Memahami Hubungan antara Bilangan dan Peran Estetika

Ova Bela Safitri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Hubungan adalah hasil dari interaksi antara dua individu, objek, atau situasi yang saling memengaruhi dan saling bergantung satu sama lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap hubungan antara bilangan dan peran estetika. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah (SLR) Systematic Literature Review. Informasi ini diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku yang telah diterbitkan di tingkat nasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup teknik simak, catat, dan libat. Peneliti menggunakan teknik validasi data dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep hubungan antara bilangan dan estetika dapat dipahami dengan langkah-langkah berikut 1) Memahami arti bilangan, 2) Memahami apa itu logika, 3) Mengenal macam-macam hubungan dalam bilangan dan estetika. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat tiga langkah yang harus diketahui agar meningkatkan pemahaman siswa terhadap hubungan antara bilangan dan estetika.

Kata kunci—Hubungan, bilangan, estetika

 

AbstractRelationships are the result of interactions between two individuals, objects, or situations that mutually influence and depend on each other. The aim of this research is to increase students' understanding of the relationship between numbers and the role of aesthetics. The research method used in this article is (SLR) Systematic Literature Review. This information was obtained from various sources such as journals, articles and books that have been published at the national level. Data collection methods in this research include listening, note-taking and involvement techniques. Researchers used data validation techniques by triangulating sources. The results of this research show that the concept of the relationship between numbers and aesthetics can be understood with the following steps: 1) Understand the meaning of numbers, 2) Understand what logic is, 3) Get to know the various relationships in numbers and aesthetics. The conclusion of this research is that there are three steps that must be known in order to increase students' understanding of the relationship between numbers and aesthetics.

KeywordsRelationships, numbers, aesthetics


Keywords


Relationships, numbers, aesthetics

Full Text:

PDF

References


Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: antara etika, moral, dan estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187-204. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452.

Al-Ma’ruf, A. I. (2009). Stilistika: Teori, metode, dan aplikasi pengkajian estetika Bahasa, 4(3), 1-12. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/2101.

Ambarwati, S. D. (2017). Hubungan Interkasi Sosial kelompok teman sebaya dengan gaya hidup Hedonisme Estetis di kalangan pelajar Smpn 128 Jakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA), 1(2), 101-112 http://repository.unj.ac.id/27259/.

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416-426. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/28331.

Fatmahanik, U. (2019). Diagnosa Kesulitan Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Dalam Membelajarkan Bilangan Pecahan. JurnalIbriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 133-144. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/70.

Handoko, R. C. (2023). Fungsi-fungsi Elips dan aplikasinya dalam teori Bilangan dan Kriptografi. Jurnal Dunia Ilmu, 3(1). http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/125.

Hayati, N., & Fitri, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain. Jurnal PAUD teratai, 5(3), 1-5. https://core.ac.uk/download/pdf/230643472.pdf.

Hidayat, N. S. (2014). Hubungan berbahasa, berpikir, dan berbudaya. Sosial Budaya, 11(2), 190-205. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v11i2.834.

Husnaniyah, D., Yulyanti, D., &Rudiansyah, R. (2020). Hubungan tingkat pendidikan ibu dengan kejadian stunting. The Indonesian Journal of Health Science, 12(1), 57-64. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TIJHS/article/view/4857.

Ikhwan, A. (2018). Penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dalam perspektif Islam. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-16. https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/19.

Indrawati, I., & Puspita, F. M. (2017). Kajian Solusi Fungsi Bilangan Bulat Terbesar Linier. Jurnal Penelitian Sains, (10). https://ejurnal.mipa.unsri.ac.id/index.php/jps/article/view/353.

Kurnianto, A. (2013). Analisis Layout Surat Kabar berdasarkan Prinsip-Prinsip Desain melalui Metode Estetika Birkhoff. Humaniora, 4(2), 986-994. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3540.

Latifah, H. (2023). Hubungan antara aktivitas anak usia dini pada penggunaan media Kantong Bilangan dengan kecerdasan Logika Matematika: Penelitian kuantitatif di RA Al-Ihsan Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung), 1(2). 22-86 https://digilib.uinsgd.ac.id/75657/.

Lusina, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidenifikasi isu-isu dalam Software Engineering. Sains dan Teknologi Informasi, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.347.

Muljiyono, M., Haryanto, E., Fiyanto, A., Ariyani, M. S., Firmansyah, M. D., & Fatahillah, R. S. (2024). Karakteristik Estetika Seni rupa konteporer pada galeri di Indonesia. Dalam Tegangan Nilai Ekonomi Praktik dan Nilai Estetik Murni . Bookchapter Seni Universitas Negeri Semarang, (1), 111-128. https://bookchapter.unnes.ac.id/index.php/bs/article/view/184.

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. (2018). Implementasi permainan edukatif berbasis budaya local untuk mengenal konsep bilangan pada anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/2432.

Muttaqien, T. A., Gandarum, D. N., & Marlina, E. (2020). Penerapan Prinsip Esetika pada Fasad Bangunan Terminl Penumpang Bandara. In Prosiding Seminar Intelektual Muda (Vol. 2, No. 1). https://doi.org/10.25105/psia.v2i1.8992.

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2020). Number sense siswa pada materibilangan. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/ar ticle/view/2949.

Palittin, I. D., Wolo, W., &Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: JurnalKeguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1182816.

Paramita, P., & Santosa, A. (2023). Pengaruh Karakteristik Individu, Komitmen Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Elshe Estetika Nusantara. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(1), 72-80. https://doi.org/10.57096/blantika.v2i1.70.

Putra, D. R. (2024). Kajian Karakteristik visual melalui pendekatan Estetika terhadap motif tebar mengkudu sanggar Batik Betawi Terogong. In International Conference on Humanity Education and Society (ICHES) (Vol. 3, No. 1). https://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/271.

Rendi, R., &Syafi’i, M. (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Materi Pola Bilangan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 42-49). http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1060.

Rifai, R. M., & Pelu, N. (2017). Penerapan Prinsip Estetika Media dalam Program Jurnalistik. https://pdfs.semanticscholar.org/8b0b/cc29a137d7f166fe92303ba415bbf04f950b.pdf.

Sukarani, N. M. (2022). Sejarah Aritmatika: Manfaat Pembelajaran Sejarah Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 2(1). http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/66.

Suryajaya, M. (2016). Sejarah Estetika: Era Klasik Sampai Kontemporer. Gang Kabel. http://repo.driyarkara.ac.id/366/.

Telussa, A. M., Persulessy, E. R., &Leleury, Z. A. (2013). Penerapan analisis korelasi parsial untuk menentukan hubungan pelaksanaan fungsi manajemen ke pegawai ndengan efektivitas kerja pegawai. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 7(1), 15-18. https://doi.org/10.30598/barekengvol7iss1pp15-18.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v13i2.485.

Yuliyanti, I. (2010). Fungsi-fungsi khas dalam teori bilangan oleh Indah Yuliyanti (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). https://repository.um.ac.id/16939/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.