Analisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek Cerita Lima Pandawa Karya Fernando Ade Marga Syah Putra dalam Antologi Cerpen Butir-butir Kenangan

Hanik Eka Ratnaningsih, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur intrisik dalam cerpen “cerita Lima Pandawa” karya Fernando Ade Marga Shah Putra. Cerpen dari antologi ini mengangkat tema perjuangan, kerja sama, dan semangat untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengidentifikasi tema, tokoh, alur, latar, gaya bahasa, dan sudut pandang yang digunakan dalam cerita pendek. Teknik pengumpulan data meliputi teknik mendengarkan, mencatat, dan keterlibatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerpen ini menggunakan alur positif dengan tema utama kerjasama dan kegembiraan dalam mencapai tujuan. Tokoh-tokoh dalam cerita berkembang dengan baik dan menunjukkan dinamika karakter yang kuat. Gaya bahasa yang digunakan menyempurnakan cerita dan menambah warna di dalamnya. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana unsur-unsur penting membentuk sebuah cerita pendek yang menarik dan bermakna.

Kata kunci—Unsur intrinsik, Cerita pendek, cerita Lima Pandawa

 

AbstractThis research aims to analyze the intrinsic elements in the short story "Cerita Lima Pandawa" by Fernando Ade Marga Syah Putra. This short story, part of an anthology, highlights themes of struggle, cooperation, and enthusiasm to achieve common goals. The study employs a qualitative research method to identify the themes, characters, plot, setting, language style, and point of view used in the short story. Data collection techniques include listening, noting, and participation. The analysis results show that this short story uses a positive plot with the main themes of cooperation and joy in achieving goals. The characters in the story are well-developed and exhibit strong character dynamics. The language style used enhances the story and adds depth to it. This research provides insights into how intrinsic elements shape an engaging and meaningful short story.

KeywordsIntrinsic elements, Short story, The Story of the Five Pandavas


Keywords


Intrinsic elements, Short story, The Story of the Five Pandavas

Full Text:

PDF

References


Aspar. (2023). Melecut spirit diri menulis. Indramayu. CV. Adanu Abimata.

Anggito, A., & Setiawan,. J. (2018), Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Sukabumi, Jawa Barat: CV. Jejak.

Aunillah, E. (2022). Guru mahir menulis kreatif: Teknik mudah dan praktis penulisan cerpen, novel, dan puisi untuk guru. Yogyakarta, Indonesia: Areska publisher.

Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 88-97. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428

Cancerine, k. G. (2021). Produktif dimasa pandemi dengan menulis antologi (disertai dengan jurus jitu menjadi penulis muda). Yogyakarta: jejak pustaka.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1). https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224.

Darmawan, D. (2008). Variabel Semangat Kerja dan Indikator Pengukurannya. Jurnal Kewirausahaan 2 (1).

Hatikah, T. Mulyanis, & Dwiyananingsih, K. (2007). Membina kompetensi Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Indonesia: Grafindo Media Pratama.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Indriyani, I. (2015). Pembelajaran apresiasi cerpen melalui model discovery learning berbasis nilai-nilai karakter. Semantik Journal jurnal Bahasa dan sastra Indonesia, 4(2), 168-195. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/458.

Kerti, I. W. (2020). Mengenali dan Menuliskan Ide Menjadi Cerpen. Bali: Surya Dewata (SD).

Kosasi, E. (2010). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Novel Edumedia.

Leo, S. (2017). Mencerahkan Bakat Menulis. Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Masruroh, A. (2017). Rambu-rambu menulis cerpen. Indonesia: Anak hebat Indonesia.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Nasution, F., Nuraman, N., Uslifatuna, R. M., Rahayu, R. S., Widiey, A., Nurfadhilah, A., Rachel, L., Azkiyah, A., Triyuni, N. G. A. K., Dewi, Y., Ristianjani, P. M., Resmiati, J., Salsabila, D. R., Romadoni, N., Mustofa, H. (2021). Semua Bisa Jadi Penulis. Indonesia: guepedia.

Noprian, W. (2023). Mudah Menulis Cerita Pendek. Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.

Oktavia, W. (2019). Tindak tutur perlokusi dalam album lirik lagu iwan fals: relevansinya terhadap pembentukan karakter. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(1), 1-10. https://doi.org/10.15294/lingua.v15i1.14397

Oktavia, A. S.(2017) Mengenal gaya bahasa dan peribahasa. Bandung: CV. Rasi Terbit

Puteh, O. (2002). Tip & motivasi: penulisan genre cerpen. Kuala Lumpur: Utusan Publications.

Restanti, D. K. (2021). Merdeka belajar merdeka mengajar: Perspektif Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia. Indonesia: Penerbit Adab.

Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, A. R., Usop, L. S., Lonarto, L., Peronika, N. W., & Fauzi, R. (2022). Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Aku Mencintainya Mama Karya Fredy S. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 1(1), 46-59. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.156.

Sugiantomas, A., Hidayat, A., & Noerrohmah, S. (2017). ANALISIS TOKOH DAN PERWATAKAN SERTA KONFLIK PADA NASKAH DRAMA “BAPAK” KARYA B. SOELARTO DILIHAT DARI PSIKOLOGI KOMUNIKASI. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 1-4. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v10i1.1034.

Sutarni, S. & Sukardi. (2008). Bahasa Indonesia 3 SMA Kelas XII. Indonesia: , Yudhistira Ghalia Indonesia.

Supeni, M. (2023). Menuju cerpenis andal Panduan praktis menulis cerpen bagi Pemula. Lombok Tengah: Pusat pengembangan Pendidikan dan penelitian Indonesia.

Supriatna, A. (2006). Bahasa Indonesia untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Indonesia: Grafindo Media Pratama.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, H. (2022). Pemertahanan dialek Semarang dalam perantauan kajian sosiolingustik. Jurnal Pendidikan Tambusi, 6(2), 11393- 11402. https://doi.org./10.31004/iptam.v6i2.4253.

Wahyuni, N,. T. (2023). Menulis cerpen itu asyik. Indonesia: Uwais Inspirasi Indonesia.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Garudhawaca. Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.