Analisis Keterampilan Membaca Puisi kusangka Mahasiswa Semester Dua

Rika Zuliyanti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Membaca adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan proses memahami sebuah informasi dan memaknai suatu bacaan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca puisi. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca puisi dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca puisi yang berjudul kusangka karya Amir Hamzah, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan melakukan wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca puisi. Hasil pembahasan membaca puisi terdiri dari beberapa aspek, antara lain: 1) suara, 2) ritme, 3) percaya diri, 4) penghayatan. Simpulan pada penelitian ini yaitu membaca puisi itu bisa dinilai dengan empat aspek.

Kata kunci—Keterampilan membaca, puisi, mahasiswa

 

abstract—Reading is an activity carried out by the process of understanding information and interpreting a reading. This research needs to be done to find out the ability of second semester students in reading poetry. This research method is in the form of qualitative research, the data obtained in the form of the ability to read poetry with the data source comes from the results of the poetry reading test entitled kusangka by Amir Hamzah, the techniques used are test techniques and unstructured interviews, the data analysis used is data analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and the type of data validation using source triangulation, namely by conducting interviews with the best students in reading poetry. The results of the discussion of reading poetry consist of several aspects, including: 1) voice, 2) rhythm, 3) confidence, 4) appreciation. The conclusion of this study is that reading poetry can be assessed with four aspects.

Keywords—Reading skills, poetry, college students


Keywords


Reading skills, poetry, college students

Full Text:

PDF

References


Amalia, F. N. dan Nadya N. L. (2020). Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2), 31-38. https://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v1i2.659

Apriliana, A, C., & Berlianti, R, P. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi directed reading activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN Gudangkopi II kecamatan Sumedang utara kabupaten Sumedang tahun pelajaran 2015/2016, Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(3), 73-75. https://doi.org/10.23969/jp.v3i.1027.

Erlinawati, & Sukenti, D. (2021). Konstruksi Penilaian Membaca Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya . J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.25299/j-lelc.2021.7220

Ferawati, D., Karlina, A., M., Effiyadi, E., 2022 program pelatihan guru Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi dengan model amati, tiru, dan modifikasi menggunakan media video pembacaan puisi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat, jurnal pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 78-88, https://doi.org/10.37567/pkm.v2i2.1019

Firmansyah, A. (2021). Analisis Struktur Puisi Selamat Tahun Baru Kawan Karya KH. Ahmad Mustofa Bisri dan Pemanfaatannya untuk Bahan Ajar Menganalisis Unsur Pembangun Puisi di SMA Kelas X. Jurnal Tuturan, 10(1), 23-39. http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i1.5229.

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175-184. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036

Hakim, N., & Sholihah, I. (2022). Implementasi Media Komik dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Siswa MI Al-Hidayah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 192-208. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1124

Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., dan Rohman, N. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Quantum Learning. Journalof Literature and Education, 1(1), 9-18. https://doi.org/10.69815/jle.v1i1.7

Hutagalung, M. W. L. (2018). Efektivitas Model Role Playing Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Lama dan Puisi Baru Oleh Siswa Kelas X SMA Perguruan Gajah Mada Medan tahun Pembelajaran 2018/2019. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1951.

Indriamukti, E. F. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan membaca opuisi anak melalui pembelajaran konstlektual. Basic Education, 7(29), 2-896. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viev/13510

Irwanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bebas Kelas VII SMP XAVERIUS Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(1), 32-49. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.105.

Ismawati, A., Enawar, E., & Azhar, A. P. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3143-3154. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7087.

Isnaini, H. (2023). Representasi Tradisi dan Modernitas pada Antologi Puisi Mantra Orang Jawa Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis, 15(2), 145-158. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.16939

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Simbol Waktu dalam Puisi Tangan Waktu dan yang Fana adalah Waktu Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 57-68. https://doi.org/10.30599/spbs.v5i1.2019.

Komalasari, Andriyani Siti, Riani, Desmy. (2023). Edukasi manfaat literasi membaca dan menulis di Smk PGRI 3 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya , 1(2), 82-92, https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909.

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Geram, 7(2), 71-77. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4026.

