Pengenalan Jenis-jenis Bangun Datar dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Selvia Nur Anggraeni, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pengenalan jenis-jenis bangun datar penting bagi siswa sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengenalkan jenis-jenis bangun datar pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Penelitian ini menggunakan data berupa kata, frasa maupun kalimat yang bersumber ari artikel, jurnal maupun buku yang sudah dipublikasikan secara nasional. Penelitian ini menggunakan teknik simak, catat dan libat. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai bentuk validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 8 bangun datar yang harus dipahami oleh siswa, yakni , 1) Persegi, 2) Persegi panjang, 3) Segitiga, 4) Jajar genjang, 5) Trapesium, 6) Belah ketupat, 7) Layang-layang, 8) Lingkaran.

Kata kunci— Bangun datar, matematika, sekolah dasar

 

 

abstract— The introduction of types of plane is very important for elementary school students. The purpose of this research is the author wants to introduce the types of planes to elementary school students. The method in this research is SLR (Systematic Literature Review). This research uses data in the form of words, phrases and sentences sourced from articles, journals and books that have been published nationally. This research uses the techniques of listening, noting and engaging. This research uses source triangulation as a form of data validation. The results showed that there are 8 planes that must be known by students, namely, 1) Square, 2) Rectangle, 3) Triangle, 4) Parallelogram, 5) Trapezoid, 6) Rhombus, 7) Kite, 8) Circle.

Keywords— Plane, math, elementary school


Keywords


Plane, math, elementary school

Full Text:

PDF

References


Amam, A., & Rusdiana, S. (2022). Peranan kelembagaan peternakan, sebuah eksistensi bukan hanya mimpi: Ulasan dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Peternakan, 19(1), 9-21. http://dx.doi.org/10.24014/jupet.v19i1.14244.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40. https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf.

Aprianti, D. A., Karlimah, K., & Hidayat, S. (2016). Desain didaktis pengelompokan bangun datar untuk mengembangkan komunikasi matematis siswa kelas II sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 150-158. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i1.5102.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2),102-110. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/91/88.

Fajari, U. N. (2020). Analisis miskonsepsi siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang. Jurnal kiprah, 8(2), 113-122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127-133. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/847/0.

Hari, B. S. (2019). Mengenal Bangun Datar. Penerbit Duta.

Hasan, A., Devianti, A. I., & Nulhakim, L. (2022). Analisis organisasi kurikulum dan struktur kurikulum sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9242-9247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9840.

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3303-3313. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika 1, 588-595. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/download/20201/9579.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/1112/881.

Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebeb tingginya angka anak putus sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299-308. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24470.

Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 10(5), 1-10. https://jurnalpendidikandasar.

Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, February). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339/21161.

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi pendidikan karakter mandiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750.

Milkhaturrohman, M., Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94-106. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2095.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25-33. https://ejournal.upi.edu/index.php/metodikdidaktik/article/download/3250/2264.

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum pendidikan agama Islam. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 2(2), 42-54. https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93.

Oktavia, Y. (2020). Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808-815. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3828.

Pramesta, S. P. E., & Mariana, N. (2022). Implementasi RME berbasis etnomatematika materi ciri-ciri bangun datar menggunakan permainan engklek. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 111-120. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p111-120.

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dengan adobe flash pro cs6 pada materi luas bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67-80. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80.

Sari, D. P., Isnurani, I., Rahmat, U., & Aditama, R. (2020). Penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(2), 134-140. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/jpmm/article/view/1136/pdf_38.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).48-53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2081.

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya konsep dasar matematika pada kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1-10. https://osf.io/zd8n7/download.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. Nusantara, 2(2), 327-349. https://ejournal.stitpn.ac.id.

Utomo, D. (2020). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa tentang ciri-ciri bangun datar melalui media audio visual dengan pendekatan contextual teaching and learning kelas II SD Negeri 2 Semagarduwur. Dimensi Pendidikan, 16(2), 57-72. https://journal.upgris.ac.id/index.php/DIMENSI/article/view/7364/3611.

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2021). Penerapan dan pemahaman siswa SMP kelas VIII terhadap materi pembelajaran matematika dalam kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 85-89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.