Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria dalam Cerpen Butir-Butir Kenangan

Dwi Vidyarti, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Unsur intrinsik ialah unsur yang membentuk sejenis cerita dan menjadi elemen utama dalam membangun struktur cerita. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkap dan menganalisis unsur intrinsik dalam Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Dumita Sari. Penelitian ini meenerapkan jenis metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data memakai teknik simak, libat, catat. Teknik analisis data menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Serta validasi menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah analisis unsur intrinsik cerita pendek Setangkai Mawar dan Alatroemeria Karya Krisma Dumita Sari yaitu : 1. Tema pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 2. Tokoh atau Penokohan pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 3. Latar atau Setting pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari 4. Alur atau Plot pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 5. Gaya Bahasa pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 6. Sudut Pandang pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 7. Amanat pada Cerita Pendek Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari.

Kata kunci—Antologi, Cerita Pendek, Unsur Intrinsik

 

abstract— Intrinsic elements are elements that make up a story and are the main part in building the story structure. The purpose of this study is to reveal and analyze the intrinsic elements in the Short Story of Setangkai Mawar and Alstroemeria Karya Dumita Sari. This research uses a type of qualitative research method. Data collection uses the technique of listening, engaging, recording. The data analysis technique uses content analysis content from Milles and Huberman. And validation applies triangulation techniques. The results of this study are the analysis of the intrinsic elements of the short story Setangkai Mawar and Alatroemeria by Krisma Dumita Sari, namely: 1. Theme in the Short Story Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 2. Character or Characterization in the Short Story Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari, 3. Setting in the Short Story Setangkai Mawar dan Alstroemeria Karya Krisma Dumita Sari 4. Plot in the Short Story of Setangkai Mawar and Alstroemeria by Krisma Dumita Sari, 5. Language Style in the Short Story of Setangkai Mawar and Alstroemeria by Krisma Dumita Sari, 6. Point of View in the Short Story of Setangkai Mawar and Alstroemeria by Krisma Dumita Sari, 7. Mandate in the Short Story of Setangkai Mawar and Alstroemeria by Krisma Dumita Sari.

Keywords—Anthology, Short Story, Intrinsic Elements


Keywords


Anthology, Short Story, Intrinsic Elements

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Yulinda, S., Chotimah, A., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 6(1), 975-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Amral, S., & Azlin, N. (2020). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. AKSARA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.202.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460–6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130.

Arifa, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R. Malang: Media Nusa Creative.

Armet, A., Atsari, L., Septia, E. (2021). Perspektif Nilai Budaya dalam Cerpen Banun Karya Damhuri Muhammad. DISASTRA : Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia, 3(2), 175-183. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3156.

Ate, C. P., & Lawa, S. T. M. N. (2022). Analisi Unsur Intrinsik Novel Ayah Karya Andrea Hirata. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 34-41. https://doi.org/10.37792/hinef.v1i1.390.

Barokah, R. (2006). Berfikir Cerdas dengan Bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.

Cancerine, K. G. (2021). Produktif Masa Pandemi dengan Menulis Antologi (Disertai dengan Jurus Jitu Menjadi Penulis Muda). Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Chairiah, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Unsur Intinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain . EDUCATION : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 216-226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501.

Christin, M., Barlian, O. & Ali, D. S. F. (2021). Transmedia Storytelling. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Darmayanti, N. & Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Unggul (Kelas XII). Bandung: Grafindo Media Pratama.

Dewi, A. C. (2023). Menulis Kreatif. Bandung: Iindonesia Emas Group.

Firman, A. D., Hastuti, H. B. P., Sukmawati, & Rahmawati. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari. RANAH : Jurnal Kajian Bahasa, 8(1), https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636.

Firmansyah, T. F., Tarman, T., & Imran, M. A. (2024). Pergeseran Makna dalam Penerjemah Syair Populer di Gowa. BLAZE : Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(2), 64-73. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i2.1124.

Hadi, S. (2021). Gaya Bahasa dan Konsep Sufistik Syaikh Isma’il Al-Minangkabawi. Serang: A-Empat.

Halimah. (2023). Pembelajaran Cerpen dengan Strategi Dimensi Literasi. Yogyakarta: Deepublish.

Hartani, A., & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Melalui Model Picture And Picture Berbantuan Media CD Cerita Pada Siswa Kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-37. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576.

Hawa, S., & Senda, I. (2011). 88 Kiat menjadi Penulis Hebat. Jakarta: Tangga Puataka.

Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. JAZ : Jurnal Akutansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Juwati. (2018). Sastra Lisan Bumi Silmpari. Yogyakarta: Deepublish.

