Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Keluargaku Jodohku Karya Diajeng Sintya Alfi Praharsari dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Sri Sunarti Indrawati, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karya yang menonjolkan kesederhanaan, dengan hanya satu ide utama atau konsep tunggal serta lebih mengutamakan kepadatan dan kekompakan dalam narasinya (Ahmad dkk. 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis unsur intrinsik cerita pendek Keluargaku Jodohku karya Diajeng Sintya Alfi Praharsari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam penelitian ini metode simak, catat, dan libat digunakan untuk mengumpulkan data, serta analisis data ini menggunakan metode analisis konten yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu analisis unsur intrinsik cerita pendek keluargaku jodohku karya Diajeng Sintya Alfi Praharsari terdiri dari, 1) Tema cinta dan perjuangan yang tak tergoyahkan oleh rintangan, serta pentingnya restu keluarga dalam hubungan, 2) Tokoh dan penokohan terdiri dari Alika (protagonis), Erdin (protagonis), Indira (dinamis), Gustaf (dinamis), dan Orang Tua Alika (tritagonis), 3) Alur cerpen ini menggunakan alur maju, 4) Latar tempat (suatu daerah, rumah orang tua Alika, ruangan dokter, tempat kerja Alika dan Erdin), latar waktu (beberapa tahun, beberapa bulan), 5) Gaya bahasa yang digunakan berupa gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan sindiran, 6) Sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang ketiga, 7) Amanat yang dapat diambil dari cerpen Keluargaku Jodohku Karya Diajeng Sintya Alfi Praharsari yaitu cinta yang sejati akan selalu menemukan jalan, Restu dari keluarga adalah hal penting dalam membangun hubungan, serta kesabaran dan keikhlasan adalah kunci untuk meraih kebahagiaan. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 unsur intrinsik pada cerita pendek Keluargaku Jodohku karya Diajeng Sintya Alfi Praharsari.

abstract— A short story is a work that emphasizes simplicity, with only one main idea or single concept and prioritizes density and cohesiveness in its narrative (Ahmad et al. 2020). This study aims to determine and analyze the intrinsic elements of the short story Keluargaku Jodohku by Diajeng Sintya Alfi Praharsari. This research uses qualitative methods, in this study the methods of listening, recording, and engaging are used to collect data, and this data analysis uses the content analysis method developed by Miles and Huberman. The results of this study are the analysis of the intrinsic elements of the short story my family my soul mate by Diajeng Sintya Alfi Praharsari consisting of, 1) The theme of love and struggle that is unshakable by obstacles, as well as the importance of family blessings in relationships, 2) The characters and characterizations consist of Alika (protagonist), Erdin (protagonist), Indira (dynamic), Gustaf (dynamic), and Alika's Parents (tritagonist), 3) The plot of this short story uses forward flow, 4) The place setting (an area, Alika's parents' house, the doctor's room, Alika and Erdin's workplace), the time setting (several years, several months), 5) The language style used is in the form of comparison, opposition, linkage, and satire, 6) The point of view used is the third person point of view, 7) The mandate that can be taken from the short story My Family My Fate by Diajeng Sintya Alfi Praharsari is that true love will always find a way, the blessing of the family is important in building relationships, and patience and sincerity are the keys to achieving happiness. The conclusion in this study is that there are 7 intrinsic elements in the short story Keluargaku Jodohku by Diajeng Sintya Alfi Praharsari.


Keywords


Anthology, Short Story, Intrinsic Elements

Full Text:

PDF

References


Ahmad, K., Ginting, S. U. B., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan penguasaan unsur intrinsik cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Swasta Maju Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7-19. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257

Aibli, A., Strumpen-Darrie, R., & Berlitz, C. F. (2020). Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia.

Aldisyah. (2021). Kuasa eksklusi atas tanah. Jakarta: Irawan Massie.

Andy, D. (2021). TigajJurus mudah menulis (panduan praktis menulis artikel, KTI dan cerpen). Bogor: Guepedia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Aveling, H. (2003). Rahasia membutuhkan kata: puisi Indonesia 1966-1998. Yogyakarta: IndonesiaTera.

Cahyono, B. T. (2022). Pendidikan dan pelatihan calon Kepala Sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tanggerang: Pascal books.

Cancerine, K. G. (2021). Produktif dimasa pandemi dengan menulis antologi: disertai dengan jurus jitu. Yogyakarta: Jejak Pustaka

Dawud, M. P., Pratiwi, Y., & Muzaki, F. I. (2020). Pelajaran BAHASA INDONESIA untuk SMP & MTs Kelas 9: membangun literasi digital generasi milenial (Jilid 3). Malang: Ferril Irham Muzaki.

