Peran Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
abstrak—Kemahiran berpikir kritis memiliki peran yang sangat penting bagi para siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran matematika maupun kehidupan sehari-hari. dalam pengambilan keputusan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan libat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi yaitu mengumpulkan sumber data dari jurnal, artikel dan buku. Berpikir kritis memiliki peranan krusial dalam proses pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Peran utama berpikir kritis yaitu 1) kemampuan bernalar, 2) ketempailan komunikasi, 3) keterampilan kemandirian, 4) analisis masalah, 5) kreatifitas dan inovasi, 6) evaluasi solusi, 7) merencanakan pemecahan masalah, 8) kemampuan merumuskan pertanyaan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat delapan bentuk peran keterampilan berpikir kritis.
abstract—Critical thinking skills play a crucial role for students. The objective of this research is to address issues in both mathematics learning and daily life decision-making. The research method employed is Systematic Literature Review (SLR). Data collection techniques include observation, note-taking, and engagement. Data validation is conducted through triangulation, gathering sources from journals, articles, and books. Critical thinking plays a significant role in the process of elementary school mathematics learning. The primary roles of critical thinking are: 1) reasoning ability, 2) communication clarity, 3) independence skills, 4) problem analysis, 5) creativity and innovation, 6) solution evaluation, 7) problem-solving planning, and 8) question formulation skills. The conclusion of this research identifies eight roles of critical thinking skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I. H. (2013). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100.
Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1-9. https://www.researchgate.net/profile/Indah-Agustina/publication/341788018_PENTINGNYA_BERPIKIR_KRITIS_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40/links/5ed4bcf8299bf1c67d322264/PENTINGNYA-BERPIKIR-KRITIS-DALAM-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-DI-ERA-REVOLUSI-INDUSTRI-40.pdf.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414.
Andani, M., Pranata, H.O., & Hamdhu, G. (2021). Systematic literature review model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/35391.
Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8-12. https://core.ac.uk/download/pdf/389015320.pdf.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61-70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529.
Fardani, Z., & Surya, E. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Matematika (online), 2(2), 1-6. https://www.researchgate.net/profile/Zuhur-Fardani/publication/321780441_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_UNTUK_MEMBANGUN_KARAKTER_BANGSA/links/5a316d00458515afb65abf5c/MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-BERPIKIR-KRITIS-DALAM-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA-UNTUK-MEMBANGUN-KARAKTER-BANGSA.pdf.
Fitriana, A., Marsitin, R., & Ferdiani, R.D. (2019). Analisis berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal matematika. RAINSTEK, 1(3), 92-96. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3764.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587.
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154.
Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 22(1), 1-14. https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.198.
Rizqullah, N., Muhtasyam, A., & Yuhana, Y. (2023). Perkembangan kurikulum matematika: berdasarkan tujuan kurikulum. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 517-529. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3402598.
Saddhono, K., Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2019). The Ability to Think Creatively on SSCS Using Schoology Apps, How is the Student's Language Metacognitive Awareness?. Ingénierie des Systèmes d Inf., 24(4), 367-375. https://doi.org/10.18280/isi.240402.
Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan siswa sekolah dasar pada materi nilai tempat mata pelajaran matematika di kelas i sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-73. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.451.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91.
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682.
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di SD, 1(1), 1-37. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4403-M1.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.