Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Menanti Sang Kekasih Karya Deshyinta Fitriani dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan
Abstract
abstrak—Antologi merupakan kumpulan karya sastra yang berupa buku cerpen kumpulan karangan karya sastra dari seorang seniman. Jenis penelitian kualitatif adalah salah satu cara yang dapat digunakan sebagai pemberi jawaban suatu permasalahan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dan libat. Milles dan Huberman (1992) membagi tahap analisis isi menjadi 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Teknik validasi dari metode penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Kata kunci—Antologi, Cerita Pendek, dan Unsur Instrinsik
abstract—An anthology is a collection of literary works in the form of a book of short stories, a collection of literary works by an artist. This type of qualitative research is one method that can be used to provide answers to problems. Data collection techniques in this research used listening, note-taking and involvement techniques. Milles and Huberman (1992) divide the content analysis stage into 1) data reduction 2) data presentation 3) drawing conclusions. The validation technique for this research method uses triangulation techniques.
Keywords—Anthologies, Short Stories, and Intrinsic Elements
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, K., Ginting, S, U, B., dan Sidiqin, M, A. (2020). Hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMK Swasta Maju Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal: Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7-19. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.
Andhini, A, D., dan Arifin, Z. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel catatan juang karya fiersa besari: kajian stilistika dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 23-35. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2850.
Arianti, I. (2020). Analisis struktural dan nilai moral dalam cerpen “gugatan” karya Supartika. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 369 - 376, https://joural.ikipsiliwangi.ac.id..
Azwardi. (2018). Metode penelitian: pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Bulan, D, R., dan Dewi, S, A. (2019). Analisis unsur intrinsik novel patah hati terindah karya aguk irawan serta pemanfaatannya sebagai salah satu alternatif bahan ajar di SMP kelas VII. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 12(1), 27-34. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.127.
Damariswara, R. (2018). Konsep dasar kesusastraan: paling mutakhir. Banyuwangi: LPPM|AI Ibrahimy Genteng Press & Erisy Syawiril Ammah, M.Pd.
Dewita, S. (2024). Ayo menulis cerpen panduan praktis menulis cerita pendek bagi pelajar. Sumatera: Cv. Azka Pustaka
Eduka, T, G. (2018). Master kisi-kisi un SMA/MA ipa 2019. Jakarta Selatan: Cmedia.
Fakhriana, H. (2018). Eksofora dalam bahasa Banjar (exophora Banjarese language). Jurnal: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 7(2), 259-274. https://ppjp.ulm.ac.id.
Fatin, I., dan Camalia, M. (2015). Big book bahasa Indonesia SMP kelas 1,2 & 3. Jagakarsa: Cmedia.
Firdaus, W. (2020). Tanah: jurnal kajian bahasa (Juni 2020). Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Guru, T, S. (2015). Lulus dengan nilai tertinggi US/M SD/MI 2016. Jagakarsa: Cmedia.
Hadi, S. (2021). Gaya bahasa dan konsep sufistik syaikh isma'il al-minangkabawi. Banjarsari: Penerbit A-Empat.
Horas, E. (2021). Praktik mudah menulis cerpen. DKI Jakarta: GUEPEDIA.
Indriyana, H., dan Handayaningsih, S. (2015). Pintar bahasa Indonesia super lengkap. Yogyakarta: IndonesiaTera
Irawan, D., dan Hasanah, U, L. (2023). Kelayakan bahasa dalam buku teks kelas ii Sekolah Dasar. Banyumas: PT Pena Persada.
Jaenudin, J., Kosim, N., dan Ismayani, R, M. (2018). Analisis penggunaan gaya bahasa dalam antologi cerpen mawar hitam karya candra malik. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 405-416. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id.
Jauhari, H. (2023). Terampil mengarang dari persiapan hingga presentasi, dari opini hingga sastra. Bandung: Nuansa Cendekia.
Juwati. (2018). Sastra lisan bumi silampasari: teori, metode dan penerapannya. Yogyakarta: Deepublish.
Kusmarwanti, K. (2010). Karakteristik cerpen - cerpen cyber. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 190 – 203. https://doi.org/10.21831/ltr.v9i2.1183.
Kusmayadi, I., Fitria, D, A., Rahmawati, E. (2008). Be smart bahasa Indonesia. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.
Marwoto. (2020) Tema dan amanat dalam cerita pendek Indonesia.Semarang: Alprin.
Mekarisce, A, A. (2020). Teknik pemeriksaa keabsahan data pada penelitian kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat.JIKM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i1.102.
Nisa, K. (2018) Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal: Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhayati, S. (2022). Cerita pendek dan cerita fantasi: untuk guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama. NTB: Penerbit P4I
Nuryanto, T. (2017) Apresiasi drama.Bali: Rajawali Pers.
Operation, T, P, G. (2018). Sukses un 2019 SMP/MTs bahasa Indonesia: kumpulan soal dan pembahasan un 2016-2018. Bandung: Penerbit Duta
Pardosi, G, W., dan Yuhdi, A. (2023). Analisis konflik sosial dalam cerpen “cinta lelaki biasa” (asma nadia - true story). Jurnal: Prosiding seminar nasional pendidikan Bahasa, sastra, seni, dan budaya, 2(1), 286-295. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.300.
Pitaloka, A., dan Sundari, A. (2020) Seni mengenal puisi. Medan: GUEPEDIA
Putri, A, P., Rahayu, R, S., Suswandari, M., dan Ningsih, D, A, R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728.
Putri, A, P., Rahayu, R, S., Suswandari, M., dan Ningsih, D, A, R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728.
Riani, U., Mukhlis, M., dan Subhayni, S. (2016). Analisis tokoh dan penokohan dalam novel sepatu dahlan karya khrisna pabhicara. JIM: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 144-154. http://www.jim.unsyiah.ac.id/obsi.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan bakat menulis siswa SMK: strategi inovatif untuk menjadi penulis cerpen yang handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.
Saputri, R, D., dan Setyowati, H. (2022). Tokoh dan penokohan serta nilai moral dalam cerita fabel. DIGLASIA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 5(1s), 195-214. https://doi.org/10.30872/diglasia.v5i1s.390.
Suherli., Suryaman, M., Septiaji, A., dan Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia kelas x. Bali: Erika Books Media Publishing.
Sujarwanto. (2022). Think pair share solusi memahami unsur pembangun cerpen. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Suryadi, R., dan Nuryatin, A. (2017) Nilai pendidikan dalam antologi cerpen senyum karyamin karya ahmad tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(3), 314-322. https://doi.org/10.15294/seloka.v6i3.20261.
Strauss, A.,M dan Corbin, J. (2003). Penelitian kualitatif. Jurnal: Pustaka Pelajar, 158-165, https://repo.iain-tulungagung.ac.id.
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif. Research Repository: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://repository.uin_malang.ac.id.
Wandini, R, R., Rachbel., Yura., dan Mayra. (2019). Antologi cerpen inspiratif “18cerita menggugah”. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya
Waridah, E., dan Maryatin, S. (2008). Get succes uasbn bahasa Indonesia. Bandung: PT Grafindo Media Pratama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.