Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Si Bungsu Karya Nella Monica Therezia Age dalam Antologi Cerpen Butir-Butir Kenangan

Ameliya Latifa, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Antologi merupakan kata yang diambil dari beberapa pengarang dengan pemilihan cerita, maupun kisah yang diterbitkan kisaran tahun 1989-2002. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, libat dan catat Pada studi penelitian ini menggunakan jenis metode Milles dan Huberman (1992) yang terbagi menjadi reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan Teknik validasi (pembenaran) di dalam teknik ini peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian analisis unsur intrinsik si bungsu karya Nella Monica Therezia Age dalam antologi cerpen butir-butir kenangan antara lain: 1) tema kesejahteraan dan perjuangan dengan perjuangan seorang ayah untuk menafkahi keluarganya serta perjuangan ayah untuk mendidik anaknya agar diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu, 2) tokoh dan penokohan si bungsu semua karakternya bersifat protagonis (ayah Joko, ibu Siti, Eca, dan teman-temannya), 3) alur dalam cerita menggunakan alur maju , 4) latar tempat pada cerpen di mobil dan supermarket sedang latar suasana menggambarkan senang, 5) amanat yang terkandung dalam cerpen mengandung makna bahwa kita harus berbakti dan patuh terhadap orang tua serta bekerja keras sehingga kebutuhan keluarga bisa terjamin dengan baik, 6) gaya bahasa dalam cerpen si bungsu menggunakan gaya bahasa perbandingan, 7) sudut pandang dalam cerpen menggunakan sudut pandang orang pertama dan ketiga. Kesimpulan dalam penelitian terdapat 7 analisis unsur intrinsik cerpen si bungsu karya Nella Monica Therezia Age.

abstract—Anthology is a word taken from several authors with a selection of stories, as well as stories published between 1989-2002. The type of research used is qualitative research, data collection techniques using listening, engaging and note-taking techniques. In this research study, the Milles and Huberman (1992) method is used, which is divided into data reduction, data presentation, drawing conclusions. Validation (justification) techniques in this technique researchers used triangulation techniques. The results of the research analysis of the intrinsic elements of the youngest by Nella Monica Therezia Age in the short story anthology of memorable points include: 1) the theme of prosperity and struggle with a father’s struggle to provide for his family and the father’s struggle to educate his children so that they are given ease in studying, 2) the characters and characterizations of the youngest are all protagonists (father Joko, mother Siti, Eca, and his friends), 3) the plot of the story uses a forward plot, 4) the setting in the short story is in a car and a supermarket while the setting depicts a happy atmosphere, 5) the message contained in the short story contains the meaning that we must be filial and obedient to our parents and work hard so that the family’s needs can be well guaranteed, 6) the language style in the youngest’s short story uses comparative language style, 7) the point of view in the short story uses point of view first and third person. The conclusion of the research is that there are 7 analyzes of the intrinsic elements of the youngest short story by Nella Monica Therezia Age.



Keywords


short stories, intrinsic elements, anthologies

Full Text:

PDF

References


Azwardi, A. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Indonesia: Syah Kuala University Press.

Cancerine, K. G. (2021). Produktif di Masa Pandemi dengan Menulis Antologi. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Darmawisara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPMM Insitut Agama Ibrahimy Genteng.

Darmayanti, N. (2006). Persiapan Ujian Nasional untuk SMA/ MA. Bandung: Grafindo.

Fahrurozi, F., Edwita, E., Bintoro, T., Kusumawati, A. P., Zaklah, L., Sundari, S. F., Murnifianti, L., Sundi, V. H., Simbolon, M. E., Prasrimhani, M, Mulyawati, Y., Nurasiah, I., Rachmawati, N., Safitri, N., Amelia, W., Fridorin, V. S., Zulhendri, B., Lutfillah, M. M., Sulmirasari, N., Hatima, Y., putri, F. D. C., Sekaringtyas, T. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar. Jakarta Timur: UNJ Press.

Fatin, F., & Camalia, M. (2015). Big Book Bahasa Indonesia SMP Kelas 1, 2, & 3. Jakarta Selatan: Penerbit Media Imprint Kawan Pustaka.

Gustiangsih, G. (2022). Psikolinguistik menuju Terampil Berbahasa. Indonesia: Guepedia.

Hadi, S. (2021). Gaya Bahasa dan Konsep Sufistik Syekh Isma’il Al-Mingkabawi. Banjarsari: A- Empat.

Hidayah, A. K., Ariyanti, R., Ismiatun, I. (2015). Bidikan Jitu Lulus US/M SD/MI 2015. Tangerang: Edu Pinguin.

Kulsum, U., Hudiono, Y., & Sulistiowati, E. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis dengan media story board pada siswa kelas x sma. Diglosa: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12, https://dx.doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.14.

