Analisis Unsur Intrinsik Puisi Penyesalan Hidup Karya Dwi Noviyani

Dimas Rizqia Hendinata, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Unsur intrinsik puisi ialah suatu komponen yang ada di dalam puisi itu sendiri sehingga membentuk puisi secara sistematis dan keseluruhan. Tujuan dalam penelitian yakni ingin mengetahui serta menganalisis unsur intrinsik puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik simak, catat, dan libat, serta teknik analisis data dalam penelitian menggunakan konten analisis isi dari Milles dan Huberman. Hasil dalam penelitian yaitu Analisis unsur intrinsik pada Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani yaitu 1) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki tema penyesalan, 2) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki majas dan gaya bahasa sebagai berikut, 3) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki diksi konotatif yang menggambarkan perjalanan hidup yang penuh tantangan , 4) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki rima variatif, 5) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki amanat, 6) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki sudut pandang orang pertama, serta 7) puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani memiliki tipografi pada baris puisi. Simpulan dalam penelitian yaitu terdapat 7 analisis unsur intrinsik puisi Penyesalan Diri karya Dwi Noviyani.

abstract—The intrinsic element of poetry is a component that exists within the poem itself so as to form the poem systematically and as a whole. The purpose of the research is to find out and analyse the intrinsic elements of the poem Self-Regret by Dwi Noviyani. The method used in the research uses a qualitative research type method, the data collection technique in the research uses the techniques of listening, noting, and engaging, and the data analysis technique in the research uses content analysis content from Milles and Huberman. The results in the study are the analysis of intrinsic elements in Dwi Noviyani's Self-Regret, namely 1) Dwi Noviyani Self-Regret poem has a theme of regret, 2) Dwi Noviyani Self-Regret poem has the following majas and language styles, 3) Dwi Noviyani Self-Regret poem has connotative diction that describes a challenging life journey, 4) Dwi Noviyani Self-Regret poem has varied rhymes, 5) Dwi Noviyani Self-Regret poem has a mandate, 6) Dwi Noviyani Self-Regret poem has a first-person point of view, and 7) Dwi Noviyani Self-Regret poem has typography on the lines of the poem. The conclusion of the research is that there are 7 analyses of the intrinsic elements of Dwi Noviyani Self-Regret poem.


Keywords


poetry, intrinsic elements of poetry, Self-Regret Poem by Dwi Noviyani

Full Text:

PDF

References


Afriansya, F., & Yanti, P. G. (2020). Keterampilan membaca puisi siswa sebuah modifikasi teknik membaca puisi Jose Rizal Manua. Jurnal BAHASTRA, 40(1), 29-38.http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.15286.

Ahsin, M. N. (2017). Analisis struktur dan nilai konservasi beberapa puisi pada antologi puisi bersiap menjadi dongeng. Aksara, 18(1), 241036.https://www.neliti.com/publications/241036/analisis-struktur-dan-nilai-konservasi-beberapa-puisi-pada-antologi-puisi-bersia.

Ardika, I. W. (2018). Asiknya Menulis Puisi. Jembrana-Bali: CV. Grapena Karya.

Aswadi, D., & Lismayanti, H. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan karakter anak di era milenial. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 89-98.https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/970.

Doyin, M. (2014). Pengembangan materi ajar puisi di sd. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1), 9-11.https://journal.unnes.ac.id/nju/lingua/article/view/2981.

Febiyandi, D., Wibawa, I. C., Arini, N. W. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berbicara. Mimbar Ilmu 25 (2), 282-294.https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Fitrah, M. (2018). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis 9 (01), 1-12.http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.884.

Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20.https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018.

Haryono, E. (2023). Metodologi penelitian kualitatif di perguruan tinggi keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2), 1-10.https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). jurnal At- Taqaddum, 8 (1), 21-46.https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163.

Hasanudin, C., & Khoiriyah, L. (2022). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa smp. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (1), 899-905.https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1439.

Herawati, H. (2019). Pentingnya laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan. JAZ: Jurnal Akuntansi Unihaz, 2(1), 16-25.https://doi.org/10.32663/jaz.v2i1.806.

Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C. Rohman, N. (2023). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning. Journal of Literature and Education 1 (1), 9-18.https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/7.

Humaira, H. W., Firdaus, A., & Suparman, F. (2022). Konstruksi nilai-nilai syukur dalam lirik lagu (Analisis semiotika ferdinand de saussure pada lirik lagu “Cukup Lebih Baik”). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 378-389. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7346.

Irma C. N. (2021). Citra tokoh utama perempuan dan nilai pendidikan karakter dalam novel Carnation karya Sanaz Nadya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan pengajarannya 5(1), 92-108.https://doi.org/10.30651/lf.v5i1.5011.

Iswari, D. A., & Indihadi, D. (2021). Analisis tipografi tulisan puisi peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 652-662. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39235.

Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 136–149. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.761.

Kadjakoro, Y. O. (2019). Konsep prajurit Allah berdasarkan efesus 6: 10-20 dan implementasinya dalam kehidupan orang percaya. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(1), 40-56.https://doi.org/10.37364/jireh.v1i1.6.

Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode course review HORAY. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(1), 15–22.https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25.

Kasmi, H. (2020). Kajian majas pada artikel jurnalisme warga serambi Indonesia. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 219-230. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1121.

Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). OSF Preprints, 2(1), 1-18.https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.

Maharani, A. (2020). Pemakaian diksi dalam penulisan caption media sosial Instagram. Diksi, 28(2), 179-189.https://doi.org/10.21831/diksi.v28i2.32832.

Manurung, K. (2022). Mencermati penggunaan metode kualitatif di lingkungan sekolah tinggi teologi. Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285-300.https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48.

Mukhlis, M. (2020). Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. (Jakarta Pusat: PT. Metaforma Internusa.

Nisa, K. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada berita dalam media surat kabar sinar Indonesia baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224.https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Octavia, W. (2018). Variasi jargon chatting whatsapp grup mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 317-325.http://ejournal.lldikti10.id/index.php/kata/article/view/3644.

Rahayu, T., Kurniawan, P. Y., (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 2(1), 89-96.https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552.

Rahman, N. N., Utami, R. S., & Raden, A. Z. M. (2018). Analisis tipografi pada spanduk pemasaran perumahan. Jurnal desain, 5(3), 250-257.http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2572.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.

Satriadi, I., & Yasni, Y. F. (2022). Menangis menurut tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Mustafa Al-Maraghi. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4(2), 123-133.https://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v4i2.7577.

Septiani, E., & Sari, N. I. (2021). Analisis unsur intrinsik dalam kumpulan puisi goresan pena anak matematika. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 96-114.https://journal.unas.ac.id/index.php/pujangga/article/download/1170/970.

Suhita, S. (2017). Persepsi guru bahasa Indonesia terhadap puisi lama gurindam. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 152-169.https://doi.org/10.21009/AKSIS.010201.

Syahidan, M. I., Herbowo, A. B., Wulandari, S. (2015). Peningkatan kualitas layanan berdasarkan analisis kebutuhan pelanggan pospay kota bandung menggunakan servqual, model kuno dan teknik triangulasi. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(1), 60-64.jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/81/7.

Tresnawati, H., Indihadi, D. (2018) Analisis unsur intrinsik puisi karya siswa kelas VA SDN 1 Nagarasari. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 32-40. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i2.7184.

Ulfayani, M., Muttalib, A., & Nasir, A. (2021). Analisis citraan pada terjemahan film frozen suatu tinjauan stilistika. Journal Peqguruang, 3(2), 757-762.http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2435.

Utami, A. M. S., Purwadi, A. J., & Arifin, M. (2018). Peningkatan kemampuan membaca puisi melalui pemodelan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(2), 141-146.https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6516.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan dialek semarang di perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402.https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.

Yanto, S. A. B., & Baskoro, P. K. (2021). Kajian teologis konsep hidup tekun menurut Surat Yakobus 1: 2-8 dan aplikasinya bagi kehidupan orang percaya pada masa kini. Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia, 1(2), 37-60.https://doi.org/10.54403/rjtpi.v1i2.16.

Yono, R. R. (2020). Pelatihan membaca puisi bagi siswa Madrasah Diniyah Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Cendekia Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103-109. https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.858.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.