Khalfani, M. (2014). Mega Bank Soal SMP Kelas 1,2,&3. Jakarta Selatan: Cmedia.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Satra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Krishna, I. B. W., & Yogiswari, K. S. (2021). Bhuwana Sanksepa, Konsep Penciptaan dan Struktur Alam Semesta Menurut Lontar Bhuwana Sangksepa. Bali: Nilacakra.

Kusmarwanti. (2010). Karakteristik Cerpen-Cerpen Cyber Kusmarwanti. LITERA : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 190-202. https://doi.org/10.21831/ltr.v9i2.1183.

Kusmayadi, I. (2007). Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kusmayadi, I., Fitria, D. A., & Rahmawati, E. (2008). Be Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Lianingsih, F. (2023). Libas ANBK untuk SMP/MTS Latihan Soal dan Prediksi Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuurs. SOCUL : International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JURNAL PENDIDIKAN DAN PROFESI PENDIDIK, 5(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.

Minderop, A. (2005). Metode Karakterisi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhlisun, Sudjito, Y. L., Syafitri, I. K., Mikail, M. I., Putri, E. A., Ayusari, N., Nurmalasari, F., Bintarasari, S. I., & Junaydi, A. (2020). Xplore Ulangan Harian SMK/MA IPA Kelas 10. Jakarta: Grasindo.

Muliana, I. K. E. (2020). Unsur Intrinsiķ Cerpen "Dedosan" Karya I Wayan Wikana. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA BALI UNDIKSHA, 7(2), 71-80. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28071.

Muntazori A. F., Rifqi, M., Amzy, N., & Setiawati, S. (2022). Kibar 2020. Jakarta: Research Meets Innovation.

Nasution, F., Muna, N. R., Uslifatunisa, Rahayu, L. S., Widiey, L., Nurfadhilah, A., Rachel, L., Azkiyah, A., Triayuni, N. G. A. K., Dewi, Y., Riztianjani, P. M., Resmiati, J., Salsabila, D. R., Romadoni, N., & Musthofa, H. (2021). Semua Bisa Jadi Penulis. Bogor: Guaipedia.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Noprina, W. (2023). Mudah Menulis Cerita Pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Pardosi, G. & W., Yuhdi, A. (2023). Analisi Konflik Sosial dalam Cerpen " Cinta Lelaki Biasa (Asma Nadia - True Story)". MATEANDRAU : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa, Sastra , Seni, dan Budaya, 2(1), 288-294. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.300.

Pawartha, M. P. (2002). Warna Lokal Bali dalam Novel Sukreni Gadis Bali Karya Anak Agung Pandji Tisna. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Purbarini, M. D. (2020). Unsur Intrinsik dan Ektrinsik dalam Cerpen "Buut" Karya I Gusti Ayu Putu. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA BALI UNDIKSHA, 7(2), 51-60. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Purnomo, W., Latif, A., & Nurchayati, S. (2016). Sukses UN SMA/MA IPS 2017. Jakarta Selatan: Bintang Wahyu.

Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Regina, B. D. (2023). Kajian Seni Budaya Sekolah Dasar (Pengantar Apresiasi Seni Tari, Drama, Musik, dan Rupa). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rianto, T. (2019). Bank Soal CMS (Cepat Menguasai Soal) Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X, XI, XII. Jakarta : Bumi Aksara.

Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif. ALHADHARAH : Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rossalia, D., Fatin, I., Yunianti, S., Danti, A. E., Khairunnisa, A., Razi, M. A., Asegaf, R., Hasanah, R. U., Nurasiawati, S. N. S. S., Muharam, T. M., & Saadah, Z. (2018). Master Kisi Kisi UN SMA/MA IPA 2019 Sistem UNBK +UNKP. Jakarta selatan: Penerbit Cmedia.

Saadah, M. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. AL-'ADAD : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Salma, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovasi Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. PROTASIS : Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, & Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.

Samsuddin. (2019). Buku Ajar Pembelajaran Kritik Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Satinem. (2019). Apresiasi Prosa. Yogyakarta: Deepublish.

Siregar, M. S., Tanjung, H. R., & Lubis, M. S. (2022). Gaya Bahasa Retoris Ceramah Syekh Ali Jaber dalam Tayangan Damai Indonesiaku di TV ONE Episode Hakikat Waktu dan Renungan Tentang Waktu Tanggal 3 Januari 2021. BASASASINDI : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 114-121. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/basasasindo/article/view/281.

Sujarwanto. (2021). Think Pair Share Solusi Memahami Unsur Pembangun Cerpen. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sujinah, Fatin, I., & Rachmawati, D. K. (2017). Buku Ajar Bahasa Indonesia. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Sumaryanti, E. D., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Analisis Bentuk Konjungsi pada Novel Manusia dan Badainya Karya Syahid Muhammad. Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(1), 1-13. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/4266/884.

Suparno, & Mulyasari, I. (2019). Kreatif Tematik Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Untuk SD/MI. Depok: Penerbit Duta.