Martha, N., U., 2011. Peningkatan membacakan puisi dengan Latihan terbimbing siswa kelas VIII SMPN Negeri 13 Semarang, pena jurnal ilmu pengetahuan dan teknologi, 20(2), 132-138, http://dx.doi.org/10.31941/jurnalpena.v20i2.36

Muawiyah, d., Surastina, S., dan Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi y ang Dibaca pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/1029. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 101-114. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/155

Muchyi, D. Z., Puspita, Y. C., & Imelda, M. (2022). Penerapan metode demostrasi untuk membangun kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran membaca puisi kelas X. Jurnal Ilmiah semantika, 4(01), 48–57. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.827

Ni’am, K., & Lubis, F. A. (2019). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Cibanteng. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 401-407. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/468.

Novianty, N. T. (2022). Kajian Struktural Pada Puisi “Kekasihku” Karya Joko Pinurbo. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 22-33. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.276.

Nurani, T., Sudrajat, R. T., dan Suhara, A. M. (2021). Menganalisis Struktur Fisik Puisi “Dalam Doaku” Karya dari Sapardi Djoko Damono. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-14. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5978

Parapat, L. H. dan Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v1i1.5440

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Jurnal hukum pidana dan ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https:doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Jurnal hukum pidana dan ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https:doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.

Patiung, D., (2016) Membaca Sebagai Sumber Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-375. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Piliang, W. S. H., Fatmawati, F., Ningsih, R., dan Febria, R. (2023). Pelatihan Teknik Membaca Puisi Mahasiswa Universitas Islam Riau. Sejak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(2), 275-282. https://doi.org/10.25299/s.v2i2.13440

Pitaloka. A., & Sundari. A (). Seni Mengenai Puisi. Bogor: Guepedia.

Praptanti, I., Noorliana, N., Septriana, H., 2021, pembelajaran membaca sastra (puisi) dengan menggunakan metode tugas project best learning berbantuan media auvusial, Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI), 43(1), 29-41, https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.208

Riyanti, A., (2021). Keterampilan membaca Yogyakarta. K-media.

Riyanti. A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.

Riyanto, T. G., William, N., & Wardhani, I. S. K. (2022). Pengaruh media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 92–101. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.370

Sayuti, S. A. (2019). Hakikat, Ciri, dan Fungsi Puisi.

Situmorang, M. A. S. B., Purba, E. W. B., Sitanggang, M., & Purba, C. A. . (2022). Hubungan penguasaan unsur-unsur intrinsic puisi terhadap kemampuan membaca puisi ibu karya Chairil Anwar siswa kelas XI SMA Nila harapan. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 34–41. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.145

Sukenti, D., 2021, Studi Fenomenologi: Penilaian Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru, GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 9(2), 117-128, https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.

Sukenti, D., Tinambunan, j., Mukhlis, M., dan Erlina, (2021), Studi fenomenologi: penilaian membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas Pekanbaru. Geram:jurnal pendidikan, bahasa, dan sastra, 9(2), 117-128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2)7754

Suparlan. S. (2021). Keterampilan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088.

Syaiful, A. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan di Masyarakat. Jounal of Instruction and Devolopment Reseaeches, 3(1), 29-34. https://doi.org/100.53621/jider.v3i1.102

Tarsinih, E., & Juidah, I. (2021). Kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra di masa pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta pembelajarannya, 5(2), 375-387. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6198.

Utami, A. M. S., Purwadi, A. J., & Arifin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Pemodelan Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah korpus, 2(2), 141-146. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6516.

Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dalam Concept Attainment Model. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2), 281-293. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2395.

Waningyun, P. P., Riandini, D., dan Wahyuni, S. (2023). Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa Kelas 5 MI Islamiyah Prembun. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 12-17. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.18969

Wati, L., & Sudarmaji, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X Smk Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-14. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i2.1028.

Widayanti, S., Sudin, A., Sunarya, D., T., (2017). penerapan metode cooperative script berbantuan media audio untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDN Kebonbuah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang), jurnal pena ilmiah, 2(1), 11-20, https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9528

Wijaya. P. A., Sutarti. J., & Zulaeha. I. (2021). Strategi Know-Want to Know-Learned dan Strategi Direct Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Semarang: CV. Harian Jateng Network.

Winda Lestari, P. (2020). Peningkatan minat baca dengan Program generasi masyarakat gemar membaca di RPTA Cililitan Jakarta timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 5 (1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4300

Yusra, D., (2022). Inovasi bahan ajar baca puisi melalui multimedia 3d flipbook, jurnal ilmiah dikdaya, 12(1), 77-88. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.304


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.