi tindak tutur slogan varian iklan Pond’s di televisi swasta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 23-45. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.5414.

Anggito, A. Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak.

Aryani, R. (2019). Kajian Neurosis Tokoh dalam Novel Koma (Cinta Tanpa Titik) Karya Mercy Sitanggang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 148-158. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4296.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai sosial dalam novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan sosiologi sastra dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848.

Aunillah, E. I. (2022). Guru mahir menulis kreatif teknik mudah dan praktis penulisan cerpen, novel, dan puisi untuk guru. Yogyakarta: Araska.

Aveling, H. (2003). Rahasia membutuhkan kata: puisi Indonesia 1966 - 1998. Magelang: IndonesiaTera.

Cancerine, K. G. (2021). Produktif dimasa pandemi dengan menulis antologi: disertai dengan jurus jitu menjadi penulis muda. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Chackrawati, F. (2020). Asyiknya menulis. inpublisher Bhuana Ilmu Populer.

Christin, M., Obadyah, A. B., & Ali, D. S. F. (2021). Transmedia storytelling. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.

Damayanti, D., Juangsih, M., Sukandar, A., & Kartini, L. (2009). Ringkasan Materi & Latihan Soal-Soal UN Ujian Nasional SMP 2010. Jakarta Selatan: Cmedia.

Dewi. A. C. (2023). Menulis Kreatif. Indonesia Emas Group.

Dewita, S. (2024). Ayo Menulis Cerpen Panduan Praktis Menulis Cerita Pendek Bagi Pelajar. Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka.

Endraswara, S. (2009). Metodologi penelitian folklor. Yogyakarta. Media pressindo.

Firman, A. D., Hastuti, H. B. P., & Sukmawati, N. F. N. (2019). Analisis hubungan penguasaan kosakata dan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa SMP di Kota Kendan Ranah. Jurnal Kajian Bahasa, 8(1) 123-142. https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636.

Genesis, T. S. (2017). Top modul: lulus UN SMP MTs 2018. Yogyakarta: Genesis lerning.

Getol, G. (2012). Management miracle series. Jakarta: Elex media Komputindo.

Hartani, A. & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek melalui model picture and picture berbantuan media CD cerita pada siswa kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-38. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576.

Herawati, H. (2019). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Horas, Y. E. S. (2021). Praktik mudah menulis cerpen. Bogor: Guepedia.

Jauhari, H. (2013). terampil mengarang dari persiapan hingga presentasi dari opini hingga sastra. Bandung: nuansa Cendekia.

Kerti, I. W. (2020). Mengenali dan menuliskan ide menjadi cerpen. Bali: Surya Dewata.

Khaerunnisa, (2023).Menyelami dunia sastra anak. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Kusmayadi, I. (2007). Think smart bahasa Indonesia untuk kelas XII SMA/MA program bahasa. Bandung: Grafindo media pratama.

Lauma, A (2017). Unsur-unsur intrinsik cerita pendek 〠æprotese karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17053.

Leo, S. (2017). Mencerahkan bakat menulis. Jakarta: Gramedia.

Limbong, J. L. & Suparman, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1). http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.895.

Maretha, R. D. (2019). Analisis unsur inrinsik dan ekstrinsik dalam cerita hikayat karya Yulita Fitriana dan aplikasinya sebagai bahan ajar kelas X SMK Priority. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 77-81. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1706.

Marsono, M. (2021). Akulturasi Islam dalam budaya jawa Analisis Semiotik Teks Lokajaya dalam LOr.11.629. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Anggota IKAPI.

Nisa, K. (2018). Analisis kekurangan bahasa dalam laporan berita di koran Sinar Indonesia Terkini. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing dan Education.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen "buut" karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.

Rimawan, I., Purba, A. W., dan Oktaviana, K. (2022). Cara mudah menulis cerpen: bahan ajar tingkat SMA pelajar Bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.

Riska, AR (2020). Analisis Unsur intrinsik novel rembulan tenggelam di wajahmu karya Tere-Liye. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(3), 515-522. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/4936.

Riyanto. (2016). Validasi & sertifikasi metode uji: sesuai dengan Iso/ lec 17025 laboratorium pengujian dan kalibrasi. Yogyakarta. Deepublish.

Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. https://doi.org/10.29210/3003987000.

Rosidi, A. (2018). Kamus istilah sastra Indonesia. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.

Rossalia, D., Fatin, I., Yunianti, S., Danti, A. E., Furqaani, A. R., Khairunnisa, A., Razi, M. A., Asegaf, R., Hasanah, R. U., Nurasiawati, S. N. S. S., Muharam, T. M., & Saadah, Z. (2018). Master kisi-kisi UN SMA/MA IPA 2019 sistem UNBK + UNKP. Jakarta: Cmedia.

Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif edis revisi. Takalar. Jakad Media Publishing.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., dan Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Samhudi. Q., Effendy, C., & Syam, C. (2017). Jenis dan fungsi gaya bahasa dalam pemakoaan kumpulan cerpen Kembalinya Tarian Sang Waktu: Stilistika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12), http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23107.

Samsuddin, S. (2019). Buku Ajar Pembelajaran Kritik Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Supriatin, E. S. (2020). Kajian makna puisi keagamaan. Bogor: Guepedia. Khairani, R. P. Y., Putri, T., & Syahputra, E. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dalam Cerpen Yang Berjudul “Banun” Karya Damhuri Muhammad. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 223-226. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2522.

Tanjung, R., Supandi, A., & Nurhaolah, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.43.

Triyono, A., Prabowo, P., & Utomo, I. B. (1997). Sastra Jawa modern periode 1945-1965. Jakarta Timur: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Untoro, J., Fahamsyah, S., & Endro, W. (2010). Sukses UASBN SD/MI 2011. Jakarta Selatan: Wahyu media.

Wahyu, N. T. (2023). Menulis cerpen itu asyik. Ponorogo: Uwais inspirasi indonesia.

Wahyuni, U., & Manullang, R. (2021). Latar Cerita Dalam Novel Senja Yang Tak Tergantikan Karya Rahma Yuniarsih. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 289-293. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v5i2.276.

Waridah, E., Rukmona, T., & Permana, R. N. (2012). Buku Pintar UNSD Ujian Nasional 2012. Jakarta Selatan: Penerbit Cmedia.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Widayati, W., Andharu, D., Fadillah, M. R. I., & Martono, B. (2023). Pelatihan penulisan cerita pendek dalam blog di SMK Unitomo. Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(4), 37-39. https://doi.org/10.36257/apts.v6i4.8192.

Yasin, V., Zarlis, M., & Nasution, M. K. (2018). Filsafat logika dan ontologi ilmu komputer. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 2(2), 68-75. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.