Kurnianto, K. B., Haryono, H., & Kurniawan, E. (2019). Relasi antara tokoh utama dan alur pada film forget me not. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Budaya Jepang, 1(1), 22-35. https://doi.org/10.20884/1.jlitera.2019.1.1.2109.

Kusmayadi, I., Fitria, D. A., & Rahmawati, E. (2008). Be Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Lagouisi, K. (2019). Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui model pembelajaran demonstrasi siswa kelas vii SMP Negeri 1 Noling Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 1-13, https://dx.doi.org/10.30605/onoma.v1i2.889.

Leo, S. (2017). Mencerahkan Bakat Menulis. Jakarta: PT Gramedia Media Utama.

Limbang, J. L. & Suparman, S. (2016). Kemampuan menemukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas viii SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 12-26. https://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.895.

Lukito, I. & Syarifudin, S. (2015). Kisi-Kisi Resmi Terbaru US/M Ujian Sekolah /Madrasah SD/MI 2015. Bandung: Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka.

Martani, K. D. (2020). Penerapan media pembelajaran buku digital menggunakan aplikasi anyflip untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita siswa kelas 4 SDN Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik, 6(1), 65-72. https://doi.org/10.268877/jp3.v6i1.7296.

Mauliana, I. K. E. (2020). Unsur intrinsik cerpen “Desosan” karya I Wayan Wiyana. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 71-80. https://doi.org/10.23887/jbbb.v7i2.28071.

Misnawati, M., & Anwarsani, A. (2018). Teori Struktural Levisrauss dan Interpretatif Sinbolik untuk Penelitian Sastra Lisan. Indonesia: Guepedia.

Mulyani, Y. S. (2023). Ensiklopedia Sastra di Jawa Barat. Indonesia: Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Pendidikan dan Kebudayaan.

Nadhirah, N., Prasmana , A. D. R., Zari, N., (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian dengan Mendeley dan Nvivo). Pasaman Barat: CV Azka Pustaka.

Nasution, F., Nuraman, N., Uslifatuna, R. M., Rahayu, R. S., Widiey, A., Nurfadhilah, A., Rachel, L., Azkiyah, A., Triyuni, N. G. A. K., Dewi, Y., Ristianjani, P. M., Resmiati, J., Salsabila, D. R., Romadoni, N., Mustofa, H. (2021). Semua Bisa Jadi Penulis. Indonesia: Guepedia.

Noprina, W. (2023). Mudah Menulis Cerita Pendek. Gresik: Thalibul Ilmi & Education.

Puspita, H. (2021). Analisis penokohan novel ivanna van djik karya Risa Saraswati melewati pendekatan psikologi sastra. Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(1), 9-2. https://jurnal.Ip3mkil.or.id/index.php./kastral.

Rey, D. (2022). Nulis Level Versi Gampang. Cirebon: CV Faza Citra Production.

Purnomo, P. J. (2023). Hikayat Sultan Ibrahim Ibn Adham Koleksi Museum Tanjungpinang. Bantul Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Rianto, T. (2019). CCM Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman SMA MA SBMPTN. Jakarta: Bumi Aksara 1.

Rinjali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-92. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rimawan, I., Purba, A. W., & Oktaviana, K. (2020). Cara Mudah Menulis Cerpen: Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia. Indonesia: Guepedia.

Rini, A. (2021). Menyingkap Konflik Batin Tokoh dan Deiksis dalam Novel Saman. Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).

Rohman, S. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosalia, D., Fatin, I., Yunianti, S., Danti, A. E., Furqaani, A. R., Khairunisa, A., Razi, M. A., Asegaf, R., Hasanah, R. U., Sa’adah, S. N., Nursiawati, S., Muharam., saadah, Z. (2019). Master Kisi-Kisi UN MA/ SMA 2019 Sistem UNBK+ UNKP. Jakarta: Cmedia.

Seasono, A. (2021). Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas VI. Jakarta: Ba Printing.

Setiawan, A. W. & Ningsih, T. (2021). Pemanfaatan cerita pendek sebagai media karakter siswa. JSIP: Jurnal Ilmu dan Sosial, 3(2), 1237-1245. https://dx.doi.org/10.58258/jsip/v5i4.2535.

Setiawan, A., Merani, P., Sulastri, S., Veriska, V., Kurniawan, F., Aprilia, F. D., Fauzan, A., Syafiq N. (2019). Ayo Menulis Cerpen Pelajar Penggugah Jiwa. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Simanjuntak, S. D. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan dengan Aplikasi Ms. Excel dan SSPS. Surabaya: Cv Jakad Media Publishing.

Sutari, S & Sukadi, S. (2008). Bahasa Indonesia 1 SMA Kelas X. Indonesia: Quandra.

Umarti, U & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yasin, V., Zarlis, M., Nasution, M. K. M. (2018). Filsafat ilmu logika dan ontologi ilmu komputer. Jisamar: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(2), 68-75. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/issue/view/5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.