Syahidan, M. I., Herbowo, A. B., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Analisis Kebutuhan Pelanggan Pospay Kota Bandung Menggunakan Servqual, Model Kano, dan Teknik Triangulasi. JRSI : Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 2(1), 60-64. https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/81.

Tse, A. D. P., Suprojo, A., & Adiwidjaja, I. (2017). Peran Kader Posyandu Terhadap Pembangunan Kesehatan Masyarakat. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 60-62. https://doi.org/10.33366/jisip.v6i1.372.

Utami, N. F. T., Utomo, A. P. Y., Buono, S. A., & Sabrina, N. I. (2022). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Cerpen Berjudul "Warisan untuk Doni" Karya Putu Ayub. JURIBAH : Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 88-101. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.120.

Wicaksono, A. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JSC : Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764.

Zamakhsyari, A. (2019). Sejarah Film Horor Tempo Doeloe. Jakarta: Tempo Publishing.

Adlini, M. N., Yulinda, S., Chotimah, A., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 6(1), 975-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Amral, S., & Azlin, N. (2020). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. AKSARA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.202.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460–6477. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1130.

Arifa, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R. Malang: Media Nusa Creative.

Armet, A., Atsari, L., Septia, E. (2021). Perspektif Nilai Budaya dalam Cerpen Banun Karya Damhuri Muhammad. DISASTRA : Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia, 3(2), 175-183. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i2.3156.

Ate, C. P., & Lawa, S. T. M. N. (2022). Analisi Unsur Intrinsik Novel Ayah Karya Andrea Hirata. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 34-41. https://doi.org/10.37792/hinef.v1i1.390.

Barokah, R. (2006). Berfikir Cerdas dengan Bahasa Indonesia. Bogor: Guepedia.

Cancerine, K. G. (2021). Produktif Masa Pandemi dengan Menulis Antologi (Disertai dengan Jurus Jitu Menjadi Penulis Muda). Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Chairiah, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Unsur Intinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain . EDUCATION : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 216-226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501.

Christin, M., Barlian, O. & Ali, D. S. F. (2021). Transmedia Storytelling. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Darmayanti, N. & Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Unggul (Kelas XII). Bandung: Grafindo Media Pratama.

Dewi, A. C. (2023). Menulis Kreatif. Bandung: Iindonesia Emas Group.

Firman, A. D., Hastuti, H. B. P., Sukmawati, & Rahmawati. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari. RANAH : Jurnal Kajian Bahasa, 8(1), https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636.

Firmansyah, T. F., Tarman, T., & Imran, M. A. (2024). Pergeseran Makna dalam Penerjemah Syair Populer di Gowa. BLAZE : Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(2), 64-73. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i2.1124.

Hadi, S. (2021). Gaya Bahasa dan Konsep Sufistik Syaikh Isma’il Al-Minangkabawi. Serang: A-Empat.

Halimah. (2023). Pembelajaran Cerpen dengan Strategi Dimensi Literasi. Yogyakarta: Deepublish.

Hartani, A., & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Melalui Model Picture And Picture Berbantuan Media CD Cerita Pada Siswa Kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 17-37. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576.

Hawa, S., & Senda, I. (2011). 88 Kiat menjadi Penulis Hebat. Jakarta: Tangga Puataka.

Herawati, H. (2019). Pentingnya Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan. JAZ : Jurnal Akutansi Unihaz, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Juwati. (2018). Sastra Lisan Bumi Silmpari. Yogyakarta: Deepublish.

Khalfani, M. (2014). Mega Bank Soal SMP Kelas 1,2,&3. Jakarta Selatan: Cmedia.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Satra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4.

Krishna, I. B. W., & Yogiswari, K. S. (2021). Bhuwana Sanksepa, Konsep Penciptaan dan Struktur Alam Semesta Menurut Lontar Bhuwana Sangksepa. Bali: Nilacakra.

Kusmarwanti. (2010). Karakteristik Cerpen-Cerpen Cyber Kusmarwanti. LITERA : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 190-202. https://doi.org/10.21831/ltr.v9i2.1183.

Kusmayadi, I. (2007). Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kusmayadi, I., Fitria, D. A., & Rahmawati, E. (2008). Be Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Lianingsih, F. (2023). Libas ANBK untuk SMP/MTS Latihan Soal dan Prediksi Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuurs. SOCUL : International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.

Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JURNAL PENDIDIKAN DAN PROFESI PENDIDIK, 5(1), 65-72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296.

Minderop, A. (2005). Metode Karakterisi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhlisun, Sudjito, Y. L., Syafitri, I. K., Mikail, M. I., Putri, E. A., Ayusari, N., Nurmalasari, F., Bintarasari, S. I., & Junaydi, A. (2020). Xplore Ulangan Harian SMK/MA IPA Kelas 10. Jakarta: Grasindo.

