Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Ande-Ande Lumut Mahasiswa Semester 2

Shonia Qonita Syarkhan, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Membaca adalah untuk memahami ide atau gagasan agar mendapatkan informasi. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui keterampilan membaca dongeng Ande-Ande Lumut yang dikuasai oleh mahasiswa semester dua. Metode penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan teknik tes dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber melalui wawancara terhadap mahasiswa yang terbaik dalam membaca dongeng. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca puisi dapat dinilai melalui beberapa aspek yaitu 1) vokal, 2) intonasi, 3) ekspresi. Simpulan pada penelitian ini membaca dongeng bisa dinilai dengan 3 aspek.

Kata kunci—Keterampilan membaca, dongeng, mahasiswa.

 

AbstractReading is to understand ideas or ideas in order to get information. This study aims to determine the reading skills of Ande-Ande Lumut fairy tales mastered by 2nd semester students. This research method uses qualitative research with test techniques and unstructured interviews. Data were obtained from the reading test results of the fairy tale entitled Ande-Ande Lumut. Data analysis uses Miles and Huberman analysis which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data validation was carried out by triangulating sources through interviews with students who were the best at reading fairy tales. The results showed that the ability to read poetry can be assessed through several aspects, namely 1) vocal, 2) intonation, 3) expression. The conclusion in this study is that reading fairy tales can be assessed with 3 aspects.

KeywordsReading skills, fairy tales, university students.


Keywords


Reading skills, fairy tales, university students.

Full Text:

PDF

References


Adityasari, A. (2013). Main matematika yuk!. Jakarta: PT gramedia pustaka utama.

Agustina, R., & Hariyadi, H. (2018). Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 69-80. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020105.

Ahmad, A. 2017. Penerapan Permainan Bahasa (Kataris) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus UPI di Cibiru. 2(9). 1-12. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024.

Aji, B. R. 2013. Cara Smart Selesaikan Semua Soal Bahasa Indonesia dalam Hitungan Detik! SD Kelas IV, V, dan VI. Yogyakarta: Quantum Ilmu.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 6460-6477. https://doi.org/10.31004/Innovative.V3i2.1130.

Arifa, D. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R. Bogor: Media Nusa Creative.

Astuti, D. S. (2016). Hubungan penguasaan kosakata dan minat dengan keterampilan membaca. Jurnal pendidikan bahasa, 5(2), 173-187. https://doi.org/10.31571/bahasa.v5i2.323.

Aulia, N. A. N., & Wicaksono, M. F. (2021). Revitalisasi dongeng dalam membumikan minat baca anak-anak di kampung dongeng Blitar. Shaut Al-Maktabah: jurnal perpustakaan, arsip dan dokumentasi, 13(2), 157-176. https://doi.org/10.37108/shaut.v13i2.493.

Fatonah, K., & Alfian, A. (2020). Keterampilan mendongeng mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar universitas esa unggul di media sosial youtube. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 3). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/8.

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175-184. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i2.12036.

Hasanudin, C. & Asror, A. G. (2017). Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI se-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal pendidikan, 6(2), 150-159. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.907.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618.

Indriawati, S. (2023). Pengaruh Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Dongeng. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(3), 214-220. Https://Doi.Org/10.23887/Jpbj.V9i3.62556.

Jaya, M. L. M. I. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Jurahman, Y. D. (2022). Implementasi mendongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk penanaman karakter anak sekolah dasar. Scholaria: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 12(2), 161-167. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p161-167.

Kusmayadi, I. 2008. Think Smart Bahasa Indonesia. Kediri: Grafindo Media Pratama.

Kusumaningrum, E. 2021. Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

MagicMathic’s, L. 2008. Jurus Jitu Sukses UASBN 2009. Yogyakarta: Indonesia Tera Anggota IKAPI.

Maksum. A. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Membaca. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 197-210. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.5026.

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Geram, 7(2), 71-77. Https://Doi.Org/10.25299/Geram.2019.Vol7(2).4026

Mulyaningsih, I. (2017). Sikap Mahasiswa Terhadap Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 79-87. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1525.

Musbikin, I. 2021. Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integrasi dan Rasa Ingin Tahu. Yogyakarta: Nusa Media.

Ningsih, S. Y., Lubis, W. S. S, Ovian, W, Jarmita, N, dan Daniah. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Aplikatif. Banda Aceh: Ar- Raniry Press.

Nurhasanah, S., Risan, I. F. Y., & Hardinah, Y. D. (2024). 4 Peran Mahasiswa KKN dalam Bidang Pendidikan di Mts Al-Mukhtariyah Mande. Proceeddings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 4(8), 36-46. http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2821.

Rahim, A. R. (2022). Meningkatkan kecerdasan anak melalui keterampilan mendongeng. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), 90-102. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i1.202.

Restiyani, A. (2017). Dongeng profesi. Jakarta: Wahyumedia.

Riyanti, A. 2021. Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K- Media.

Rosada, D. U. 2016. Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. Jurnal Care Children Advisory Research and Education Program Studi Pendidikan Guru PAUD. 4(1). 42-49. http://doi.org/10.2573/jcare.v4i1.583.

Sasono, A. (2021). Buku pendamping siswa cerdas modul Bahasa Indonesia kelas III. Jakarta: PT bumi aksara.

Sasono, A. 2021. Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas II. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran mahasiswa kampus mengajar 2 sebagai “agent of change dan social control”. Dinamisia: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 5(6), 1542-1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592.

Subur. S., Mufliha. M., Kurniawan. H. & Ali. M. (2022). Pengembangan Pemahaman Nilai Social Anak Usia Dini Melalui Membaca Nyaring Buku Dongeng Toki Si Kelinci Bertopi Karya Tere Liye. Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 81-89. http://dx.doi.org/10.24014/kjicce.v5.1.13914.

Sugiarto, E. 2015. Mengenal Sastra Lama – Jenis, Definisi, Ciri, Sejarah, dan Contoh. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi).

Sukmawan, S. 2016. Ekokritik Sastra Menanggap Sasmita Arcadia. Malang: UB Press.

Suparlan, S. (2021). Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. FONDATIA, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088.

Sutardi, T. 2007. Antropologi: Mengungkap Keragaman Budaya untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Bahasa. Bandung: PT. Setia Purna Inves.

T. Pulukadang, W. 2021. Buku Ajar Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.

Tantawi, I. 2019. Terampil Berbahasa Indonesia (Untuk Perguruan Tinggi). Jakarta: Kencana (Divisi Prenata Media Group).

Tarsinih, E., & Juidah, I. (2021). Kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Wiralodra di masa pandemi Covid-19. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta pembelajarannya, 5(2), 375-387. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6198.

Wijaya, A. P., Sutarto, J., & Zulaeha, I. 2021. Katalog dalam Terbitan (KDT)Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Strategi Know-Want To Know-Learned dan strategi Direct Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Semarang: CV. Harian Jateng Network.

Yahzunka, A. N. & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital Terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.