Analisis Unsur Intrinsik Puisi Tanah menjadi Manusia oleh- Nya Karya Devina Dwi Saskia

Deva Pendhi Pradana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Puisi adalah sebuah karya sastra yang memiliki penyampaian berupa kata. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui hasil analisis unsur intrinsik puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan meliputi kata, frasa, dan klausa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah analisis unsur intrinsik puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia terdiri dari 1) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki tema keagungan sang pencipta, 2) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki gaya bahasa repetisi, majas metafora, majas personifikasi, majas alegori, majas aliterasi, dan majas hiperbola, 3) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki diksi konotatif, 4) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki rima silang, 5) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki amanat, 6) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki sudut pandang orang kedua, dan 7) Puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya karya Devina Dwi Saskia memiliki tipografi. Simpulan dalam penelitian ini terdapat 7 analisis unsur intrinsik puisi Tanah menjadi Manusia oleh-Nya.

abstract—Poetry is a literary work that has a delivery in the form of words. The purpose of this research is to find out the results of the analysis of the intrinsic elements of the poem Land becomes Human by Him. The method used is qualitative research, the data sources used include words, phrases, and clauses. The data collection technique uses the techniques of listening, noting, and engaging, and uses the content analysis content of Milles and Huberman. The result of this research is an analysis of the intrinsic elements of the poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya by Devina Dwi Saskia consisting of 1) The poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya by Devina Dwi Saskia has the theme of the majesty of the creator, 2) The poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya by Devina Dwi Saskia has the language style of repetition, metaphor, personification, allegory, alliteration, and hyperbole, 3) The poem Land becomes Human by Him by Devina Dwi Saskia has connotative diction, 4) Poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya by Devina Dwi Saskia has cross-rhyme, 5) Poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya by Devina Dwi Saskia has a mandate, 6) Poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya by Devina Dwi Saskia has a second-person point of view, and 7) Devina Dwi Saskia's poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya has typography. The conclusion in this research is that there are 7 intrinsic elements analysis of the poem Tanah menjadi Manusia oleh-Nya.


Keywords


Poetry, Intrinsic Elements, and Poetry Land becomes Human by Him

Full Text:

PDF

References


Al Putri, A., Astri, N. D., Simanullang, R. S. P., & Tanjung, T. (2020). Analisis gaya bahasa dalam lirik lagu Fourtwnty: Kajian stilistika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 110-118. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.31078.

Amin, K., & Usman, R. (2018). Anafora dalam Puisi “Jendela Dunia “Antologi Puisi Syair Burung Beo. Tamaddun, 17(1), 1-3. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v17i1.56.

Amral, S., & Azlin, N. (2021). Amanat Pada Kumpulan Cerita Rakyat Kerinci Sakunung-Sakunung Ninau di Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 213-222. https://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2.202.

Andriani, T. (2012). Pantun dalam Kehidupan Melayu (pendekatan historis dan antropologis). Sosial Budaya, 9(2), 195-211. https://dx.doi.org/10.24014/sb.v9i2.383.

Armariena, D. N., & Murniviyanti, L. (2017). Penulisan cerpen berbasis kearifan lokal sumatera selatan dengan metode image streaming dalam proses kreatif mahasiswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(1), 88-115. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v7i1.1287.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848.

Atmawati, D. (2014). Majas dalam Al-Qur’an (Kajian Terhadap Al-Qur’an Terjemahan Juz 30). Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.18860/ling.v9i1.2552.

Barkah, A., Mardiana, T., & Japar, M. (2020). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Pkn. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3426.

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95-107. https://doi.org/10.52657/jfk.v3i2.387.

Budi, E. S., & Farida, Y. E. (2017). Gaya bahasa komentator sepak bola dalam acara AFF U 18 di stasiun televisi Indosiar. Edulingua: Jurnal Linguistik Terapan dan Pendidikan Bahasa Inggris, 4(2). https://doi.org/10.34001/edulingua.v4i2.633.

City, I., Shalihah, N., & Primandika, R. B. (2018). Analisis Puisi Sapardi Djoko Damono †œcermin 1†dengan Pendekatan Semiotika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 1015-1020. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1711.

Dahniar, A., & Sulistyawati, R. (2023). Analisis Campur Kode pada Tiktok Podcast Kesel Aje Dan Dampaknya terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 55-65. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8988.

Emilda, E. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Puisi. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 157-163. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3082.

Fadhillah, M. R., Mustofa, M. Z., Ulfaida, N., Oktaviani, N. R., Fitriyana, N., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2023, January). Puisi Sebutir Legenda Karya Dicky Nuri Prasetyo Utomo: Kritik Sastra Mimetik. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi 1(1), 397-407. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNHPP/article/view/1543.

Faradilla, A., Zainil, M., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3255-3267. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1380.

Fransori, A. (2017). Analisis Stilistika pada Puisi Kepada Peminta-Minta karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(01), 1-12. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Halawa, M. (2021). Gaya bahasa perbandingan pada novel “Jalan Pasti Berujung” karya Benyaris Adonia Pardosi. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.412.

Jayakandi, J., Arifin, E. Z., & Sumadyo, B. (2021). Rima dan Makna Pantun dalam Tradisi Lisan Gambang Rancag dengan Pendekatan Hermeneutik. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 124-137. https://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9436.

