Matematika Dasar yang Harus Dikuasai oleh Anak Usia Dini Penyandang Disabilitas

Nila Andini Prasetya Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi penting bagi perkembangan kognitif, termasuk penguasaan konsep dasar matematika. Anak kecil penyandang disabilitas memerlukan adaptasi dan pendekatan khusus untuk memastikan aksesibilitas dan pemahaman yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkaji konsep-konsep dasar matematika yang perlu dikuasai oleh anak usia dini penyandang disabilitas. Metode yang digunakan meliputi penelitian literatur dan observasi partisipan di berbagai lembaga pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan angka, pengukuran sederhana, pengenalan bentuk, dan pola merupakan konsep matematika yang penting. Strategi pengajaran yang efektif meliputi penggunaan alat bantu visual, pendekatan multisensori, dan permainan edukatif. Dengan pendekatan yang tepat, anak-anak penyandang disabilitas dapat mencapai pemahaman dasar matematika yang sama dengan anak-anak tanpa disabilitas, sehingga mendorong inklusi dan partisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru untuk mendukung pengajaran matematika bagi anak-anak penyandang disabilitas.

abstract—Early childhood education is an important foundation for cognitive development, including mastery of basic mathematical concepts. Young children with disabilities require special adaptations and approaches to ensure accessibility and effective understanding. The aim of this research is to identify and examine basic mathematical concepts that need to be mastered by young children with disabilities. The methodology used includes literature research and participant observation in various inclusive education institutions. The research results show that number recognition, simple measurements, shape recognition, and patterns are important mathematical concepts. Effective teaching strategies include the use of visual aids, multisensory approaches, and educational games. With the right approach, children with disabilities can achieve the same basic understanding of mathematics as children without disabilities, thereby encouraging inclusion and participation in teaching and learning activities. This research provides recommendations for curriculum development and teacher training to support mathematics teaching for children with disabilities.


Keywords


basic mathematics, early childhood, people with disabilities

Full Text:

PDF

References


Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan perkembangan bahasa dengan media flash card pada anak usia dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 109-117. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3494.

Faisyahril, R., Raharjo, S. T., & Wibowo, H. (2023). Penerimaan orangtua terhadap anak penyandang disabilitas cerebral palsy di sekolah luar biasa bagian d yayasan pembinaan anak cacat Bandung. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(4), 480-496. https://doi.org/10.59141/jist.v4i4.611.

Faujianto, S. A., Rohmatiah, A., Iswati, R., & Lukito, M. (2022). Pemberdayaan penyandang disabilitas melaluiprogram ketrampilan handycraft untuk mendorong kemandirian ekonomi di Paguyupan Disabilitas Krida Karya Mandiri. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 58-64. http://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13894.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak-kanak pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-54. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55.

Friantini, R. N., Winata, R., Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Annur, M. F., & Ritawati, B. (2020). Penguatan konsep matematika dasar pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276-285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55.

Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan media papan sipat-siput pada pembelajaran matematika untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 467-479. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1643.

Halim, A. (2021). Persamaan hak bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. FENOMENA, 19(2), 222-245. https://doi.org/10.36841/fenomena.v19i2.1468.

Hardiyana, A. (2016). Reurgenisasi pendidikan anak usia dini di era globalisasi. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 1-14. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/818.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). studi model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152-159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97.

Irawan, E. (2019). identifikasi problematika mahasiswa calon guru sd/mi dalam menyelesaikan masalah matematika dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 117-132. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.68.

Juniarti, N. D., & Renda, N. T. (2018). Penerapan model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 155-163. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16396.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523.

Loita, A. (2017). Karakteristik pola gambar anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 44 57.https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52.

Lubis, S. (2020). Evaluasi pembelajaran daring (online) pada mata pelajaran matematika kelas empat Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP) Ylpi Pekanbaru. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 77-102. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v9i2.224.

Mirawati, M., & Nurkamilah, M. (2018). Fun cooking: pembelajaran matematika yang menyenangkan bagi anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230.

Mukhti, M. (2023). Perlindungan hukum bagi penyandang cacat mental sebagai korban tindak pidana. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 1(1), 175-181. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i1.342.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181-196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099.

Novela, T. (2019). Dampak pola asuh ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16-29. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3200.

Primasari, P. P., & Kurniawati, F. (2020). Kualitas kehidupan saudara kandung dari individu penyandang disabilitas intelektual. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2), 98-114. https://doi.org/10.51353/inquiry.v11i2.362.

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205.

Ridho, M. (2017). Pandangan Islam tentang kesejahteraan sosial bagi kelompok penyandang disabilitas. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 23(1). http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i1.657.

Rizqia, A. N., & Purnaweni, H. (2021). Pemberdayaan penyandang disablitas di Kota Tangerang Selatan. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3), 332-342. https://doi.org/10.14710/jppmr.v10i3.31417.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Simanjuntak, S. S., & Listiani, T. (2020). Penerapan differentiated instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas 2 sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 134-141. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p134-141.

Tirmidziani, A., Farida, N. S., Lestari, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Upaya menghindari bullying pada anak usia dini melalui parenting. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-65. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.239.

Trisna, D. P., & Chandra, A. (2023). Pengaruh pembelajaran bebaris host dengan media loose parts terhadap kemampuan matematika dasar pada anak usia dini masa pandemi covid -19 di TK Lestari Tulis Batang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 1244-1259. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1712.

Uce, L. (2018). Pengaruh asupan makanan terhadap kualitas pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 79-92. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v4i2.6810.

Wahyuni, S., & Supi, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan okupasi anak tunagrahita sedang melalui pelaksanaan program terpadu Bhakti Luhur. Jurnal Pelayanan Pastoral, 2(2), 83-92 https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.266.

Yuliana, L. (2013). Penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah WUNY, 15(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3527.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.