Dewi, A. C. (2023). Menulis kreatif. Jawa Timur: Indonesia Emas Group.

Eduka, T. G. (2015). Fresh update mega bank soal Bahasa Indonesia SMP kelas 1, 2, & 3. Yogyakarta: Cmedia.

EDUKA, T. P. (2021). Prediksi akurat anbk Sd/Mi 2021/2022 paket 1. Jagakarsa: Bmedia.

Fitriyani, M., Setiadi, D., & Agustiani, T. (2019). Analisis unsur ekstrinsik pada antologi cerpen catatan hati di setiap doaku karya Asma Nadia dan kawan-kawan sebagai bahan penbelajaran siswa kelas XI MA Al-Ma’tuq. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 87-91. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1708

Gamas, C. (2020). Antologi optimalisasi pengadaan. Kalimantan Timur: Christian Gamas.

Handayani, R., Atmazaki, A., & Noveria, E. (2016). Pengaruh teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 306-312. https://doi.org/10.24036/9995-019883

Heriyanto, S. P. (2021). Buku siswa Bahasa Indonesia Smp/Mts Kelas 8. Jakarta Pusat: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hidayat, M., Miskadi, M. S., & Murtikusuma, R. P. (Eds.). (2022). Think pair share solusi memahami unsur pembangun cerpen. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Krishna, I. B. W., & Yogiswari, K. S. (2021). Bhuwana sankṣépa: konsep penciptaan dan struktur alam semesta menurut lontar bhuwana sangkṣépa. Bali: Nilacakra.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Martani, K. D. (2020). Penerapan media pembelajaran digital book menggunakan aplikasi anyflip untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita siswa kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 6(1), 65-72. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/view/7296

Noprina, W. (2023). Mudah menulis cerita pendek. Jawa Timur: Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Nurcahyati, D., Yulianti, A., & Abdurrokhman, D. (2019). Analisis unsur-unsur intrinsic cerpen †œSenyum Karyamin†Karya Ahmad Tohari. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 979-986. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3772

Perdana, I. W. D. P. D. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam cerpen “ngalap sarin natah” karya I Made Suartana cerpen mebasa bali bulan bahasa bali 2020. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 8(1), 42-51. https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i1.40837

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067

Prastowo, A. (2017). Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik terpadu: implementasi kurikulum 2018 untuk SD/MI. Banten: Kencana.

Rahmawati, L. E. & Huda, M. (2022). Evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press.

Ramliyana, R., Ramdhan, V., Sakdiyah, A. H., Diazka, M. F., Kurniawati, N., Syarifudin, A. S., ... & Setiawan, A. (2021). Menggagas pembelajaran bahasa Indonesia pada era kelimpahan. Malang: Unisma Press.

Regina, B. D. (2023). Kajian Seni Sekolah Budaya Dasar (Pengantar Apresiasi Seni Tari, Drama, Musik dan Rupa). Malang: UMMPress.

Rosita, I., Syahadah, D., Nuryeni, N., Muawanah, H., & Sari, Y. (2022, May). Analisis wacana kohesi gramatikal referensi endofora dalam sebuah cerpen “Aku Cinta Ummi Karena Allah” Karya Jenny Ervina. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 1, No. 1, pp. 179-191). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.170

Salwa, N. (2023). Mengembangkan bakat menulis siswa SMK: strategi inovatif untuk menjadi penulis cerpen yang handal. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 229-244. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.94

Setiawan, A. (2019). Ayo Menulis Cerpen Pelajar Penggugah Jiwa. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sianturi, H. S. (2012). Metode latihan terbimbing sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis-kreatif dalam pembelajaran menulis cerpen. Basastra, 1(1), 54425. https://www.neliti.com/publications/54425/metode-latihan-terbimbing-sebagai-upaya-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kr

Suherli, M. S., & Aji Septiaji, I. (2017). Bahasa Indonesia Kelas X. Denpasar: Erika Books Media publishing.

Supeni, M. (2023). Menuju cerpenis andal panduan praktis menulis cerpen bagi pemula. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

W. Wahyu. N. T. (2023). Menulis Cerpen itu Asyik. Ponorogo: Uwais inspirasi indonesia.

Waridah, E. Rukmono, T. & Permana, R. N. (2011). Buku Pintar UN SD 2012. Yogyakarta: Cmedia.

Wicaksono, A. (2016). Sekilas tentang bahasa Indonesia: Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA. Yogyakarta: Garudhawaca.

Widuro, A., dkk. (2021). Butir-butir Kenangan. Bojonegoro: Penerbit Kholfa Publishing.

Y. Edward Horas S. (2021). Praktik Mudah Menulis Cerpen. Bogor: GUEPEDIA.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.