Muliana, I. K. E. (2020). Unsur Intrinsiķ Cerpen "Dedosan" Karya I Wayan Wikana. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA BALI UNDIKSHA, 7(2), 71-80. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28071.

Muntazori A. F., Rifqi, M., Amzy, N., & Setiawati, S. (2022). Kibar 2020. Jakarta: Research Meets Innovation.

Nasution, F., Muna, N. R., Uslifatunisa, Rahayu, L. S., Widiey, L., Nurfadhilah, A., Rachel, L., Azkiyah, A., Triayuni, N. G. A. K., Dewi, Y., Riztianjani, P. M., Resmiati, J., Salsabila, D. R., Romadoni, N., & Musthofa, H. (2021). Semua Bisa Jadi Penulis. Bogor: Guaipedia.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Noprina, W. (2023). Mudah Menulis Cerita Pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Pardosi, G. & W., Yuhdi, A. (2023). Analisi Konflik Sosial dalam Cerpen " Cinta Lelaki Biasa (Asma Nadia - True Story)". MATEANDRAU : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa, Sastra , Seni, dan Budaya, 2(1), 288-294. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.300.

Pawartha, M. P. (2002). Warna Lokal Bali dalam Novel Sukreni Gadis Bali Karya Anak Agung Pandji Tisna. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Purbarini, M. D. (2020). Unsur Intrinsik dan Ektrinsik dalam Cerpen "Buut" Karya I Gusti Ayu Putu. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA BALI UNDIKSHA, 7(2), 51-60. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Purnomo, W., Latif, A., & Nurchayati, S. (2016). Sukses UN SMA/MA IPS 2017. Jakarta Selatan: Bintang Wahyu.

Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Regina, B. D. (2023). Kajian Seni Budaya Sekolah Dasar (Pengantar Apresiasi Seni Tari, Drama, Musik, dan Rupa). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rianto, T. (2019). Bank Soal CMS (Cepat Menguasai Soal) Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X, XI, XII. Jakarta : Bumi Aksara.

Rijali. (2018). Analisis Data Kualitatif. ALHADHARAH : Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rossalia, D., Fatin, I., Yunianti, S., Danti, A. E., Khairunnisa, A., Razi, M. A., Asegaf, R., Hasanah, R. U., Nurasiawati, S. N. S. S., Muharam, T. M., & Saadah, Z. (2018). Master Kisi Kisi UN SMA/MA IPA 2019 Sistem UNBK +UNKP. Jakarta selatan: Penerbit Cmedia.

Saadah, M. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. AL-'ADAD : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.

Salma, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovasi Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. PROTASIS : Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, & Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94.

Samsuddin. (2019). Buku Ajar Pembelajaran Kritik Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Satinem. (2019). Apresiasi Prosa. Yogyakarta: Deepublish.

Siregar, M. S., Tanjung, H. R., & Lubis, M. S. (2022). Gaya Bahasa Retoris Ceramah Syekh Ali Jaber dalam Tayangan Damai Indonesiaku di TV ONE Episode Hakikat Waktu dan Renungan Tentang Waktu Tanggal 3 Januari 2021. BASASASINDI : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 114-121. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/basasasindo/article/view/281.

Sujarwanto. (2021). Think Pair Share Solusi Memahami Unsur Pembangun Cerpen. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Sujinah, Fatin, I., & Rachmawati, D. K. (2017). Buku Ajar Bahasa Indonesia. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Sumaryanti, E. D., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Analisis Bentuk Konjungsi pada Novel Manusia dan Badainya Karya Syahid Muhammad. Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(1), 1-13. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/4266/884.

Suparno, & Mulyasari, I. (2019). Kreatif Tematik Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Untuk SD/MI. Depok: Penerbit Duta.

Syahidan, M. I., Herbowo, A. B., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Analisis Kebutuhan Pelanggan Pospay Kota Bandung Menggunakan Servqual, Model Kano, dan Teknik Triangulasi. JRSI : Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 2(1), 60-64. https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/81.

Tse, A. D. P., Suprojo, A., & Adiwidjaja, I. (2017). Peran Kader Posyandu Terhadap Pembangunan Kesehatan Masyarakat. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 60-62. https://doi.org/10.33366/jisip.v6i1.372.

Utami, N. F. T., Utomo, A. P. Y., Buono, S. A., & Sabrina, N. I. (2022). Analisis Kesalahan Sintaksis pada Cerpen Berjudul "Warisan untuk Doni" Karya Putu Ayub. JURIBAH : Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 88-101. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.120.

Wicaksono, A. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. JSC : Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764.

Zamakhsyari, A. (2019). Sejarah Film Horor Tempo Doeloe. Jakarta: Tempo Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.