Analisis Keterampilan Membaca Hikayat Bayan Budiman Mahasiswa Semester 2

Aji Krisna Bayu, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Membaca merupakan pengucapan dan perolehan kata dari bahan cetakan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester dua dalam membaca hikayat. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam bentuk kemampuan membaca hikayat dengan sumber data berasal dari hasil tes membaca hikayat yang berjudul Bayan Budiman, teknik yang dilakukan berupa teknik tes dan wawancara tidak terstruktur, analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta jenis validasi data menggunakan triangulasi sumber yaitu wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca hikayat. Hasil pembahasan membaca hikayat terdiri dari beberapa aspek, antara lain 1) jeda bacaan, 2) kelancaran suara, 3) pelafalan. pada penelitian ini membaca hikayat itu dapat dinilai dengan 3 aspek. Simpulan pada penelitian ini membaca hikayat itu bisa dinilai dengan tiga aspek.

abstract—Reading is the pronunciation and acquisition of words from printed materials. This research needs to be done to find out the ability of second semester students in reading hikayat. This research method is in the form of qualitative research, the data obtained in the form of the ability to read hikayat with the data source comes from the results of the hikayat reading test entitled Bayan Budiman, the techniques used are test techniques and unstructured interviews, the data analysis used is Miles and Huberman data analysis which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing, and the type of data validation uses source triangulation, namely interviews with the best students in reading hikayat. The results of the discussion of reading hikayat consist of several aspects, including 1) reading pauses, 2) fluency of voice, 3) pronunciation. in this study reading hikayat can be assessed with 3 aspects. The conclusion in this study is that reading the saga can be assessed with three aspects.


Keywords


reading skills, hikayat, college students

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2015). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Malang: Media Nusa Creative.

Astuti, M. T., (2016). Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Penerbit Duta.

Bancin, M., & Masitah, W. (2024). Implementasi metode bercerita tentang kisah nabi pada anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 203-215. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.513.

Damanik, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-34. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.286.

Erinda, E. J. M., Marni, S., & Sartika, R. (2022). Keefektifan model pembelajaran sharing reading literacy terhadap kemampuan membaca teks hikayat siswa kelas X SMA N 15 Padang. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 2(3), 322-331. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i3.280.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://scholar.archive.org/work/a3mjph7zgrchfhdz5bah2o66de/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/download/38075/pdf_1.

Fauzi, R. A., dkk. (2016). Big Pelajaran 6 In 1 SMA/MA Kelas 10, 11, & 12. Jakarta Selatan: Bintang Wahyu.

Fitriyani, R., Erwandi, R., & Firduansyah, D. (2021). Analisis nilai moral hikayat silampari putri yang yilang dan implikasi pada sekolah dasar. Linggau Journal of Elementary School Education, 1(1), 17-21. http://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/37.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: CV. Rasi terbit.

Haris, M. A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi fizzo novel untuk meningkatkan keterampilan membaca di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 122-130. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1254.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618.

Kamdhi, JS. (2017). Terampil Berwicara. Bandung: Grasindo.

Marsono (2019). Akulturasi Islam dalam Budaya Jawa: Analisis Semiotik Teks Lokajaya dalam LOr. Indonesia: Gadjah Mada University Press.

Muliani, R., Tusa’diah, R., Karana, S., & AR, H. F. (2023). Kemampuan membaca pemahaman teks anekdot tulisan arab melayu Mahasiswa Kelas 2023 A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Riau. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 179-189. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1556.

Mulyadi (2019). 1700 Plus Bank Soal Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK. Bandung: Yrama Widya.

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229.

Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integritas dan Rasa Ingin Tahu. Yogyakarta: Nusamedia.

Monika, M. (2024). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap menceritakan kembali hikayat pada fase E SMA N 16 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 16530-16540. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14747.

Nurizzah, S., (2021). Sanggah Pemula. Selangor: Perpustakaan Negara Malaysia.

Nurrahmawati, N., Mahsun, M., & Mahyudi, J. (2023). Kemampuan mengonversi teks hikayat menjadi cerita pendek siswa Kelas X SMAN 4 Kota Biam. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 5(1), 45-57. https://doi.org/10.29303/kopula.v5i1.2763.

Putri, D. M., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh media sosial line webtoon terhadap minat membaca komik pada mahasiswa Universitas Riau (Doctoral dissertation, Riau University). https://www.neliti.com/publications/208551/pengaruh-media-sosial-line-webtoon-terhadap-minat-membaca-komik-pada-mahasiswa-u.

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis strategi belajar dengan metode bimbel online terhadap kemampuan pemahaman kosa kata bahasa Inggris dan pronunciation (pengucapan/pelafalan) berbahasa remaja saat ini. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 39-52. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2580.

Rodin, R. (2021). Informasi dalam Konteks Sosial Budaya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadirman (2007). Sejarah 1. Bogor: Yudhistira Ghalia Indonesia.

Samsiarni & Mana, L., H., A. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Folklor. Yogyakarta: Deepublish.

Septiaji, A., dan Nisya, K. R. (2023). Gemar Membaca Terampil Menulis: Keterampilan Reseptif dan Produktif dalam Berbahasa. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Sari, A. P. I., & Ayurizky, F. D. (2023). Analisis kemampuan berbicara melalui metode bercerita pada materi teks hikayat peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Palembang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 17(2), 68-79. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v17i2.406.

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran mahasiswa kampus mengajar 2 sebagai “Agent of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592.

Sukenti, D., Tinambunan, J., & Mukhlis, M. (2021). Studi fenomenologi: penilaian membaca dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah menengah atas pekanbaru. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 9(2), 117-128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.

Sumaryanti, E. D., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Analisis bentuk konjungsi pada novel manusia dan badainya karya Syahid Muhammad. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(1), 1-13. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/4266.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Penerbit Nem.

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1-12.https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.

Syaiful, A. (2023). Peran mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.

Tarsinih, E., & Juidah, I. (2021). Kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra di masa pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(2), 375-387. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6198.

Yudin, J. (2019). Pengintegrasian literasi budaya dan kewargaan dalam teks hikayat pada buku teks bahasa Indonesia. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V, 5(1), 149-156. www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12882.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.