Efektivitas Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar menggunakan Metode Bermain

Deva Putri Anggraeni, Cahyo Hasanudin

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas metode bermain untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Melalui pendekatan eksperimental, hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor minat belajar siswa setelah penerapan metode bermain. Rata-rata skor meningkat dari 47.8189 menjadi 73.9033. Analisis statistik juga memvalidasi perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan metode ini (Signifikansi (2-tailed) = 0.001, thitung = -6.908 < ttabel = 2.305). Metode bermain ini bukan hanya efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar.

abstract— This research explores the effectiveness of play-based methods in enhancing students' interest in learning mathematics at the elementary school level. Through an experimental approach, the study reveals a significant increase in students' interest scores following the implementation of play-based methods. The average score increased from 47.8189 to 73.9033. Statistical analysis confirms a significant difference before and after the method's application (Significance (2-tailed) = 0.001, t-value = -6.908 < critical t-value = 2.305). This play-based method proves effective not only in boosting interest in learning mathematics but also in creating an enjoyable learning environment for elementary school students.

 


Keywords


Play-Based Methods, Mathematics Interest, and Elementary School

Full Text:

PDF

References


Abu, S. N. (2020). Pembinaan guru oleh kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 704-712. 3816-7933-1-SM.pdf.

Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50.

Agkisda, M. S., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2022). Analisis minat siswa kelas vii dalam membaca puisi dengan menggunakan buku teks pada SMPM 6 Sugihwaras Bojonegoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(1), 105-112. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i1.2636.

Ardani, A. A. M. (2021). Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan sederhana pada mata pelajaran matematika di SD Inpres I Nambaru. Jurnal Paedagogy, 8(2), 210-216. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3483.

Arlianti, N. (2019). memanfaatkan konsep matematika untuk meningkatkan prestasi belajar pada anak usia dini di TK Bulan Bintang Desa Sumur Gedang Kecamatan Peisir Bukit. Jurnal Pelangi, 10(1). https://doi.org/10.22202/jp.2017.v10i1.2397.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622. article.php (kemdikbud.go.id).

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya penguasaan konsep matematika dalam pemecahan masalah matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121-129. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.822.

Haryati, T. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika model belajar sambil bermain perbantuan media monopoli (PTK Matematika kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017). JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 2(01), 187-194. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL BELAJAR SAMBIL BERMAIN PERBANTUAN MEDIA MONOPOLI (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017) | JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG (unsub.ac.id).

Indarwarti, A. (2018). Mengembangkan kecerdasan kognitif anak melalui beberapa metode. Psycho Idea, 15(2), 108-118. http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v15i2.2450.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.552.

Maswar, M. (2019). Strategi pembelajaran matematika menyenangkan siswa (MMS) berbasis metode permainan mathemagic, teka-teki dan cerita matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28-43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43.

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67-71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277.

Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050.

Nasir, A. (2023). Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk meningkatkan sikap siswa dalam belajar. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(01), 136-145. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Sikap Siswa dalam Belajar | JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia (itscience.org).

Nisa, M. (2019). Pengaruh pengalaman belajar terhadap sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika di SMP NU Dukuhjati Krangkeng-Indramayu. Pediamatika, 1(01), 145-155. Pengaruh Pengalaman Belajar Terhadap Sikap Positif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP NU Dukuhjati Krangkeng-Indramayu | Nisa | Pediamatika (syekhnurjati.ac.id).

Panjaitan, N. A., & Suriadi, A. (2023). Meningkatkan minat belajar matematika dengan metode belajar sambil bermain. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(1), 126-130. Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Belajar Sambil Bermain | Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (politap.ac.id).

Pratamawati, M. H. S., Hidayat, T., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3270-3278. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1331.

Rahmawati, A. D., & Hasanudin, C. (2022, July). Meningkatkan minat belajar bhs indonesia menggunakan aplikasi rumah belajar untuk siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 79-88). Meningkatkan Minat Belajar Bhs Indonesia Menggunakan Aplikasi Rumah Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar | Rahmawati | Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (ikippgribojonegoro.ac.id).

Sulistiyowati, E. (2010). Mengajarkan Perkalian Di Kelas II SD/MI Dengan Strategi Permainan. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 231-255. https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.107.

Syarifuddin, S., Efendi, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman mitigasi bencana alam siswa berbasis permainan tradisional pada pembelajaran matematika di sekolah darurat semeru. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 152-160. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786.

Widiarti, A., & Hernadi, J. (2019). Penerapan metode pembelajaran bermain peran untuk menurunkan kecemasan siswa terhadap matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 252-257. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4576.

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 120-128. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/598.

Winarsih, A. (2017). Penerapan model pembelajaran tematik dan metode bermain untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada materi ajar “Perkalian Bilangan Dua Angka” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi, 4(1), 34-37. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5088.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.