Kango, U., Supriadi, Y. N., Idrus, I., Sonjaya, Y., & Hasanah, R. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran di Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81-91. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.340.

Karmila, K., & Abdurahman, A. (2023). Analisis Majas dan Diksi pada Lagu Amin Paling Serius yang Dipopulerkan Sal Priadi dan Nadin Amizah. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 56-64. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i1.9.

Kasmi, H. (2020). Kajian Majas pada Artikel Jurnalisme Warga Serambi Indonesia. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 219-230. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1121.

Komara, A. H., Purwasih, T., & Aeni, E. S. (2019). Analisis Struktur Batin Puisi †œDi Toilet Istana†Karya Radhar Panca Dahana. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 543-550. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3003.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru dalam Melaksanakan Program Literasi di kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31-37. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37.

Launjaea, L. (2024). Pengaruh Deklamasi Puisi dalam Pemahaman Makna Puisi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pembahsi/article/view/14017.

Lestari, Q. Y., Jannah, K. R., Rahayu, S. Y., & Damariswara, R. (2023). Analisis Unsur Intrinsik Pada Puisi “Kepada Orang Yang Baru Patah Hati” Karya Raditya Dika. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 154-161. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.244.

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.

Marisa, C., Kasmanah, K., & Kusuma, A. M. (2022). Pengaplikasian Diksi dan metode pembelajaran dalam Layanan Bimbingan Konseling Format Klasikal secara Daring. Absyara: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 60-70. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5752.

Mirza, I. M. M. (2022). Efektifitas Implementasi Tipografi dalam Desain Grafis Berdasarkan Perspektif Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Indonesia. Visualideas, 2(2), 70-75. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol2.iss2.2022.908.

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113-122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440.

Nurajizah, S. (2021). Penggunaan Majas dalam Novel Satu Hari di 2018 Karya Boy Candra. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 285-291. http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i2.7244.

Nurcahyati, D., Yulianti, A., & Abdurrokhman, D. (2019). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen †œSenyum Karyamin†Karya Ahmad Tohari. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 979-986. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3772.

Nurjanah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas IV Di MI Al Busyro. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31-42. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.85.

Putri, D. S., & Ananda, S. (2023). Analisis Pendekatan Struktural Puisi “Waktu” Karya Heri Isnaini. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 1(3), 01-08. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i3.157.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis cerpen (studi korelasional pada siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 61-70. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795.

Priana, R. Y. S. (2017, May). Pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran terintegrasi tekhnologi informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2), 313-316. https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/313-316.

Qausar, H., Absa, M., Hidayat, A. T., & Mujtahid, Z. (2023). Penerapan Pecahan Bersambung dalam Melakukan Aproksimasi Bilangan Irasional menuju Bilangan Rasional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 48-57. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2528.

Rahman, N. N., Utami, R. S., & Raden, A. Z. M. (2018). Analisis tipografi pada spanduk pemasaran perumahan. Jurnal desain, 5(3), 250-257. https://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2572.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.

Rohmatun, L., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Bentuk Reduplikasi pada Novel Rasa Karya Tere Liye. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 39-47. https://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3297.

Salwia, F., Syahbuddin, S., & Efendi, M. (2022). Analisis Majas dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2228-2231. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/937.

Saputra, N., Nurachmana, A., Putri, H. A. R., Sidarwati, N., & Sarcie, S. (2022). Majas Perulangan dalam Buku Antologi Puisi Guru “Tentang Sebuah Buku dan Rahasia Ilmu” serta Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, SeniI, dan Budaya 1(1), 60-74. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.157.

Sauri, S. S. (2019). Nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye sebagai bahan pembelajaran kajian prosa pada mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.2687.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114. https://journal.unas.ac.id/index.php/pujangga/article/download/1170/970.

Sidiqin, M. A., & Mawaddah, R. (2022). Kajian Makna pada Kumpulan Puisi Baju Bulan Karya Joko Pinurbo: Implementasi Pengembangan Bahan Ajar Di Smp. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 54-58. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.619.

Sinaga, Y. C., Cyntia, S., Komariah, S., & Barus, F. L. (2021). Analisis makna denotasi dan konotasi pada lirik lagu †œcelengan rindu †karya Fiersa Besari. Metabase, 3(1). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/mbsi/article/view/3510.

Solihah, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.708.

Suprayetno, E. (2021). Mengurai Nama Diri: Alternatif Ekspresi Tulis Puisi. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 98-112. https://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1134.

Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Fitur Reels Instagram pada Pembelajaran Membaca Puisi guna Mendukung Gerakan Merdeka Belajar di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1), 10-19. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1890.

Wiratsih, W. (2019). Analisis Kesulitan Pelafalan Konsonan Bahasa Indonesia (Studi Kasus terhadap Pemelajar BIPA asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 242-255. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3061.

Wirawan, G. (2017). Analisis Struktural Antologi Puisi Hujan Lolos di Sela Jari Karya Yudhiswara. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 39-44. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.89.

Yanuar, A. (2024). Polarisasi Ekonomi Dalam Puisi Jembatan Karya Sutardji Calzoum Bachri. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-11. https://jurnal.stkipmuhlmj.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/1.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1). https://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764.

Yusliarti, F., Engliana, E., & Miranti, I. (2020). Gaya bahasa aliterasi pada puisi pilihan karya Li Qing. Deiksis, 12(01), 24-31. https://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.4133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.